Fifth Harmony Resmi Vakum, Ini 13 Fakta Unik Mereka yang Perlu Kamu Tahu

07 Juni 2018
|Dwi Ayu Silawati

Girlband kenamaan Fifth Harmony akhirnya resmi vakum setelah melewati beberapa drama dan nyinyiran netizen. Apalagi setelah salah satu personilnya, Camila Cabello memutuskan hengkang.

Keputusan untuk hiatus ini mirip-mirip dramanya One Direction beberapa tahun lalu sih. Sebelum dilanda rindu, ini dia beberapa fakta unik tentang Fifth Harmony yang perlu kamu tahu. Siap-siap kangen ya!

1. Fifth Harmony lahir dari ajang pencarian bakat

Tepatnya di 2012 lalu, awalnya kelima cewek ini audisi sebagai solois tetapi disatukan menjadi satu girlband oleh juri X Factor USA. Mereka kemudian berhasil meraih posisi ketiga.

2. Sudah punya fanbase yang cukup besar, mereka langsung dapat kontrak rekaman

Pada 2013, mereka masuk ke label rekaman milik Simon Cowell, Syco Music yang satu perusahaan dengan Epic Records.

3. Di 2013 mereka merilis EP dengan judul "Better Together"

Saat pertama muncul dengan EP perdana, kelima gadis ini menyajikan lagu-lagu pop, cenderung mellow dengan sedikit dance. Lagu andalan mereka saat itu adalah Miss Movin’ On.

4. Member Fifth Harmony semua berasal dari kelompok minoritas di Amerika Serikat

Kelima anggota Fifth Harmony berasal dari kelompok kulit hitam dan latin yang semuanya kelompok minoritas di Amerika Serikat.

5. Sering dibandingkan dengan Little Mix dari Inggris

Sama-sama memulai karier dari ajang pencarian bakat, Fifth Harmony sering dibandingkan dengan Little Mix yang juga lahir dari X-Factor versi Inggris. Fifth Harmony mendapatkan perhatian lebih dulu karena berbasis di pusat hiburan dan musik dunia, Los Angeles. Meskipun sering dianggap rival, mereka rukun-rukun saja kok.

6. Makin bersinar sejak dirilisnya album Reflection

Lagu Sledgehammer dan Worth It dari album Reflection menandai puncak karier musik mereka sebagai girlband papan atas dunia. Mereka menambahkan sentuhan hiphop dan R&B di album itu. Setelah itu, lagu dan album mereka berikutnya selalu laris di pasaran, seiring bertambahnya jumlah fans yang mereka namai Harmonizers.

7. Meskipun hits dan laris manis, nggak sedikit yang nyinyir

Selain dibandingkan dengan girlband lain, banyak juga yang nyinyir dengan kesuksesan mereka. Orang mulai melihat adanya ketimpangan pembagian jatah vokal di lagu-lagu mereka. Juga perubahan image mereka dari gadis baik-baik menjadi seksi.

8. Camila Cabello dinilai lebih dominan dibanding personil lainnya

Muncul spekulasi kalau Camila Cabello terlihat lebih dominan dalam girlband ini, baik saat bernyanyi maupun wawancara. Banyak juga yang melihat tanda-tanda kecemburuan personil lainnya terhadap Camila.

9. Hengkangnya Camila Cabello di akhir 2016

Pada Desember 2016, Fifth Harmony mengumumkan bahwa Camila tidak lagi menjadi bagian dari girlband. Keputusan ini diambil karena keinginan Camila untuk mengejar karir solonya. Namun, Camila membalas pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa pihak manajemen mengeluarkannya secara sepihak.

10. Fifth Harmony merilis album baru di 2017 tanpa Camila

Pada 2017 lalu, Fifth Harmony kembali meluncurkan album baru dengan judul Fifth Harmony. Saat tampil di acara MTV VMA’s 2017, mereka melakukan aksi yang menyindir Camila dengan tampil sebagai 5 orang dengan kostum, tetapi kemudian menjatuhkan salah satunyal dan tampil sebagai 4 orang saja.

11. Keempat anggotanya mulai mencoba berkarier solo

Setelah Camila, giliran Lauren, Dinah, Normani, dan Ally yang mulai terlibat dalam proyek terpisah. Mereka mulai merilis single bareng musisi lain atau terlibat dalam acara reality show dengan nama mereka sendiri.

12. Setelah tour untuk album terbarunya, mereka mengumumkan vakum

Setelah rangkaian tour di Asia Tenggara untuk promo album, di awal 2018 lalu, girlband ini mengumumkan rencana mereka untuk vakum dalam waktu yang tidak ditentukan. Berita ini membuat fans sedih dan terkejut.

13. Fifth Harmony akhirnya resmi vakum sejak 18 Mei 2018

Sebagai perpisahan dan tanda bahwa mereka resmi vakum, Fifth Harmony merilis video klip perpisahan untuk lagu Don’t Say You Love Me yang mengharukan banget.

Kalau dilihat-lihat, pola dan tahapan vakum girlband ini mirip dengan One Direction beberapa tahun lalu. Diawali dengan hengkangnya salah satu member, kemudian perilisan satu album untuk meyakinkan fans kalau mereka belum bubar. Akhirnya, pengumuman vakum untuk mengejar karier solo masing-masing. Sepertinya girlband dan boyband punya titik jenuhnya ya. Sampai jumpa lagi Fifth Harmony!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
SHARES