Bukan Cuma Anji, Para Musisi Tanah Air Ini Juga Pernah Tersandung Isu Plagiarisme

03 April 2018
|Faizah Pratama
679SHARES

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan oleh kemiripan sebuah lagu boyband asal Korea Selatan dengan lagu terbaru Anji. Lagu berjudul "Someone Like You" yang dinyanyikan oleh EXO CBX diduga menjiplak lagu dari mantan vokalis Drive yang berjudul “Kekasih Terhebat”. Lagu “Kekasih Terhebat” sudah rilis sejak 2011 lalu, sementara lagu EXO CBX yang dinyanyikan oleh Chen, Baekhyun, dan Xiumin baru dirilis 2018 ini.

Anji pun telah memberikan tanggapan melalui akun Instagramnya @duniamanji. Anji meminta para fans KPop jangan emosi terlebih dahulu. Sayangnya, penjelasan itu justru memancing emosi para fans EXO yang menganggap Anji memojokkan idola mereka. Para EXO-L sebutan fans EXO justru menyebut lagu Anji mirip lagu berjudul Orion yang dinyanyikan Mika Nakashuma pada 2008 silam. Bukan hanya Anji yang pernah tersangkut persoalan rumit ini. Sederet musisi juga pernah megalami hal yang sama dengannya ketika lagunya disebut mirip lagu lain.

1. Penggalan lagu “Kekasih Terhebat” dan "Someone Like You" yang disebut mirip

2. Armada dan lagu F4

Berbeda dengan Anji, grup band yang digawangi oleh Rizal ini justru pernah dituduh menjiplak sebuah lagu milik F4. Lagu “Asal Kau Bahagia” yang sukses di YouTube ditengarai mirip dengan lahu berjudul “Liu Xing Yu”. Namun, hal tersebut sudah dibantah oleh Rizal yang mengaku menciptakan lagu tersebut tanpa meniru lagu manapun.

3. Noah

Noah pun pernah mengalami isu tidak sedap terkait plagiarisme. Lagu berjudul “Perih” yang dinyanyikan oleh pria dengan warna vokal mirip Ariel dituduh memiliki kemiripan aransemen dengan lagu "Everybody's Changing" dari band Keane. Namun belakangan Ariel telah mengonfirmasi bahwa lagu tersebut memang bukan lagunya.

4. Ayu Ting Ting dan 2Ne1

Ayu Ting Ting menjiplak girlband Korea 2Ne1? Jika dipikirkan, hal tersebut mustahil terjadi sebab genre musik keduanya berbeda.Yang membuat Ayu Ting Ting menjadi tertuduh bukanlah musiknya melainkan salah satu video klipnya. Video klip lagu Ayu Ting Ting “Sik Asik” disebut meniru konsep video musik 2NE2 yang berjudul I’m The Best.

5. Via Vallen

Pedangdut koplo ini memang naik daun dengan lagu berjudul “Sayang”. Namun, lagu tersebut pernah disangsikan keasliannya sebab ada lagu Jepang berjudul “Kiroro Mirae” yang memiliki irama sama dengan lagu “Sayang”. Setelah ditelusuri lagu “Sayang” yang sejatinya adalah ciptaan NDX ternyata memang cover dari lagu “Kiroro Mirae” dengan perubahan lirik dan melodi. Via Vallen sendiri mengaku hanya mempopulerkan lagu tersebut.

6. Melly Goeslow

Pencipta lagu ternama tanah air juga pernah tersandung plagiarisme. Salah satu lagunya yang menjadi soundtrack film Eiffel I’m in Love pernah dituduh jiplakan. Lagu berjudul “Tak Tahan Lagi” dinilai mirip dengan lagu Not Gonna Get Us yang dinyanyikan oleh duo asal Moscow Lena Katina dan Yulya Vokova.

7. Gita Gutawa

Gita Gutawa dikenal sebagai penyanyi dengan kemampuan vokal yang memukai. Putri Erwin Gutawa ini juga pernah disebut sebagai penjiplak. Lagunya yang berjudul “Doo Bee Doo” disebut mirip dengan lagu dari Freshlyground dengan judul yang sama Doo Bee Doo.

Setiap musisi tentu melawati serangkaian proses yang mendalam sebelum menciptakan lagu. Itulah sebabnya, isu plagiarisme menjadi sangat sensitif bagi mereka. Siapapun mereka, musisi tentu enggan disebut plagiat. Namun, mereka pun tidak memungkiri terkadang mereka secara tidak sengaja menciptakan lagu yang bernada mirip lagu lain. Plagiarisme dalam sebuah karya juga merupakan sesuatu yang perlu dikaji lebih dalam. Jadi, kalau  menemukan sesuatu yang mirip jangan asal tuduh plagiat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
679SHARES