Tidak Hanya Sukses Jadi Aktor, Arifin Putra Juga Menjabat Sebagai Duta Dugong Indonesia

27 April 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Buat yang hobi mengikuti perkembangan film tanah air pasti sudah sangat mengenal sosok Arifin Putra. Pria yang mengawali karies sebagai pemain sinetron ini menjadi salah satu aktor kebanggan Indonesia. Saat usianya 16 tahun, pria tampan ini pernah menjadi finalis MTV VJ Hunt 2003 tetapi saat itu gelar juara direbut oleh Daniel Mananta.

Sejak saat itu tawaran berakting pun semakin membanjir hingga akhirnya namanya melambung seperti sekarang ini. Kini, sudah puluhan film dibintanginya termasuk film Tha Raid 2 yang menantangnya untuk beradegan laga.

Selain berakting, ternyata aktor kelahiran 1 Mei 1987 ini juga disibukkan dengan kegiatan konservasi dugong dan lamun. Jarang yang mengetahui bahwa Arifin Putra telah dinobatkan sebagai Duta Dugong atau dikenal juga dengan ikan duyung oleh Dugong and Seagrass Conservation Project Indonesia. Bahkan, pria berusia 30 tahun ini sudah dinobatkan sejak November 2017 silam.

Sejak didaulat menjadi duta, Arifin putra mengemban tugas untuk menyampaikan pesan untuk menjaga kelestarian dugong dan padang lamun sebagai habitatnya. Ia berkampanye melalui berbagai forum, media sosial, dan juga media lainnya.

Beberapa waktu lalu, Putra mengikuti pameran Deep and Extreme Indonesia 2018 di JCC Senayan, Jakarta Selatan. Saat ini dugong masih diburu hidup-hidup  dikonsumsi dagingnya padahal hewan laut ini dilindungi oleh pemerintah. Putra juga meminta masyarakat terutama yang tinggal di sekitar habitat dugong untuk lebih peduli dengan hewan yang hampir punah itu. Banyak produk dari dugong yang diburu oleh masyarakat termasuk air matanya.

Demi melaksanakan tugasnya, Arifin Putra tidak segan-segan terjun langsung ke lokasi lamun yang masih ditinggali oleh dugong. Bersama tim Dugong and Seagrass Conservation Project, Arifin Putra mengunjungi konservasi Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur pada November 2017 silam.

Terbaru, Arifin Putra juga terlibat dalam sebuah proyek film dokumenter tentang dugong di Alor, NTT yang dibuat bersama World Wide Fund (WWF). Inilah sekilas pengalama Arifin Putra saat mengunjungi langsung habitat para dugong.

Di tengah banyaknya artis yang menebar sensasi ternyata masih banyak artis yang diam-diam melakukan kegiatan positif. Arifin Putra misalnya yang mengajak masyarakat untuk mencintai makhluk hidup lainnya khususnya dugong. Sudah ganteng, peduli lingkungan pula, salut banget!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES