Para Musisi Legendaris Ini Karya-karyanya Tak Terlupakan Sepanjang Masa

bicaramusik.id

Menjadi seorang seniman haruslah memiliki jiwa seni yang tinggi, karena seniman merupakan orang-orang yang kreatif, imajinatif, serta memiliki dedikasi yang tinggi terhadap karya-karya yang dibuatnya. Mereka takkan pernah bekerja setengah-setengah untuk menghasilkan sebuah karya. Karena ketekunannya itu, karya-karya yang dihasilkannya pun dapat mengantarkan mereka pada puncak kesuksesan dan popularitasnya. Bahkan karya-karyanya tidak tergerus oleh zaman, dan masih sering kita dengar sampai sekarang.

Seperti para musisi legendaris ini yang karya-karyanya takkan pernah terlupakan sepanjang masa. Siapakah para musisi legendaris itu?

1. Chrisye

www.mediamaya.net

”Kisah kasih di sekolah takkan terlupa…”  Kira-kira begitulah potongan lirik lagu yang dibawakan oleh penyanyi legendaris ini. Siapa lagi kalau bukan Chrisye. Penyanyi sekaligus pencipta lagu yang mempunyai suara vokal lembut ini mengawali karirnya dengan bergabung bersama Gipsy Band, dengan menyanyikan lagu yang berjudul Badai Pasti Berlalu.  Tak disangka album ini pun terjual dengan ribuan copy. Karir musisi legendaris yang satu ini semakin melonjak setelah lagu ini ia nyanyikan.

Chrisye semakin giat untuk menulis dan membuat album rekaman hingga akhirnya ia berhasil menerima berbagai macam penghargaan. Lagu-lagunya yang populer antara lain yaitu Badai Pasti Berlalu, Lilin-Lilin Kecil, Hip Hip Hura, Kisah Kasih di Sekolah. Namun pada tahun 2005 ia diketahui mengidap kanker paru-paru yang membuatnya harus bolak-balik kemoterapi ke rumah sakit. Hingga akhirnya pada tahun 2007 kesehatannya kembali memburuk dan ia pun menutup mata pada tanggal 30 Maret 2007.

2. Gombloh

www.mediamaya.net

Soedjarwoto Soemarsono atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gombloh merupakan musisi legendaris yang berkelana sebagai seorang seniman di Bali. Ia terpaksa kabur ke Bali untuk menikmati masa-masa hidupnya sebagai seorang bebas, bebas dalam melakukan segala hal dan juga bebas dalam berkarya. Gombloh mengawali karirnya dengan bergabung ke grup band Lemon Tree’s Anno ’69 yang beraliran orchestral rock. Lagu-lagu yang Gombloh tulis biasanya mengangkat tema kondisi alam, potret kehidupan, dan nasionalisme.

Lagu-lagunya yang terkenal adalah Nyanyi Anak Seorang Pencuri, Selamat Pagi Kotaku, Lestari Alamku, Kebyar-Kebyar, dan Merah Putih. Dari semua lagunya, lagu yang takkan pernah dilupakan dari penyanyi ini adalah lagunya yang berjudul Lestari Alamku, dengan judul yang sebenarnya adalah Berita Cuaca. Berkat karya-karyanya itu Gombloh mendapatkan berbagai macam penghargaan. Namun sayang, pada 9 Januari 1988 ia meninggal karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

3. Benyamin S

www.mediamaya.net

Siapa yang tidak tahu seniman asal Betawi ini? Ya, siapa lagi kalau bukan Benyamin Sueb. Aktor sekaligus penyanyi yang terkenal dengan duet lagunya bersama Ida Royani ini menggeluti karirnya dalam berbagai bidang seni seperti seni peran, lawak, dan seni musik. Sejak kecil Benyamin memang sudah menyukai musik, maka tak heran jika ia mampu untuk membuat lagu-lagu yang mengantarkannya pada puncak popularitas.

Dari semua lagu yang pernah dibuat dan dinyanyikannya, lagu duet Benyamin bersama Ida Royani adalah lagu yang paling banyak disukai oleh para pendengarnya. Lagu yang berisi dialog lucu antara Benyamin dan Ida Royani yang paling digemari adalah lagu dengan judul Tukang Kridit, Begini Begitu, Di Sini Aje, dan Item Manis. Namun, pada 5 September 1995 Benyamin dinyatakan meninggal dunia karena serangan jantung.

