Amar Zoni Dipenjara Karena Narkoba, Inilah Cara Konyol Sutradara Selamatkan Sinetron Anak Langit

21 Juli 2017
|Venanda
57SHARES

Salah satu sinetron Indonesia yang sedang digemari olah banyak orang adalah Anak Langit. Sinetron yang menceritakan kehidupan sekelompok anak muda anggota geng motor ini berhasil mencuri perhatian masyarakat. Konsep cerita yang ringan dan anak muda banget membuat Anak Langit selalu di tunggu-tunggu oleh penggemarnya. Meskipun sasarannya adalah anak muda, namun banyak juga ibu-ibu yang menggermari sinetron yang tayang di salah satu stasiun swasta nasional di Indonesia ini lho. 

Antusiasme masyarakat dengan sinetron ini sangat tinggi. Terbukti dengan rating Anak Langit yang selalu menduduki 5 besar. Hal ini sudah menunjukkan bagaimana sinetron Anak Langit dicintai oleh para penonton. Namun, saat sedang di puncak kepopulerannya, sinetron ini mendapat cobaan yang dapat mempertaruhkan nasib Anak Langit. Salah satu pemeran utamanya, Ammar Zoni yang memerankan Al ditangkap oleh polisi karena masalah Narkoba. 

Karena hal ini, Anak langit seperti kehilangan pemain vitalnya. Banyak yang mengira bahwa sinetron ini akan kehilangan penonton setelah ditinggal Ammar Zoni. Tapi, prediksi masyarakat sepertinya meleset. Rating Anak Langit justru semakin naik meskipun sudah tidak ada Ammar Zoni. Tapi konsekuensinya, sutradara sinetron ini harus memutar otak mencari jalan cerita baru selepas ditinggal pemeran utamanya. Sayangnya, jalan cerita baru yang disiapkan terkesan memaksa, khas sinetron Indonesia yang kebanyakan tak punya ide cerita yang matang.

1. Menghilangkan peran Al yang dimainkan Ammar Zoni jelas jadi langkah awal

Jika pemeran utama dalam sebuah sinetron terkena sebuah kasus dan tidak bisa syuting lagi, ada dua kemungkinan yang akan dibuat sutradara untuk menyelamatkan tayangan tersebut. Pertama akan mengganti pemeran utama tersebut dengan artis lain yang mirip. Biasanya akan ada adegan pemeran utama kecelakaan dan mukanya rusak. Lalu dia harus melakukan operasi plastik dan setelah sembuh, mukanya berubah menjadi orang lain. Dikira operasi plastik bisa segampang itu ya.

Atau kedua, pemeran utama dibuat meninggal dan diganti dengan pemain baru. Nantinya dia akan menjadi pemeran utama yang baru dengan sosok yang berbeda. Sebagian besar sutradara dan penulis skenario akan memilih cara yang kedua. Dan di sinetron Anak Langit ini, sang sutradara memilih cara kedua. Cara paling klise khas sinteron Indonesia saat ini.

2. Tokoh Al yang diperankan Ammar Zoni dibuat meninggal

Karena Ammar Zoni dipenjara beberapa waktu lalu terkait kasus narkoba, pihak Sinemart mengakhiri kontrak dengan artis sinetron ini. Oleh karena itu, sutradara dan penulis skenario Anak Langit langsung mengubah alur cerita dengan menghilangkan sosok Al dalam sinetron ini. Episode meninggalnya Al dalam sinetron Anak langit ditayangkan pada hari Minggu (16/7) lalu.

3. Tapi adegan kematian si tokoh utama membuat sebagian orang mengernyitkan dahi

Dalam episode meninggalnya Al, sebelumnya diceritakan bahwa Al kabur dari rumah dengan bagian muka yang tertutup kain dan helm. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlihat bahwa bukan Ammar Zoni yang memainkan peran tersebut. Pasalnya saat itu Ammar Zoni sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dipenjara.

Setelah itu diceritakan bahwa Al jatuh ke sungai dan jasadnya baru ditemukan beberapa hari kemudian. Jasad Al dibuat sudah busuk dan tidak mudah dikenali. Hal ini lagi-lagi dimaksudkan penonton tidak mengetahui bahwa itu bukan Ammar Zoni. Padahal kalau ditonton pakai logika, alur cerita ini nggak masuk akal sama sekali. Terkesan kalau dipaksakan.

 

4. Dan tiba-tiba muncullah Stefan William dalam sinetron Anak Langit. Lhah ini orang mau ngapain?

Dan kita harus kembali dicekokin kehadiran Stefan William dalam sejumlah sinetron Indonesia. Udah kayak Indonesia nggak punya artis lain aja yang bisa dipanggil buat main sinetron. Sabar, ya!

5. Akting pemain lain yang bersedih ketika tokoh Ammar Zoni diceritakan meninggal, juga terkesan dipaksakan

Mungkin karena kebanyakan pemain Anak Langit masih dalam kategori artis pendatang baru, jadi tolong dimaklumin aja kalau akting mereka juga masih pas-pasan. Kesedihan yang digambarkan pun terkesan dipaksakan. Mungkin sutradara sinetron ini masih punya PR untuk melatih skill akting mereka.

Jadi, kamu tertarik nonton nggak sinetron ini? Atau malah makin favorit sama sinetron Anak Langit?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
57SHARES