Sering Dengar dan Baca, Yakin Udah Tahu Kepanjangan Nama 10 Artis Ini?

31 Agustus 2017
|Faizah Pratama

Ada yang bilang bahwa nama berisi harapan-harapan orangtua pada anaknya. Bahkan, sekarang ini tidak sedikit orangtua yang memberi nama yang cukup panjang. Ujung-ujungnya, nama yang panjang itu justru disingkat dalam penulisannya untuk memudahkan.

Ternyata, nama beberapa artis pun ada yang disingkat. Nama yang singkat itu ternyata lebih terkenal dibanding nama panjang mereka sebenarnya. Tapi saat ditanya, apa kepanjangan dari nama artis tersebut, banyak dari kita yang tidak tahu. Yuk kita kepoin nama artis yang kepanjangan dari singkatannya sering nggak diketahui oleh orang banyak.

1. Vino G. Bastian

Aktor tampan berusia 35 tahun ini sudah wara-wiri di dunia perfilman Indonesia dengan nama Vino G. Bastian. Kalian para penggemarnya, seharusnya mengetahui kepanjangan nama tengah suami Marsha Timothy ini. G merupakan kepanjangan dari Giovani, yang merupakan nama lahir vino. 

2. Ramon Y. Tungka

Aktor film yang laris manis jadi pemeran FTV ini, juga disingkat nama tengahnya. Nama lengkap laki-laki berusia 33 tahun ini adalah Ramon Yusuf Tungka. Namun, sepertinya artis berambut gondrong ini justru lebih dikenal nama singkatnya dibanding nama panjangnya. 

3. Anggun C. Sasmi

Diva kebanggaan Indonesia ini telah melebarkan sayapnya ke panggung Internasional. Kini, ia bahkan lebih memilih pindah kewarganegaraan dan menetap di Perancis. Telah mendunia, yang lebih dikenal justru nama singkatannya Anggun C. Sasmi. Perlu diketahui huruf C adalam nama tengahnya merupakan singkatan dari “Cipta”. 

4. Revalina S. Temat

Terkenal dengan nama Revalina S. Temat, artis sinetron ini sudah melanglang buana di dunia persinetronan Indonesia. Banyak yang tak mengetahui huruf S pada namanya itu merupakan singkatan dari Sayuthi. Kini, ia sudah tak begitu aktif di dunia hiburan dan lebih memilih fokus mengurus keluarganya. 

5. Indra L. Burgman

Aktor tampan ini juga lebih terkenal nama singkatnya dibanding nama panjangnya. L dalam namanya merupakan singkatan dari Lesmana. Jadi nama lengkap artis ini sebenarnya adalah Indra Lesmana Brugman. Mungkin karena sudah terlebih dahulu dipakai oleh musisi Indra Lesmana, ia lebih memilih menyingkat namanya jadi Indra L. Brugman. 

6. Iwa K.

Rapper yang beberapa waktu lalu tersandung kasus narkoba ini juga punya nama panggung yang disingkat, yakni Iwa K. Sebenarnya nama penyanyi berusia 46 tahun ini adalah Iwa Kusuma. Namun yang melambungkan kariernya justru nama singkatnya. 

7. Addie MS

Dikenal sebagai musisi dan konduktor orchestra, ayah dari Kevin Aprilio ini juga punya nama yang mengandung singkatan yang justru lebih terkenal. Addie MS merupakan singkatan dari Addie Muljadi Sumaatmadja. Mungkin karena saking rumit namanya itu, ia lebih memilih menyingkat namanya menjadi Addie MS. 

8. Ebiet G. Ade

Penyanyi legendaris ini juga punya nama yang mengandung singkatan yang jauh lebih dikenal dibanding nama aslinya. Nama aslinya cukup rumit, yakni Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far. Kalau dilihat memang tak nyambung mengapa nama itu berubah jadi Ebiet G. Ade.  Jika ditelisik, Ebiet itu berasal dari Abid, sedangkan G merupakan singkatan dari Ghoffar. Lalu, untuk Ade itu berasal dari Aboe Dja’far yang disingkat AD kemudian berubah jadi Ade. Cukup ribet juga ya, tafsir penamaanya. 

9. Titi DJ

Penyanyi yang dikenal dengan lagu-lagunya yang mellow ini sebenarnya bernama lengkap Titi Dwijayati. Namun, wanita berusia 51 tahun ini  ternyata lebih eksis dengan nama Titi DJ.  Nama tersebut justru makin legendaris hingga sekarang. 

10. Erina GD

Mantan artis cilik ini kini lebih sering berperan dalam sinetron kolosal. Dirinya mengawali karier di sinetron kolosal sejak membintangi Angling Dharma. Nama tenarnya juga cukup singkat, yakni Erina GD. Padahal nama sebenarnya adalah Erina Gracesita Dharmawan.

Banyak alasan mengapa orang menyingkat namanya, mungkin untuk lebih memudahkan. Begitu pula sederet artis tersebut yang lebih memilih menyingkat nama mereka yang justru jauh lebih dikenal dibanding nama mereka sebenarnya. Mungkin nama yang singkat itu punya nilai komersil yang jauh lebih tinggi dibanding nama mereka yang sebenarnya. Nah, sekarang sudah tahu 'kan arti dari singkatannya mereka?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
SHARES