4. Iwan Fals

www.lagubaruku.com

Virgiawan Listanto atau yang lebih dikenal dengan sebutan Iwan Fals ini adalah seorang musisi yang terkenal dengan lagu-lagunya yang bertema kehidupan rakyat pinggiran serta lagu-lagu yang berisi kritik sosial pemerintah. Iwan Fals mengawali karirnya sebagai pengamen, di samping itu ia juga pernah melakukan rekaman album yang hanya dikonsumsi oleh beberapa kalangan saja. Sampai akhirnya, ia bergabung dengan tim produksi ternama. Albumnya yang berjudul Sarjana Muda kali ini digarap dengan serius, hingga akhirnya Iwan Fals mendapat banyak tawaran bernyanyi.

Tahun 1984 Iwan Fals sempat diinterogasi oleh petugas keamanan karena menyanyikan lagu yang bertema tentang kritikan. Namun hal itu tidak membuat ia berhenti untuk berkarya, malahan Iwan Fals semakin bersemangat untuk menghasilkan karya-karya yang fenomenal. Musisi yang fenomenal ini telah menghasilkan puluhan bahkan ratusan karya yang beredar. Atas karya-karyanya ini Iwan Fals banyak menerima berbagai macam penghargaan.

 

5. Titiek Puspa
www.brilio.net

Titiek Puspa merupakan seorang musisi legendaris wanita ternama di Indonesia. Ia adalah sosok seniman multitalenta yang menggeluti berbagai macam bidang kesenian, seperti musik, teater, dan dunia peran. Ia mengawali karirnya pada tahun 1955 di Semarang dengan membuat sebuah rekaman lagu. Karirnya pun beberapa tahun kemudian semakin melonjak, dan Titiek Puspa pun akhirnya menghasilkan puluhan lagu yang terkenal di berbagai kalangan.

Album-album lagu tersebut mengantarkan Titiek Puspa ke puncak populeritasnya. Lagu-lagunya yang terkenal antara lain Kisah Hidup (1963), Mama (1964), Kupu-kupu Malam (1977), Apanya Dong (1982), dan Gang Kelinci. Di berbagai kesempatan, ia masih aktif untuk menyanyikan lagu-lagu yang ditulisnya ini.

Nama-nama di atas merupakan seniman sekaligus musisi legendaris yang karya-karyanya takkan tergerus oleh zaman. Beberapa ada yang sudah menutup buku kehidupannya, tetapi ada beberapa juga masih dikaruniai umur yang panjang hingga sekarang. Kecintaan mereka terhadap seni mengantarkan mereka di puncak kesuksesan pada zamannya. Bahkan karya-karya musisi legendaris tersebut hingga kini masih sering diperdengarkan oleh para pencinta musik di Tanah Air.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Artis Wanita yang Cinlok Sama Bosnya Sendiri. Bak Kisah di Drama Korea Nih!

7 Artis Wanita yang Cinlok Sama Bosnya Sendiri. Bak Kisah di Drama Korea Nih!

Inilah Sosok Artis di Balik Karakter-karakter di Film Horor Terkenal

Inilah Sosok Artis di Balik Karakter-karakter di Film Horor Terkenal

Waduh, Begini Jadinya Wajah 8 Selebriti Kalau Mengikuti Tren Dagu Lancip Ala Roy Kiyoshi

Waduh, Begini Jadinya Wajah 8 Selebriti Kalau Mengikuti Tren Dagu Lancip Ala Roy Kiyoshi

Inilah 7 “Ahjussi” Ganteng dari Korea Selatan, Semakin Tua Semakin Memesona!

Inilah 7 “Ahjussi” Ganteng dari Korea Selatan, Semakin Tua Semakin Memesona!

Berwajah Lugu, 10 Artis Cantik Ini Sering Berperan Jadi Orang Teraniaya di Sinetron

Berwajah Lugu, 10 Artis Cantik Ini Sering Berperan Jadi Orang Teraniaya di Sinetron

Bikin Bangga Indonesia, 5 Artis Ini Ditunjuk sebagai Duta PBB

Bikin Bangga Indonesia, 5 Artis Ini Ditunjuk sebagai Duta PBB

loading