Mengenang Yana Zein Melalui Sinetron yang Pernah Dia Bintangi Ini Bikin Kamu Nostalgia

09 Juni 2017
|Ani Nur Cholifah
3.5 KSHARES

Beberapa hari lalu dunia hiburan sedang berkabung dengan wafatnya artis senior Yana Zein pada 1 Juni lalu. Yana Zein menghembuskan napas terakhirnya di usia 48 tahun karena penyakit kanker payudara yang telah dideritanya. Aktris kelahiran tahun 1969 ini juga sudah tidak asing lagi bagi para pecinta sinetron era 90-an. Terutama sosoknya sebagai pemeran antagonis dalam berbagai sinetron yang juga membuat namanya semakin tenar pada saat itu.

Sejak mengawali karier dalam dunia akting pada tahun 1987, sosok Yana Zein ini memang mampu memancing emosi setiap penonton. Bahkan Yana ini mendapat julukan sebagai ratu antagonis. Namun kepiawaannya dalam berakting ini patut diacungi jempol. Meskipun sudah divonis menderita penyakit kanker payudara, artis yang memiliki nama asli Suryana Nurzaman Zein ini tetap menjalankan proses syuting sinetron berjudul Cinta di Langit Taj Mahal. Nah, YuKepo kali ini ingin mengajak kamu untuk mengenang karyanya dalam beberapa sinetron yang ia bintangi. Langsung aja cek di bawah ini!

1. Cintaku di Rumah Susun

Kalian masih ada yang ingat kisah sinetron ini? Ya, berarti kalian tergolong sudah tua. Film yang rilis pada tahun 1987 ini dibintangi oleh Deddy Mizwar. Film yang dibintanginya juga menjadi pemenang film dengan kategori Tata Artistik Terbaik FFI pada tahun 1987.

2. Permataku

Dua belas tahun kemudian, tepatnya tahun 1999 Yana Zein kembali membintangi film, dan ia berperan sebagai seorang ibu. Meskipun menjadi seorang ibu, Yana tetap berperan sebagai seorang yang jahat, yaitu ibu sekaligus mucikari. Yana beradu akting dengan artis lainnya seperti Anjasmara, Nafa Urbach, Paramitha Rusady, juga Primus Yustisio.

3. Pelangi di Matamu

Berperan sebagai Nyonya Ibrahim, sosok Yana Zein semakin dikenal publik dan membuat geram dalam setiap aktingnya menjadi orang jahat. Dalam film ini ada Mona Ratulia dan juga Atalarik Syach yang ikut meramaikan kisah sinetron ini.

4. Tersanjung

Salah satu sinetron yang tergolong paling awet dengan episode terpanjang yang pernah ada. Dalam film ini Yana berperan menggantikan Feby Febiola sebagai Anita pada season ke-6. Sinetron ini kemudian benar-benar mendongkrak nama Yana Zein dalam dunia akting.

5. Doa dan Anugerah

Sinetron yang rilis pada tahun 2002 ini berlangsung selama 1 tahun. Selain Yana Zein, sinetron ini juga di meriahkan oleh sosok Krisdayanti, Anjasmara, Dwi Andhika, Kiki Nuryulianty, dan juga almarhum Sukma Ayu. Pada film ini Yana berperan sebagai Irma, yang juga tergolong sebagai orang jahat.

Itulah deretan sinetron yang telah dibintangi oleh Yana Zein hingga menghantarkan kesuksesan pada kariernya dalam dunia akting. Meskipun selalu berperan antagonis, Yana merupakan sosok yang baik hati. Meskipun dirinya telah tiada namun jasa dan karyanya masih terkenang di hati setiap orang. Selamat jalan Yana Zein.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
3.5 KSHARES