10 Benda Sehari-hari Ini Punya Fungsi Lain yang Belum Banyak Orang Tahu, Lho!

26 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kalau kamu orangnya punya rasa penasaran tinggi, kamu pasti memerhatikan beberapa benda tercipta dengan fitur tertentu yang sulit dipahami apa fungsinya. Beberapa benda punya fungsi tersembunyi yang diwakili oleh benda kecil yang bahkan banyak yang nggak sadar bahwa itu ada. Misalnya kenapa tutup pulpen ada lubangnya atau kenapa klip kertas bentuknya kayak gitu.

Biar kamu jadi lebih bisa memanfaatkan benda dengan maksimal, yuk intip fungsi lain dari beberapa benda sehari-hari berikut ini!

1. Pernah lihat dua lubang yang ada di bagian bawah sisi sepatu? Tahukah kamu fungsi dari dua lubang tersebut adalah untuk sirkulasi udara agar sepatumu nggak pengap, lho!

2. Jangan norak dengan celingak-celinguk mencari kap bensin saat mau isi bahan bakar untuk mobil. Kamu cukup melihat arah panah pada simbol pengisian bahan bakar di dasbor, kok!

3. Lubang di hp bagian atas itu merupakan sensor untuk mematikan layar. Jadi kalau kamu lagi bertelepon, layar hp-mu akan mati. Tapi kalau kamu jauhkan, layar hp-mu akan menyala, guys!

4. Warna biru pada penghapus kayak gini fungsinya bukan untuk menghapus tinta pulpen, melainkan untuk menghapus goresan pensil pada kertas bertekstur kasar, tuh!
5. Kalau lubang pada tutup pulpen sebenarnya untuk mengurangi risiko sesak napas saat tertelan. Lubang tersebut dimaksudkan agar udara tetap mengalir sampai korban mengeluarkannya

6. Penasaran kenapa ada mikrofon yang dilengkapi busa? Hal ini bertujuan untuk meminimalisir udara yang tertangkap, sehingga suaranya bisa jernih nggak kayak kena angin ribut

7. Tahu nggak kalau di batang permen lollipop ada lubang kecil di sisinya? Dalam proses produksi, lubang berfungsi untuk menahan cairan permen agar nggak mudah copot sampai ia mengeras

8. Klip kertas punya fungsi lain nih selain untuk menjepit kertas. Pada bagian kawatnya, bisa digunakan untuk menyimpan kabel-kabel kecil agar nggak mudah terbelit. Jadi lebih rapi deh!

9. Beberapa produsen fashion memberikan kancing cadangan dan potongan kain. Nah, potongan kain itu untuk ngetes efek deterjen dan suhu setrika. Biar kamu tahu gimana cara merawatnya
10. Terakhir, karet pada tutup botol soda berfungsi untuk menjaga tingkat karbonasi. Selain itu juga untuk menahan agar ketika ditutup, soda di dalam botol nggak mudah tumpah, tuh!

Jadi itulah beberapa benda yang memiliki fungsi lain dan banyak banget yang belum tahu. Setiap hal kecil dan kamu pikir nggak ada manfaatnya, ternyata justru punya fungsi yang mantap, nih! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES