Yuk Rutin Konsumsi Jus Alpukat Mulai Sekarang, Ini 8 Manfaatnya Bagi Tubuh Kamu!

www.foodsforbetterhealth.com

Siapa yang setuju nih kalau buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang super enak dan bikin nagih? Apalagi, kalau sudah dijadikan jus alpukat. Slurrp, rasanya makin luar biasa. Nggak heran sih, soalnya alpukat memang agak unik dibandingkan buah-buahan lainnya, yakni ia jadi sumber lemak sehat bagi tubuh. Selain itu, ada delapan manfaat kesehatan jus alpukat lainnya lho. Yuk simak!

1. Alpukat mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh

encrypted-tbn0.gstatic.com

Selain rasa jus alpukat yang enak dan memiliki tekstur yang lembut, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi, termasuk setidaknya 20 jenis vitamin dan mineral  yang berbeda seperti 26% Vitamin K, 20% Folat, 17% Vitamin C, 14% Kalium, 14% Vitamin B5, 13% Vitamin B6, dan 10% Vitamin E. Seakan belum cukup, alpukat juga mengandung magnesium, mangan, zat besi, zink, fosfor, dan Vitamin A loh. Wah komplit ya!

2. Alpukat mengandung lemak sehat

diolivas.com

Memang benar kalau alpukat mengandung lemak yang tinggi. Nyatanya 77% kalori alpukat berasal dari lemak. Tapi, lemak tersebut merupakan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni asam oleat. Lemak ini merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang juga ada di olive oil. Adapun penelitian telah menemukan hubungan antara penurunan penyebab kanker dengan mengonsumsi asam oleat yang rutin. Lemak yang terkandung dalam alpukat juga tahan terhadap pemanasan sehingga nilai nutrisinya nggak mudah hilang!

3. Kaya kandungan fiber

www.californiaavocado.com

Seperti yang diketahui, fiber merupakan bagian dari kandungan yang membantu penurunan berat badan. Ini karena fiber cenderung sulit dicerna sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, fiber juga akan membantu mengatur kandungan gula darah sehingga menurunkan resiko terkena penyakit. Dalam 100 gram Alpukat, setidaknya terdapat 7 gram fiber. Kandungan ini cukup tinggi dibandingkan dengan sumber fiber lainnya.

4. Mengurangi adar kolesterol dan menurunkan nilai trigliserida
cbsnews1.cbsistatic.com

Serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Dua penyebab di antaranya adalah nilai kolesterol dan trigliserida. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan kepada dua kelompok masyarakat menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat dengan jumlah yang sama mengalami pengurangan kadar kolesterol LDL sampai 22% dan Trigliserida sampai dengan 20%. Jadi, jus alpukat sangat penting untuk jantungmu.

5. Kaya antioksidan yang melindungi mata
news.artnet.com

Di dalam alpukat terdapat kandungan Lutein dan Zeaxantin yang sangat penting bagi kesehatan mata. Dua zat ini telah terbukti secara kesehatan dapat mengurangi resiko katarak dan degenerasi makular.

6. Mencegah kanker

mbkr-minimalistbaker.netdna-ssl.com

Sebuah penelitian berhasil membuktikan kalau kandungan dalam alpukat dapat mengurangi efek samping dari kemoterapi di limofist manusia. Selain itu, alpukat juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.

7. Mengurangi berat badan

ih1.redbubble.net

Selain karena mengandung fiber, terdapat penelitian menarik lainnya seputar alpukat. Mereka yang mengonsumsi alpukat memeroleh sensasi kenyang 23% lebih baik, serta mampu menurunkan keinginan untuk makan sampai dengan 5 jam berikutnya sebesar 28%. Ini tentunya bisa membantu kamu untuk mengurangi porsi makan.

8. Enak dan mudah dikonsumsi!

icube.milliyet.com.tr

Bosan dengan jus alpukat? Pengen makan alpukat versi lainnya? Bisa banget kamu jadiin salad. Bagaimanapun cara mengonsumsinya, alpukat tetep super enak deh.

Nah, dengan semua kelebihan ini, yakin masih nggak mau menambahkan alpukat dalam daftar belanja makanan sehat kamu? Konsumsi jus alpukat secara rutin bisa berdampak baik lho bagi tubuhmu. Tapi perlu diingat ya, penambahan gula dan susu dalam jus alpukat tetap akan membuat jus alpukatmu jadi tinggi kalori. Karena itu, minumlah jus alpukat tanpa tambahan apapun, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ironis! Masih Bau Kencur, Bocah ini Bikin Video Menghujat Jokowi, Netizen Sampai Ngelus Dada! - Keepodotme

Ironis! Masih Bau Kencur, Bocah ini Bikin Video Menghujat Jokowi, Netizen Sampai Ngelus Dada! - Keepodotme

Inilah 5 Fakta Mencengangkan yang Telah Berhasil Diungkap oleh Sains, Kamu Pasti Gak Tahu!

Inilah 5 Fakta Mencengangkan yang Telah Berhasil Diungkap oleh Sains, Kamu Pasti Gak Tahu!

Antara Religius atau Mabuk Agama, Pria ini Sholat Ditengah Jalan Tol. Netizen : Pengen Mati Syahid Kayaknya!
 - Keepodotme

Antara Religius atau Mabuk Agama, Pria ini Sholat Ditengah Jalan Tol. Netizen : Pengen Mati Syahid Kayaknya! - Keepodotme

Kenapa Orang Pintar Kebanyakan Melakukan Hal Bodoh?

Kenapa Orang Pintar Kebanyakan Melakukan Hal Bodoh?

Aquaman Mendobrak Rasa Pesimistis Banyak Orang Akan Masa Depan DCEU - Keepodotme

Aquaman Mendobrak Rasa Pesimistis Banyak Orang Akan Masa Depan DCEU - Keepodotme

Wow Keren! Di Kota-Kota Ini Gravitasi Tidak Berlaku. Kenapa Bisa Ya?

Wow Keren! Di Kota-Kota Ini Gravitasi Tidak Berlaku. Kenapa Bisa Ya?

loading