Selebriti yang Mengidap Penyakit Autoimun, Siapa Saja Mereka?

www.instagram.com

Nggak ada seorang pun di dunia yang berharap dirinya mengidap penyakit yang dapat membahayakan hidupnya. Sayangnya, realita tidak selalu sejalan dengan harapan. Banyak orang bahkan harus berjuang melawan penyakit yang tidak memandang status dan usia.

Salah satu penyakit yang beberapa waktu belakangan menjadi perbincangan adalah autoimun. Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, bisa membahayakan penderitanya.

Autoimun sendiri terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang malah berubah melihat sel tubuh yang sehat seperti organisme asing. Di dalam tubuh malas melepaskan antibodi untuk menyerang sel tubuh yang sehat. Nyatanya, beberapa nama selebriti ini juga terdiagnosa autoimun.

1. Selena Gomez mengidap lupus hingga depresi

allure.com

Mungkin sudah bukan kabar baru jika artis sekaligus penyanyi ini pernah dikabarkan menderita lupus. Penyakit ini membuatnya harus beristirahat sejenak dari panggung hiburan Hollywood. Selena terdiagnosa penyakit ini sekitar 2015 lalu.

Penyakit lupus ini juga termasuk autoimun yang menyebabkan sel tubuh rusak dan mengalami peradangan. Selena bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena sempat depresi yang dipicu stres karena lupus dan transplantasi ginjal yang sempat dilakukannya. Penyakit ini bahkan mengakibatkan sel darah putih Selena terus turun. Dalam istilah medisnya disebut dengan leucopenia

2. Raditya Dika

serumpi.com

Raditya Dika juga baru-baru ini mengakui bahwa dirinya telah mengidap autoimun sejak enam tahun silam. Radit menuturkan jika penyakit autoimunnya ini mengarah pada kulit.

Dalam vlog-nya, ia mengaku bahwa kulitnya sering menjadi kering dan timbul ruam saat sedang stres. Radit menurutkan persendiannya kerap kali terasa pegal.

Hal ini ternyata nggak cuma dialami olehnya. Adik bungsunya, Edgar, juga menderita penyakit yang sama. Bahkan kini kabarnya putrinya Alinea juga mengalami gejala yang sama.

3. Michael Jackson

usatoday.com

Suka heran melihat sih Michael Jackson itu sering pakai penutup wajah dan tubuh saat masih hidup dulu? Hal ini ternyata dikarenakan MJ memiliki penyakit lupus discoid yang disebabkan oleh autoimunnya.

Kejadian ini membuatnya rentan terhadap sinar matahari. MJ juga diketahui rutin mengonsumsi obat-obatan seperti Demerol untuk meredakan rasa sakit. MJ seringkali dilarikan ke rumah sakit dan rutin dikunjungi dokter pibadinya. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakitnya bertambah parah.

4. Lady Gaga
people.com

Penyanyi sekaligus aktris dunia sekelas Lady Gaga pun nyatanya mengidap sinovitis. Ini adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada lapisan sendi yang sering dikaitkan dengan lupus.

Dirinya pernah menyatakan bahwa banyak dari anggota keluarganya yang menderita lupus. Karena penyakit ini, Lady Gaga pernah sampai harus membatalkan rangkaian turnya yang bertajuk Born This Way Ball.

5. Ashanty
brilio.net

Kabar ini santer bereder beberapa waktu lalu. Ashanty yang tidak menyadari bahkan mengaku iseng, awalnya memeriksakan kesehatan saat ikut menemani sang suami, Anang saat menjalani medical checkup.

6. Nick Cannon

ew.com

Mantan suami Mariah Carey ini juga diketahui menderita autoimun yang membuatnya terserang lupus. Nick bahkan mengakui bahwa penyakit lupusnya ini menghambat kariernya.

Pembawa acara America’s Got Talent ini juga menjelaskan bahwa di 2012 terdapat pembekuan darah di paru-parunya dan ventrikel yang membesar di hatinya. Beruntung, Nick tidak pernah berhenti berjuang. Ia bahkan giat mengedukasi masyarakat tentang lupus dan menginspirasi orang yang menderita penyakit yang sama dengannya.

7. Miss Elliot

time.com

Di balik penampilan energik Miss Elliot di setiap perform-nya, ada kisah pilu yang tidak diketahui banyak orang. Elliot yang memang sempat vakum dari panggung music hiburan mengaku fokus dalam penyembuhan dari penyakit ini.

Elliot sempat absen dari dunia hiburan sejak 2005 lalu, Pada 2008, dirinya didiagnosis mengidap graves yang mengakibatkan berat badannya turun drastis. Vakum selama 10 tahun, Elliot kembali bermusik baru pada 2015.

Penyakit memang nggak bisa diduga datangnya. Meskipun telah menjalani pola hidup sehat, berusaha menjauhi makanan yang dapat menimbulkan penyakit, tidak semua orang beruntung. Termasuk beberapa selebriti yang akhirnya harus berjuang melawan autoimun mereka. Selalu jaga kesehatan, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Mengintip Kediaman Super Mewah Milik Kylie Jenner

Mengintip Kediaman Super Mewah Milik Kylie Jenner

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Gaya Rambut Sebahu Ala Selebritis Tanah Air, Muka Jadi Kelihatan Imut!

Gaya Rambut Sebahu Ala Selebritis Tanah Air, Muka Jadi Kelihatan Imut!

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Fun Fact Pernikahan Antara Justin Bieber dan Hailey Baldwin

Fun Fact Pernikahan Antara Justin Bieber dan Hailey Baldwin

loading