Nggak Kalah dari JKT48, 7 Grup Vokal Dangdut Ini Juga Menggoyang Jagat Musik Tanah Air

19 April 2018
|Faizah Pratama
31SHARES

Dangdut memang tidak pernah kehilangan pesona di tanah kelahirannya sendiri. Dari tahun ke tahun selalu bermunculan penyanyi dangdut yang dengan berbagai jenis. Bahkan, tidak kalah dari musik beraliran pop, dangdut juga turut meramaikan dunia musik dengan bentuk grup. Kalau musik pop punya JKT 48, genre musik dangdut juga punya grup yang tidak kalah tenar dari mereka. Inilah mereka yang pernah menggoyang jagat musik tanah air.

1. Manis Manja

Manis Manja group bisa dikatakan girlband-nya dangdut yang paling legendaris. Terbentuk pada 1992 silam, grup vokal ini sukses mencuri hati para penikmat musik dangdut di era 90-an. Grup ini beranggotakan lima wanita cantik, yakni Ine Sinthya, Murni Chania, Lilis Karlina, Yulia Citra, dan Kitty Andry. Lagu-lagu mereka mungkin masih sering diperdendangkan, misalnya Mati Lampu dan Bete.

2. Manis Manja Grup Junior

Lebih dari dua puluh tahun berkiprah, Manis Manja Grup akhirnya membentuk grup musik dangdut remaja sebagai penerus mereka. Grup tersebut beranggotakan lima gadis belia yang dibentuk sejak 2015 silam. Mereka adalah  Ega, Shinta, Mida, Ira, dan Fuzy.

3. Trio Macan

Nama Trio Macan pernah tenggelam tetapi mereka kembali berjaya setelah menyanyikan lagu Iwak Peyek. Grup ini juga berganti-ganti personel. Awalnya Trio Macan beranggotakan  Lia, Chacha dan Dara. Kemudian berubah formasi menjadi Iva Novanda, Lia dan Chacha. Lalau, saat Iva memutuskan bersolo karier, Dara kembali mengisisi kekosongan di Trio Macan.

4. Duo Srigala

Mungkin masih ada yang ingat dengan “Goyang Dribble”? Goyangan tersebut dipopulerkan oleh Duo Srigala yang dibentuk tahun 2014. Awalnya grup ini digawangi oleh Pamela Safitri dan Ovi Sovianti. Setelah Ovi memutuskan hengkang, posisinya digantikan oleh Oza Kioza.

5. Duo Walang Sangit

Walau namanya menjijikan, grup ini beranggotakan dua wanita cantik, yakni Selvy Kitty dan Eriska Umbara. Bersama-sama mereka mempopulerkan goyang pinguin. Nama Duo Walang Sangit memang sudah tidak bergaung lagi setelah Selvi Kitty memutuskan bersolo karier.

6. Duo Anggrek

Didirikan pada tahun 2012, Duo Anggrek menjadi grup dangdut yang masih eksis sampai saat ini. Grup ini beranggotakan dua wanita cantik, yakni Mozaine dan Devai. Mereka mengusung Goyang Nasi Padang sebagai ciri khasnya. Semakin kompak, keduanya pun melebarkan sayap menjadi presenter.

7. Duo Bunga

Mungkin grup dangdut inilah yang sedang mencapai puncak popularitasnya saat ini. Grup dangdut ini semakin disoroti berkat kontroversi salah satu personelnya, yakni Lucinta Luna. Terlepas dari semua itu, mereka cukup aktif bernyanyi dengan mempopulerkan goyang bunga mekar.

Bukan hanya suara, para personel grup dangdut juga sukses menaikkan popularitas mereka dengan goyangannya. Beberapa dari mereka masih ada yang bertahan sampai saat ini. Namun, ada juga yang kehilangan eksistensinya. Mereka yang bertahan tentu mereka yang masih aktif memperbaiki kualitas bernyanyinya bukan hanya goyangannya saja.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
31SHARES