Wow, Ternyata Inilah Dampak dari Ciuman yang Tidak Kita Tahu!

16 Oktober 2017
|Median
0SHARES

Dalam sebuah hubungan, ciuman merupakan salah satu bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang yang nyata dari pasangan. Selain berperan penting dalam membina kedekatan dan kemesraan, berciuman dengan pasangan juga memiliki dampak-dampak bagi kesehatan yang ternyata mungkin belum kita ketahui. Memangnya apa aja sih dampak-dampak berciuman bagi kesehatan? Ini dia dampak-dampak positif dan negatif berciuman yang dikutip dari berbagai sumber. Yuk, kepo!

1. Meredakan stres

Percaya nggak bahwa salah satu solusi jitu untuk meredakan stres adalah dengan mencium pasangan? Ini patut dicoba karena berciuman memang bisa mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan oleh hormon stres kortisol. Dengan berciuman, hormon tersebut akan berkurang dan digantikan oleh hormon yang membuat tubuh merasa lebih baik, yakni oksitosin. Jadi, jangan heran kalau setelah berciuman, tubuh akan merasa jauh lebih tenang.

2. Membuat diri merasa lebih bahagia

Menurut penelitian, melakukan ciuman sama dengan memproduksi endorfin, yaitu hormon yang membuat kita merasa senang. Ketika suasana hatimu sedang tidak baik, cobalah untuk mencium pasangan. Pasangan kamu, lho, ya, bukan pasangannya orang. Pasti kamu akan merasa lebih bahagia dan kembali bersemangat.

3. Meredakan sakit kepala

Berciuman dengan lembut ternyata bisa meredakan sakit kepala. Alasannya adalah ciuman bisa melepas zat kimiawi yang berdampak baik pada otak. Kabar bahagia buat nih buat pasangan yang sering sakit kepala.

4. Menjadikan wajah terlihat awet muda

Berciuman bibir yang dilakukan dengan penuh gairah bisa membuat otot-otot sekitar wajah bekerja. Dengan begitu, wajah dan leher akan terasa kencang sehingga menyebabkan wajah menjadi tampak lebih muda. Rahasia awet muda yang oke juga.

 

5. Membakar kalori

Nggak nyangka kalau berciuman bisa membakar kalori juga. Berdasarkan penelitian dr. Alexander Dewees, berciuman selama semenit bisa membakar 2—6 kalori. Nah, masing-masing orang bisa berbeda juga bergantung pada gairah ketika berciuman.

 

6. Menjaga kesehatan jantung

Saat berciuman, jantung dan denyut nadi akan terpompa dengan baik. Pada saat yang sama, tekanan darah menurun karena terjadi pelebaran pembuluh darah. Hal tersebutlah yang membuat tubuh terasa lebih santai seusai berciuman.

7. Meningkatkan sistem imunitas

Masa sih bertukar air liur dengan pasangan itu bisa meningkatkan kekebalan tubuh? Menurut peneliti Inggris, berciuman dengan orang yang sama selama enam bulan akan menghasilkan efek perlindungan yang optimal dari kuman dan bakteri jahat yang masuk ke tubuh. Itu baru enam bulan, lho, ya, bayangkan betapa kuatnya sistem imunitas tubuh kamu jika bersama orang yang sama seumur hidup.

8. Dapat menimbulkan ketagihan

Buat kamu yang belum menikah, sebaiknya hindari banget untuk berciuman dengan pasangan. Alasannya karena berciuman itu dapat menimbulkan ketagihan. Kalau sudah ketagihan, takutnya lama-lama bisa bahaya. Dipikir ulang lagi ya kalau mau melakukannya.

9. Bisa menularkan penyakit

Selain meningkatkan sistem imunitas, berciuman juga berpotensi menularkan penyakit. Ketika berciuman, berbagai virus dan bakteri dari air liur bisa dengan mudahnya berpindah. Penyakit yang dibawa keduanya pun beragam, mulai dari pilek, herpes, demam kelenjar, meningitis, sampai HIV.

Walaupun kelihatannya sederhana, berciuman pun memiliki dampak-dampak positif dan negatif bagi kesehatan. Untuk dampak-dampak positif sih okelah, tapi negatifnya? Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan usai berciuman, pastikan kesehatan mulut selalu dijaga dan jangan sampai pula bergonta-ganti pasangan. Komunikasikan juga semuanya dengan pasangan. Lagian, semua juga untuk kebaikan berdua bukan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES