Meski Kesibukannya Super Padat, 7 Idol Korea Ini Prioritaskan Kuliah sampai Jejang S2!

08 Juli 2018
|Dwana Muhfaqdilla
8SHARES

Apa pun pekerjaannya, pendidikan tetap harus menjadi prioritas utama. Tak terkecuali dengan jajaran para idola di Korea Selatan ini. Menjadi seorang idol itu tidak mudah, banyak hal yang harus dikorbankan. Termasuk pendidikan. Jadwal padat dari pagi hingga malam jadi salah satu pertimbangan mengapa kebanyakan dari mereka tidak melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Belum lagi kalau ada kesibukan individu yang banyak menyita waktu, buat tidur saja harus sering colong-colong waktu. Apalagi kalau harus ngerjain tugas kuliah. Tapi tidak semua idol meninggalkan prinsip pendidikannya walau bekerja. Ada yang tetap mengusahakan waktunya untuk melanjutkan kuliah.

Tak tanggung-tanggung, beberapa dari mereka bahkan sampai ke S2 untuk menyabet gelar masternya! Mereka juga ingin membuktikan jika prestasi di akademis saat kuliah dan di dunia hiburan bisa berjalan secara bersamaan.

1. Kyuhyun Super Junior

Sudah menjadi rahasia umum kalau Kyuhyun sangat mementingkan pendidikan. Ia pernah jadi membawa pulang medali emas di olimpiade Matematika saat SMA. Ambil jurusan Post Modern Music saat S1 di Universitas Kyunghee, akhirnya ia bisa lulus Setelah lulus pada 2013 lalu. Nggak mau stuck, ia lanjut ke bangku kuliah master di kampus yang sama.

Pada 2017 lalu, Kyuhyun sempat diperbincangkan karena tesisnya mengenai Peran Super Junior terhadap Perkembangan Hallyu di Dunia jadi yang paling banyak dicari dalam situs Korea Educational Research and Information Service.

2. Changmin TVXQ

Idol bernama lengkap Shim Changmin ini juga dikenal sebagai member TVXQ yang cerdas. Pada 2009 lalu, ia diterima di Universitas Kyunghee dan mengambil jurusan jurusan Post Modern Music. Pada 2011, ia melanjutkan kuliah jenjang magister di Universitas Konkuk dan mengambil jurusan Film dan Seni.

Tidak berhenti sampai di situ, ia juga mengambil jenjang doktoral di Universitas Inha. Selain berdedikasi di bidang pendidikan, pria yang lahir 18 Februari 1988 silam ini juga aktif menjadi volunteer.

3. Chen EXO

Meski EXO lagi sibuk-sibuknya, Chen memutuskan untuk tetap melanjutkan pendidikannya hingga jenjang magister. Pria bernama asli Kim Jong Dae ini mulai kuliah di Universitas Hanyang Cyber dan mengambil jurusan Periklanan dan Media pada 2017 lalu.

Sebelumnya, ia menyabet gelar Bachelor of Business Administration di Universitas Kyunghee. Chen berharap dengan menyeriusi jurusan tersebut, ia dapat membantu karier bernyanyinya bersama EXO di masa depan.

4. Xiumin EXO

Di balik kesibukannya sebagai seorang penyanyi, member tertua EXO, Xiumin, tetap mengutamakan pendidikannya. Setelah menamatkan S2 di Universitas Katolik Kwandong jurusan Musik pada 2014 lalu, cowok yang memiliki nama asli Kim Min Seok ini ia mendaftar untuk melanjutkan program doktoralnya di Universitas Hoseo.

5. Key SHINee

Salah satu member SHINee, Key, menyelesaikan S1-nya di jurusan Film dan Musik Universitas Myongji.  Jurusan Culture and Education Contents Development di Universitas Wooseok menjadi pilihannya untuk diseriusi di program S2-nya.

Nggak tanggung-tanggung, ia juga ikut berpartisipasi ke dalam proyek seminar yang diadakan jurusannya. Bahkan ia menulis thesis-nya dalam bahasa Inggris berjudul The Influence of Styling Education on Appearance Satisfaction and Self-Esteem of Korean Adolescent.

6. Yoon Jisung Wanna One

Leader dari Wanna One ini juga tetap mementingkan pendidikan. Pada Desember 2017 lalu, ia melanjutkan ke jenjang magister di Universitas Dongguk dan mengambil jurusan Digital Image and Content. Sebelumnya, pria yang lahir pada 8 Maret 1991 silam ini berhasil meraih gelar sarjana di Universitas Myongji jurusan Film dan Musik.

7. Jin BTS

Pria yang memiliki nama asli Kim Seok Jin ini melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister di Universitas Cyber Hanyang setelah lulus di Universitas Konkuk di jurusan Film and Art pada 2017.

Selain ketujuh idol tersebut, masih banyak idol lainnya yang juga menempuh pendidikan hingga ke jenjang magister, bahkan doktoral. Tampan memang sudah jadi nilai plus, tapi punya manajemen waktu dan komitmen yang seperti ini adalah nilai super +++. Mereka masih bisa berprestasi di akademik saat kuliah walau jadwal di tengah jadwal yang super padat. Salut!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwana Muhfaqdilla
Gak Punya Quote Nih!
8SHARES