Bisnis Kosmetik Sedang Digemari Para Artis. Bagaimana Sih Caranya Mendapatkan Merek Kosmetik Sendiri?

05 Agustus 2017
|Venanda

Selain bisnis kue artis yang sedang marak, tenyata ada bisnis lain yang juga sedang digandrungi oleh para selebritis. Tampaknya mereka sedang senang berbisnis kosmetik dengan brand sendiri. Sebut saja brand kosmetik Dissy milik Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama, Ashanty Beauty Cream milik Ashanty, Ily Cosmetic milik Prilly Latuconsina, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin, karena di zaman sekarang penampilan menjadi nomor satu. Brand kosmetik baru pun mulai banyak bermunculan. Masyarakat juga menyambut dengan baik brand kosmetik artis ini. Krim wajah yang abal-abal saja laku di pasaran, apalagi kosmetik artis yang memakai nama besar mereka. Pastinya lebih dipercaya oleh masyarakat. Tapi penasaran nggak sih, bagaimana caranya kosmetik artis ini bisa mendapatkan merknya sendiri dan izin pemasaran? Yuk simak pemaparannya berikut ini.

1. Kesuksesan bisnis kosmetik artis Hollywood sepertinya terlihat sangat menggiurkan di mata selebritis Indonesia

Sepertinya, bisnis kosmetik artis ini terinspirasi dari artis Hollywood yang sudah membuat label kosmetiknya sendiri. Sebutlah Kylie Jenner yang sukses dengan bisnis lipstiknya yang mendunia. Lalu ada juga sederet artis Hollywood seperti Katy Perry, Justin Bieber, Taylor Swift, dan artis lainnya yang sukses dengan bisnis parfumnya.

Mungkin kesuksesan mereka dalam berbisnis kosmetik ini membuat banyak pesohor negeri yang juga tertarik menjajal bisnis ini. Terlebih dengan namanya yang sudah terkenal, para artis akan lebih mudah memasarkan produk mereka ke pasaran. 

2. Tak tanggung-tanggung, mereka menghabiskan banyak dana untuk bisnis komestik artis ini. Prilly Latuconsina bahkan menginvestasikan hingga 2 miliar rupiah untuk bisnis kosmetiknya

Berbisnis kosmetik ternyata tidak murah lho. Butuh modal yang cukup besar untuk membuat brand kosmetik sendiri. Terlebih jika mereka membuat pabriknya sendiri. Modalnya tentu tidak main-main. Seperti artis muda berbakat Prilly Latuconsina yang mengucurkan modal sampai dua miliar rupiah untuk kosmetiknya yang berlabel Ily Cosmetic.

Kalau kata prilly sih semua bisnis pasti perlu modal, dan nggak boleh takut mengeluarkan modal. Memang dalam berbisnis modal itu adalah salah satu yang sangat penting disamping konsep bisnis yang unik dan menarik. 

3. Tidak main-main, para artis ini melakukan beberapa kali trial dan eror untuk mendapatkan produk dengan kualitas terbaik

Para artis yang menggeluti bisnis kosmetik tidak main-main dalam menggarapnya. Demi mendapat produk dengan kualitas yang bagus, mereka rela melakukan trial dan eror berkali-kali. Seperti yang dilakukan oleh Ashanty dan juga Prilly, mereka melakukan percobaan berulang kali hingga mendapat kosmetik dengan formulasi yang tepat dan berkualitas. Prilly dan Ashanty bahkan mencobanya sendiri di kulit muka mereka untuk membuktikan bahwa produk ini berkualitas dan tanpa efek samping.

Selain itu mereka juga mencobanya di berbagai jenis kulit agar bisa mengetahui apakah produk kosmetik ini bisa dipakai di semua jenis kulit. Andika dan Ussy juga menjamin bahwa produk kosmetik mereka berkualitas terbaik. Karena nama baik mereka yang jadi jaminannya. Kalau kata Andika dan Ussy sih, mereka nggak mungkin menjual barang yang bisa mencoreng nama baiknya sendiri. Kebanyakan dari brand kosmetik artis ini mengatakan bahwa produknya memiliki kualitas luar negeri tapi harga dalam negeri.

