7 Artis Tanah Air Ini Pernah Memerankan Tokoh Soekarno, Mana yang Lebih Mirip?

13 Desember 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Sebagai presiden RI pertama, Ir. Soekarno memang menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang. Tak terkecuali para sineas yang terinspirasi untuk membuatkan film tentang tokoh Soekarno. Film tentang Soekarno sendiri telah banyak dibuat dan diperankan oleh aktor-aktor yang berbeda. Tentunya dalam memerankan sosok besar seperti Soekarno, para sutradara film tak main-main dalam memilih aktor siapa yang pantas memerankan presiden Indonesia yang pertama ini. Nah, dari banyaknya film Soekarno yang pernah dibuat, inilah beberapa aktor tanah air yang pernah memerankan tokoh Soekarno, sang proklamator.    

1. Umar Kayam

Sebenarnya Umar Kayam bukanlah seorang aktor atau pemain film, beliau merupakan seorang novelis dan budayawan. Namun karena waktu itu Arifin C. Noer, yang merupakan sahabatnya, menjadi sutradara di film Penumpasan Pengkhianatan G-30 S/PKI,  ia pun bersedia memerankan tokoh Soekarno di film tersebut. 

2. Martin Schwab

Mungkin kamu masih asing dengan nama aktor Martin Schwab. Ia merupakan aktor asal Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia. Martin Schwab memerankan tokoh Soekarno di film Soekarno Blues yang merupakan film fiksi yang tayang di Belanda. Karena memiliki wajah khas Indonesia, Martin Schwab lah yang dipilih untuk memerankan sosok Presiden RI pertama tersebut.    

3. Anjasmara

Anjasmara pernah ditunjuk untuk memerankan Soekarno di film dokumenter yang tayang di salah satu stasiun televisi. Film yang disutradai oleh Hanung Bramantyo dan Dian  W. Sasmita ini merupakan film yang mengisahkan beberapa pahlawan-pahlawan nasional yang diperankan oleh artis-artis ternama. Dan yang beruntung memerankan sosok Soekarno adalah Anjasmara. Akting Anjasmara sebagai Bung Karno pun mendapat pujian dari Rachmawati Soekarno Putri yang merupakan salah satu putri dari Soekarno.

4. Sultan Saladin

Setelah runtuhnya rezim Orde baru, tokoh Soekarno pun sering dimunculkan dalam beberapa film sejarah nasional. Salah satunya di film Soe Hok Gie (2005). Pada film ini, tokoh Soekarno diperankan oleh Sultan Saladin. Pada film ini, sosok Soekarno hanya muncul dalam beberapa adegan saja. Karena sosok yang menjadi sorotan utamanya adalah Soe Hok Gie yang diperankan oleh Nicholas Saputra.    

5. Imam Wibowo

Imam Wibowo yang merupakan seorang presenter dan penyiar radio memang kerap kali ditunjuk untuk memerankan tokoh Soekarno semasa muda. Wajah Imam Wibowo memang dinilai memiliki kemiripan dengan sosok Bung Karno sewaktu muda. Tak heran jika ia sudah pernah memerankan tokoh Soekarno dalam tiga film berbeda, yaitu Ruma Maida (2009), Soegija (2012), dan Sang Kiai (2013).

6. Baim Wong

Siapa sangka jika aktor yang sering berakting di sinetron ini mendapat kesempatan memerankan sosok Soekarno di film Ketika Bung di Ende. Walaupun tidak ditayangkan di bioskop, namun film ini merupakan garapan Viva Westi yang merupakan prakarsa dari Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan tentang pembuangan Bung Karno ke daerah Flores di masa penjajahan Belanda. 

7. Ario Bayu

Mungkin ini merupakan film Soekarno yang paling populer dan bisa dibilang sukses. Walaupun filmnya menimbulkan pro dan kontra, aktor Ario Bayu dianggap sukses memerankan sosok Bung Karno. Apalagi disaat adegan Ario Bayu yang sedang berpidato dengan menggebu-gebu di depan banyak orang. Film garapan Hanung Bramantyo ini awalnya mendapat penolakan oleh salah satu putri Soekarno, Rachmawati Soekarno Putri yang beranggapan jika Ario Bayu kurang cocok memerankan sosok ayahnya tersebut. Walaupun begitu, film ini tetap diproduksi dengan tetap menggunakan Ario Bayu sebagai pemeran Soekarno.    

Nah, itulah 7 pemain film yang pernah memerankan tokoh Soekarno. Terlepas mirip atau tidaknya, namun pemilihan aktor-aktor di atas bukan tanpa alasan. Pasti ada yang membuat para sutradara film tersebut menunjuk sang aktor untuk memerankan sosok Bung Karno yang berwibawa serta berapi-api. Nah, di antara aktor-aktor di atas, manakah yang menurutmu terlihat paling mirip?    


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES