Yang Suka Berlama-lama Pakai Laptop, 5 Bahaya Ini Mengintai Tubuhmu!

20 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Kita yang hidup di era digital, penggunaan laptop merupakan sesuatu yang hampir mustahil kita hindari. Pasalnya, kehidupan di era digital yang serba mobile dan menuntut kita untuk dapat selalu terhubung ke dunia maya kerap mengharuskan kita menggunakan komputer ringkas ini. Terlebih bagi mereka pekerja digital, benda ini sudah menjadi bagian dari keseharian yang tidak dapat kita hindari. Meskipun bukan untuk kepentingan mendesak seperti pekerjaan, kita kerap kali juga menggunakan laptop dalam keseharian kita. Baik untuk hal-hal sederhana seperti berselancar di internet, maupun untuk hal-hal lain seperti menonton film ataupun menciptakan karya.

Namun tahukah kamu bahwa kemajuan teknologi yang memudahkan kehidupan ini tidak datang tanpa bahaya yang mengintai bagi kesehatan kita? Ya, laptop sebenarnya memiliki bahayanya tersendiri terhadap beberapa bagian tubuh kita. Terlebih dengan penggunaan laptop seharian, dapat terjadi berbagai gangguan terhadap kesehatan kita. Nah, agar kamu tahu apa saja bahaya laptop bagi kesehatan, berikut Yukepo jabarkan bahayanya bagi 5 organ tubuh kita!

1. Mata

Kamu yang sering menggunakan laptop hingga berjam-jam pasti pernah merasakan mata yang lelah akibat menatap layar terlalu lama. Penggunaan selama dua jam saja sebenarnya sudah cukup membuat mata lelah. Hal ini dikarenakan layar LEDnya memancarkan cahaya biru yang dapat langsung terpapar ke retina mata. Sedangkan paparan cahaya biru pada retina mata yang berlebihan dapat menyebabkan mata kelelahan dan pada jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kondisi medis yang bernama Macular Degeneration yang dapat berujung pada kebutaan permanen.

Karena itu, dianjurkan bagi setiap pengguna laptop untuk memasang filter cahaya pada layar gadget dan menerapkan peraturan 20-20, yaitu setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan dari laptop dan tataplah sesuatu di kejauhan selama 20 detik.

2. Kulit

Banyak yang mungkin menyepelekan energi panas yang dihasilkan oleh laptop. Namun pada kenyataannya, panasnya memiliki bahaya tersendiri pada kesehatan kulit kita. Beberapa waktu lalu, seorang mahasiswi di Virginia mendapati kulitnya berbercak aneh kecoklatan dan sedikit perih. Ia memeriksakan perubahan warna kulitnya tersebut dan menemukan bahwa ia menderita erythema ab igne, atau sindrom kulit terbakar. Penyebab dari sindrom ini biasanya adalah karena duduk terlalu lama dan terlalu dekat dengan api. Namun pada kasus ini, mahasiswi ini mendapatkan sindrom tersebut akibat terlalu sering memangku laptopnya dan tidak memindahkannya meskipun panasnya sudah cukup tinggi. Dalam kasus tertentu, sindrom ini dapat berkembang menjadi kanker kulit dan jadi sangat mematikan.

Untuk mencegah terjadinya sindrom ini, hindari menaruh laptop langsung di pangkuanmu. Upayakan untuk menggunakannya di meja dan gunakan alas pendingin untuk mengurangi panas yang dipancarkan oleh laptop.

3. Punggung

Posisi laptop yang terlalu dekat antara layar dan keyboard membuat tubuh kerap kali harus membungkuk. Nah saat kita membungkuk terlalu lama, kerap kali punggung kita jadi nyeri. Selain itu, posisi membungkuk dapat memberikan tekanan berlebih pada bagian piringan yang ada di tulang belakang dan membuat tulang kita mengalami degenerasi dan gangguan terhadap syaraf-syaraf yang terletak di tulang belakang kita. Tidak berhenti disitu, membawa laptop dengan posisi yang tidak benar dan dalam jangka waktu yang panjang juga dapat menyebabkan nyeri pada pundak dan otot-otot di bagian pundak dan leher menjadi tegang serta kaku.

Agar penggunaannya tidak membuat masalah pada punggung, pastikan menggunakan laptop di meja dan kursi yang ergonomis. Selain itu, usahakan agar posisi badan tetap tegak saat menggunakan laptop.

4. Pergelangan tangan dan jemari

Karena bentuknya yang ringkas, penggunaan laptop juga dapat membahayakan pergelangan tangan kita. Posisi tuts keyboard yang dibuat sepadat mungkin seringkali menyebabkan cidera dan nyeri pada pergelangan tangan dan jari-jari. Hal ini disebabkan karena posisi tangan yang menyesuaikan laptop seringkali harus membuat pergelangan tangan tertekuk sedemikian rupa yang jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, dapat menimbulkan masalah pada bagian tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, upayakan untuk menggunakan laptop di atas meja dengan ketinggian yang sejajar dengan siku kita. Selain itu, gunakan bantalan pergelangan tangan untuk mengurangi risiko nyeri.

5. Organ Reproduksi

Tahukah kamu bahwa panas gawai ini tidak hanya dapat membahayakan kulit kita, namun juga dapat mempengaruhi organ reproduksi pria? Ya, panas yang dipancarkan oleh laptop yang diletakkan di pangkuan dapat memengaruhi suhu pada skrotum pria yang berimplikasi pada penurunan jumlah produksi sperma oleh testikel.

Karena itu, bagi para pria, usahakan untuk tidak menggunakan laptop dalam posisi dipangku. Taruhlah gadget-mu ini di permukaan lain. Selain itu, pasanglah alas pendingin agar mengurangi pancaran energi panas secara langsung.

Sudah tahu kan, apa saja bahaya dari penggunaan laptop? Namun perlu dicatat bahwa bukan berarti kita harus menghindari menggunakan laptop. Kita hanya perlu mengetahui cara-cara menggunakan laptop dengan benar dan aman agar dapat menghindari dampak buruknya bagi kesehatan kita. Jadi, perhatikan cara penggunaan laptopmu ya, agar kita tidak perlu mati muda!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES