14 Musisi Ini Gemparkan Dunia dengan Suara Emasnya Lewat Media Sosial. Mana Idolamu?

19 Juni 2018
|Dwi Ayu Silawati
3SHARES

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, siapapun bisa melakukan apapun dan viral seketika. Tak terkecuali para musisi yang sudah kita kenal sekarang ini. Banyak dari musisi itu yang memulai karier di dunia tarik suara video iseng mereka menarik perhatian dan ditonton banyak orang di platform media sosial.

Bukan mengandalkan aji mumpung, musisi ini memulai dari nol. Bermodalkan alat musik dan kamera seadanya, mereka berunjuk kebolehan memamerkan suara emas mereka. YouTube dan Soundcloud yang jadi saksi hingga mereka bisa seterkenal sekarang.

1. GAC

Gamaliel, Audrey, dan Cantika pertama kali muncul lewat video mereka saat mengcover lagu hits di pada 2008-an. Saat itu YouTube belum heboh seperti sekarang, mereka salah satu pelopor cover artists di Indonesia.

Tak lama kemudian lagu debut mereka “Ingin Putus Saja” jadi trending dan membuka pintu mereka untuk mengisi theme song film dan iklan, tampil di banyak acara musik hingga jadi musisi papan atas Indonesia seperti sekarang.

2. Isyana Sarasvati

Single debut Isyana “Tetap Dalam Jiwa” dirilis tahun 2015 dan langsung disukai banyak orang dan melambungkan namanya di belantika musik tanah air. Ternyata jerih payahnya kuliah di Royal College of Music nggak sia-sia, dengan bantuan Soundcloud, banyak telinga yang menikmati suara dan karyanya.

3. 5 Seconds of Summer

Band pop-rock asal Australia ini tiba-tiba ngetop setelah video cover mereka di-share Louis Tomlinson melalui Twitter-nya. Mereka kemudian beberapa kali didapuk jadi band pembuka konser One Direction hingga akhirnya single debut mereka “She Looks So Perfect” jadi hits di 2015 lalu.

4. Rich Brian

Siapa yang nggak kenal Rich Brian? Rapper asal Indonesia yang tentunya nggak pernah menyangka video dan lagu ciptaannya yang berjudul “Dat $tick” pada 2016 lalu mampu mengantarkannya jadi musisi internasional yang digemari banyak orang di seluruh dunia.

5. Rendy Pandugo

Rendy Pandugo tiba-tiba hits dengan single debutnya “I Don’t Care” yang dirilis 2016 lalu. Rendy memulai karirnya di Soundcloud sejak tahun 2012, bahkan sempat bangkrut karena hanya fokus pada musik yang saat itu belum menjanjikan baginya.

6. Shawn Mendes

Shawn Mendes sudah lama jadi cover artist di YouTube, hingga akhirnya ia mulai menelurkan lagu-lagu ciptaannya sendiri dalam bentuk EP. Shawn kemudian baru mendapatkan pengakuan yang lebih luas setelah singlenya yang berjudul “Stiches” meledak di pasaran.

7. Charlie Puth

11:12 dengan Shawn Mendes, Charlie Puth juga memulai karir musiknya sebagai cover artist, hingga akhirnya ia mulai mempublikasikan lagu-lagu ciptaannya sendiri. Charlie Puth sudah menelurkan beberapa single dan EP, tetapi lagu “See You Again”  pada 2015 yang membuatnya makin dikenal.

8. Pentatonix

Pentatonix adalah salah satu dari segelintir musisi yang bisa mendulang sukses dari YouTube secara konsisten. Lewat aksi keren mereka saat mengcover lagu-lagu hits sampai akhirnya punya lagu dan album sendiri, grup musik ini masih aktif banget menelurkan karya-karyanya.

9. Carlie Rae Jepsen

Lagu Carlie Rae Jepsen yang berjudul “Call Me Maybe” sempat menghebohkan dunia pada 2012 lalu. Sebenarnya lagu ini sudah dirilis pada 2011. Namun, baru viral setelah Justin Bieber, Selena Gomez, Ashley Tisdale dan kawan-kawannya membuat video lipsync dengan lagu itu.

10. The Weeknd

Siapa sangka kalau The Weeknd juga memulai karirnya sebagai salah satu dari ratusan ribu orang yang mengunggah video di YouTube. Bahkan saat itu ia mengunggah musik pertamanya dengan nama username “xoxxxoooxo”.

Baru beberapa minggu setelahnya ia mengunggah lagu lain dengan nama The Weeknd dan langsung masuk sebagai salah satu rilisan terbaik oleh situs musik ternama Pitchfork.

11. Alessia Cara

Musisi muda satu ini baru mendulang popularitas tahun 2016, terutama setelah berhasil membawakan lagu tema untuk film Moana dan lagu kolaborasinya bersama DJ ternama Zedd. Sebenarnya, Alessia sudah aktif di YouTube sebagai cover artist, juga sudah menciptakan beberapa single sendiri seperti "Here" dan “Wild”.

12. Sheryl Sheinafia

Sheryl juga rajin mengunggah videonya saat meng-cover lagu favoritnya. Ia juga membuat video tutorial bermain gitar, hingga akhirnya ia membuat salah satu label tertarik merekrutnya. Ia juga makin dikenal setelah menjadi co-host di salah satu acara musik.

13. James Bay

Salah satu musisi yang disebut-sebut sebagai “The Next John Mayer” ini menarik perhatian label rekaman setelah video live performance-nya viral di Inggris. Dalam waktu singkat James Bay sudah bisa merilis EP perdananya yang juga mendapat respon positif terutama lewat lagu “Let It Go”.

14. Ramengvrl

Salah satu dari segelintir musisi Indonesia yang bermain di jalur hip hop dan rap, perempuan lagi. Ramengvrl memulai semuanya dari Soundcloud di tahun 2013 hingga akhirnya ia diajak bergabung dengan para pelaku skena musik hiphop Indonesia dan karyanya pun makin dikenal luas.

Itu membuktikan kalau semua orang punya kesempatan yang sama dengan teknologi digital. Tapi, tentunya nggak semua orang bisa seperti mereka. Semua tergantung pada rezeki, bakat, dan konsistensi juga nih. Dari musisi tadi mana yang jadi idolamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
3SHARES