4 Artis Perempuan Ini Tanggapi Pernyataan Kontroversial Hanung Bramantyo, Ternyata Ini Toh Penjelasannya

07 November 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Sutradara Hanung Bramantyo tengah menjadi pusat pemberitaan lantaran pernyataannya sendiri. Dalam sebuah wawancara dengan sebuah media terkemuka tanah air pada Sabtu (4/11) lalu. Ia diminta untuk memberikan komentar soal bibit baru dalam seni peran. Menurutnya, lebih sulit regenerasi aktor, ia pun masih mencari bibit baru seperti Reza Rahadian.

"Susah menjadi aktor itu. Apalagi aktor pria ya. Kalau perempuan kan ya sudahlah, ibarat kata asal lo cantik aja. Udahlah itu menjadi syarat," kata Hanung seperti dikutip Kompas.com.

Pernyataan itu pun langsung memancing kegaduhan di industri hiburan tanah air. Sejumlah pekerja seni dan aktris pun mempertanyakan pernyataan Hanung yang terbilang kontroversial ini. Melalui akun sosial media miliknya, sejumlah artis bahkan melontarkan kritikannya. Bagaimana reaksi para artis wanita tersebut? Simak uraian sekaligus penjelasan dari Hanung Bramantyo soal pernyataannya. 

1. Hannah Al Rashid

Melalui akun twitter pribadinya @HannahAlrashid ia mengunggah tangkapan layar penggalan berita yang menunjukkan ucapan Hanung Bramantyo. Ia juga mengungkapkan kekecewaannya atas pernyataan sutradara itu. Hanung pun meminta maaf dengan memberikan komentar pada cuitan Hannah dan menjelaskan maksud perkataanya yang sesungguhnya.

2. Tara Basro

Bintang film “Pengabdi Setan” ini juga memberikan tanggapannya. Melaui Instagram stories-nya  @tarabasro mengunggah potongan berita disertai tulisan “Seriously?”. Tak lupa artis cantik ini juga menandai akun @hanungbramantyo.

3. Laudya Cynthia Bella

Berbeda dengan Hannah Al Rashid dan Tara Basro, Laudya justru memberikan dukungannya kepada suami Zaskia Adya Mecca itu. “Karena kalau berita yang ditulis sesuai yang kita ucapkan. Beritanya tidak laki mas #udahkebalsamaberita #istighfar ajaaahhh!!”

4. Ayushita

Sejalan dengan sahabatnya, Ayushita juga memberikan dukungannya. Menurutnya, media memang biasa mengutip pernyataan narasumber sekedengarannya saja, padahal bisa berdampak besar. 

5. Menaggapi berbagai berbagai tudingan, Hanung Bramantyo pun memberikan klarifikasi melalui akun Instagramnya

Pada hari Sabtu, 4 November 2017 telah beredar sebuah artikel yg mengutip pernyataan saya: ‘Susah menjadi aktor itu apalagi aktor pria ya. Kalau perempuan ya sudahlah, ibarat kata asal lo cantik aja. Udahlah itu menjadi syarat’ . Kutipan tersebut telah membingkai saya seolah2 saya melecehkan profesi Aktris Perempuan Indonesia sebagai figur yang hanya mengekspose tubuh tanpa menggali sisi intelektualitasnya. Terus terang, saya menyayangkan pihak Kompas.com hanya mengutip pernyataan tanpa menyertakan konteks peristiwa yang terjadi sehingga membuat kalimat saya menjadi bias tujuan. Konteks pernyataan saya diawali dengan sebuah pertanyaan Kenapa saya masih memilih Aktor Reza Rahadian dalam film Benyamin Biang Kerok produksi Falcon Pictures? Tidak adakah bibit baru Aktor Indonesia? Saya jawab, ada banyak bibit aktor maupun aktris baru, tapi sangat sedikit yang diterima penonton pecinta film Nas hingga jadi populer seperti Reza Rahadian. ( saya hy sebut Reza aja karena konteks interview saat itu hy m’tanyakan soal dirinya ). Seolah-olah buat seorang akor terdapat banyak sekali syarat untuk bisa come up di industry Film Indonesia dibandingkan Aktris yang hampir tiap 2-3 tahun selalu muncul wajah baru. Kalimat saya ‘Ibarat kata, asal lo Cantik doang’ dalam interview tersebut tidak dalam tujuan ‘menggampangkan’, atau bahkan dengan sengaja memposisikan perempuan semata-mata figure yang sekedar menjual tubuh saja. Kalimat tersebut mestinya tidak perlu diungkapkan dalam tujuan apapun karena ada pernyataan saya yang lain yang konteks dan esensinya sama dengan judul artikel diatas. Dalam konferensi pers Film Benyamin Biang Kerok yang akan rilis Maret 2018 sy menyatakan bahwa sy sedang memberi kesempatan aktris baru sbg penjelmaan sosok Ida Royani ( pacar Benyamin S ). Sengaja saya belum ungkap siapa Aktris tersebut karena ingin membuat penasaran penonton. Dalam pernyataan tsb sy jg menambahkan bahwa ada skema mengorbitkan bintang baru agar dikenal, yaitu dengan menyandingkan bintang tersebut dengan actor/aktris popular. Pada awal karirnya, Reza Rahadian juga disandingkan dengan Revalina S Temat di Film Perempuan Berkalung Sorban. Sayangnya .... ( bersambung )

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) pada

6. Ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada para perempuan, ibu, istri, dan para sahabat perempuan

Seperti yang Hanung Bramantyo katakan, semoga ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga buat kita semua. Semoga para wanita yang merasa terhina dengan pernyataan Hanung segera memaafkannya. Wanita manapun tentu tidak bisa menerima jika dibilang "asal cantik aja" apapun konteksnya. Apalagi kalau wanita sudah sakit hati biasanya susah disembuhkan, hehe.... 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES