Selebriti Dunia yang Berani Terus Terang Tentang Kesehatan Mental Mereka

www.yukepo.com

Kesehatan mental adalah satu topik yang makin sering dibicarakan beberapa tahun belakangan ini. Sebenarnya, penyakit mental bukanlah isu baru. Namun dengan adanya media sosial, kesehatan mental menjadi satu hal yang tak bisa lagi dianggap remeh.

Tak hanya dari perkataan langsung, kolom komentar dan status bisa jadi sumber depresi bagi seseorang. Mungkin secara tak sadar pernah merasakan perasaan sedih, kesepian, khawatir atau insecure setelah membuka media sosial.

Perasaan tertinggal, dikhianati, sendirian adalah hal yang sering kali muncul saat itu. Jika kamu saja begitu, bagaimana dengan para selebriti dunia yang tiap gerak-geriknya bisa mendatangkan komentar dari warganet. Tak heran kalau banyak dari mereka yang akhirnya berani membuka diri tentang kesehatan mental mereka. Siapa saja sih?

1. Selena Gomez

www.instagram.com

Si ratu Instagram ini boleh punya jutaan followers di media sosial, punya harta berlimpah, dan fans setia. Namun, semua itu bukan jaminan bahwa ia bebas dari penyakit mental. Ia sendiri mengaku sering mengalami depresi dan kekhawatiran berlebih sebagai efek dari penyakit lupus yang dideritanya.

Ia pun beberapa kali vakum dari media sosial saat perasaan tersebut kambuh. Ia mengaku bahwa itu hal wajar bagi siapa pun. Termasuk selebriti untuk bisa lepas dari perhatian orang selama beberapa waktu dan fokus pada diri sendiri.

2. Demi Lovato

www.instagram.com

Sejak remaja, Demi Lovato sebenarnya sudah memiliki riwayat penyakit mental. Salah satunya eating disorder sebagai efek bullying yang diterima orang di sekitarnya saat ia masih kecil. Di usia dewasa, Demi mengaku belum bisa lepas seratus persen dari kekhawatiran berlebih dan depresi yang kadang mengganggu aktivitasnya.

Tahun lalu, ia bahkan hampir meninggal karena overdosis. Saat kembali, ia pun perlahan membuka diri atas insekuritas pada tubuhnya. Demi pun cukup aktif mengampanyekan pentingnya pemahaman tentang penyakit mental yang susah dideteksi.

3. Lili Reinhart

www.instagram.com

Kekasih Cole Sprouse yang hits berkat serial Riverdale ini ternyata juga memiliki riwayat kekhawatiran berlebih. Sebelum jadi aktris besar seperti sekarang, Lili harus membagi waktu antara bekerja paruh waktu dan mengikuti audisi.

Saat itu ia mengaku seringkali merasa khawatir saat audisi akan tiba. Ia tak bisa melakukan apa pun selain merasa khawatir dan takut. Ini membuat Lili seringkali harus keluar dari pekerjaannya. Ia bahkan bisa mengurung diri di kamar selama berhari-hari karena perasaan khawatir tersebut.

4. Jim Carrey
www.instagram.com

Beberapa waktu lalu, Jim Carrey menghebohkan jagat maya saat ia menuliskan sebuah tweet yang menandakan bahwa ia sedang dalam kondisi yang tak baik dan butuh pertolongan. Saat tweet tersebut dibaca fans dan rekan sesama seleb, ia pun makin terbuka dengan depresi yang sedang menjangkitinya. Ia juga berterima kasih pada orang yang mau memberikan perhatian padanya, termasuk Ariana Grande. 

5. Emma Stone
www.instagram.com

Sukses dan terlibat dalam banyak proyek film bukan jaminan kebahagiaan bagi Emma Stone. Ia mengaku memiliki anxiety disorder yang membuatnya sering tak bisa mengontrol perasaannya.

Pertama kali penyakit ini menyerang saat ia berada di rumah salah seorang kawan dan merasa bahwa rumah itu terbakar. Sejak saat itu, ia seringkali merasakan panic attack hingga harus beberapa kali bertanya pada orang-orang bahwa semua baik-baik saja dan tak ada yang berubah.

6. Vidi Aldiano

www.instagram.com

Mirip dengan yang dialami Emma Stone, Vidi Aldiano ternyata juga memiliki riwayat anxiety disorder. Panic attack ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, tak peduli waktu dan kondisi.

Ia sendiri pun tak bisa menjelaskannya pada orang lain. Yang jelas saat itu terjadi ia mengaku tubuhnya tak bisa bergerak dan ia pun tak bisa berpikir jernih. Vidi menjadi satu dari sedikit dari selebritas Indonesia yang terbuka dengan isu kesehatan mentalnya.

7. Prince Harry

www.instagram.com

Selama ini, keluarga Kerajaan Inggris selalu dituntut untuk tampil sempurna dan melakukan tugas kenegaraan dengan berbagai tuntutannya yang tak bisa dianggap enteng. Orang seakan lupa bahwa Harry harus kehilangan ibu yang dicintainya di usia 12 tahun.

Seperti yang kita tahu, kehilangan seseorang secara mendadak bukanlah hal yang mudah untuk diterima, apalagi untuk seorang anak. Ia mengaku selama ini berusaha menutupinya dan meyakinkan diri sendiri bahwa ia tak apa. Padahal, dalam beberapa kesempatan Harry sering mengalami mental breakdown.

8. J.K. Rowling

www.harpersbazaar.com

Sang penulis kondang ini pun beberapa kali mengungkapkan perjuangannya melawan depresi. Menurutnya depresi tidak sama dengan kesedihan biasa. Ada lubang dalam emosi kita yang tak bisa kita raih, membuatnya benar-benar sengsara tanpa tahu apa yang harus dilakukan.

Sadar atau tidak, penyakit mental memang nyata adanya. Apalagi di zaman modern ini saat semua orang terkoneksi di dunia maya, tetapi makin merenggang di dunia nyata. Tak hanya selebriti, teman-teman bahkan kamu sendiri pun mungkin saja mengalaminya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Channel YouTubers Musisi Lokal dan Karya Cover-nya yang Apik

Channel YouTubers Musisi Lokal dan Karya Cover-nya yang Apik

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Selebriti Hollywood yang Mantap Punya Momongan di Usia Muda

Selebriti Hollywood yang Mantap Punya Momongan di Usia Muda

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Pasangan Selebriti yang Tak Kunjung Jadian Meski Sudah Direstui Fans

Pasangan Selebriti yang Tak Kunjung Jadian Meski Sudah Direstui Fans

loading