4. Harganya pun bervariasi dan tidak terlalu mahal. Masih terjangkaulah ya...

Harga kosmetik artis ini juga masih dalam batas wajar. Bisa dibilang masih terjangkau. Ada yang cukup murah dan ada yang lumayan mahal. Seperti kosmetik milik Prilly yang harganya Rp 30-140 ribuan, lipstik Inul Daratista seharga Rp 250 ribuan, Acne series milik Ashanty harganya cukup merogoh kantong agak dalam seharga Rp 675 ribu, dan masih banyak lagi. Pantas saja banyak artis yang tergoda untuk menjajal bisnis kosmetik ini. Cukup menjanjikan sepertinya.

5. Bagaimana masalah perizinan dan uji BPOMnya?

Brand kosmetik artis ini pun sudah memiliki izin BPOM. Nomor BPOM pun sudah tecantum di kemasan kosmetik tersebut. Hal ini tentu saja untuk membuat konsumen semakin yakin dengan kualitas produknya.

Sebagai orang awam, pasti bertanya-tanya, bagaimana sih proses untuk mendapat izin BPOM? Karena seperti yang kita tahu para artis ini tidak memiliki latar belakang pendidikan dalam pembuatan kosmetik dan baru menjajal merambah bisnis tersebut. Jadi penasaran bagaimana mengurus izinnya. Siapa tahu 'kan suatu saat kita juga bisa memiliki label kosmetik sendiri.

Ternyata setelah mencari tahu dari beberapa sumber, sebelum produk obat dan makanan beredar termasuk produk kosmetik, mereka harus mendapatkan izin dari BPOM dahulu. Dan untuk mendukung produk kosmetik dalam negeri, BPOM sekarang memiliki mekanisme pembuatan izin secara online. Hal ini tentu saja memudahkan pelaku bisnis kosmetik dalam negeri untuk menjalankan usahanya.

Untuk syarat-syaratnya bisa kamu cek sendiri di halaman website resmi BPOM. Namun intinya BPOM mewanti-wanti bahwa setiap pelaku usaha bertanggung jawab secara penuh terhadap keamanan, mutu, dan klaim manfaat kosmetika yang dinotifikasi. Tentu saja sebelum mendaftar izin BPOM, produk tersebut harus sudah melalui uji laboratorium untuk mengetahui keamanan dan mutu produk. Sewaktu-waktu BPOM juga akan melakukan pengecekan post marketing control kepada produk tersebut. Maka dari itu, BPOM menghimbau agar masyarakat dapat melindungi dirinya sendiri dengan cara cermat dalam memilih  dan membeli kosmetika sesuai kebutuhan. Dan juga cermat membaca informasi yang tercantum di label dan kemasan kosmetik.

Para artis ini juga sudah melalui proses uji lab untuk mendapatkan izin BPOM. Bahkan kosmetik milik Prilly pengujiannya di laboratorium yang ada di Jerman. Bahannya juga katanya dari luar negeri. Lain lagi produk milik Ashanty, dia bekerja sama dengan temannya yang punya klinik kecantikan dan juga seorang apoteker. Bahkan Ashanty dan Prilly sudah punya pabrik kosmetiknya sendiri. 

Jadi, sudah terjawab 'kan ya bagaimana cara mendapatkan kosmetik sendiri. Produsen perlu uji lab untuk menguji jaminan mutu produk kosmetik tersebut. Apapun merek kosmetiknya, yang paling penting adalah mengecek apakah ada izin dari BPOM dan cermati juga kandungan didalamnya. Semoga bisnis kosmetik artis ini bisa bermanfaat bagi orang banyak, alih-alih merugikan. Karena bisa membantu perekonomian dalam negeri juga.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES