Waspada! Ini 7 Gejala Serangan Jantung yang Nggak Boleh Kamu Abaikan

23 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Serangan jantung adalah kondisi di mana aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung tiba-tiba terhambat dan terhenti. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh jantung koroner. Selain itu penyebab lain yang paling umum terjadi adalah dikarenakan penyempitan arteri jantung yang membuat aliran darah terpotong atau adanya robekan pada bagian arteri.

Tak hanya itu saja, serangan jantung juga bisa terjadi kapan saja dan bisa menyerang siapa saja, sekali pun dia tidak memiliki turunan keluarga yang berpenyakit jantung. Itulah mengapa kamu perlu hati-hati terhadap hal ini dan harus mengenali gejala awalnya. Lalu, apa saja gejala serangan jantung yang perlu kamu waspadai? Berikut Yukepo berikan ulasannya.

1. Mengeluarkan keringat berlebihan saat malam hari

Saat cuaca tidak panas dan kamu tetap mengeluarkan keringat berlebihan di malam hari, ini bisa menjadi gelaja serangan jantung, terlebih bagi wanita. Namun kebanyakan orang berpikir kalau ini adalah gejala menopause. Jadi kalau kamu bangun tidur kasur atau sprei kamu basah kuyup karena keringat, lebih baik kamu periksakan diri karena bisa jadi gejala jantung.

2. Susah untuk tidur nyenyak

Kalau kamu susah untuk tidur nyenyak dalam beberapa hari berturut-turut, kamu perlu waspada karena bisa jadi ini gejala awal serangan jantung. Biasanya ini disertai rasa lelah seharian, namun susah tidur saat malam. Kalau kamu mengalami kondisi ini, segeralah periksakan ke dokter, karena ini bisa berkaitan dengan kesehatan jantung.

3. Denyut jantung kamu tidak normal

Saat kamu bangun pagi, kemudian denyut jantung kamu terasa tidak normal, sebaiknya kamu jangan menunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab, detak jantung yang tidak normal bisa menjadi gejala awal serangan jantung, apalagi jika itu berlangsung setidaknya selama 5 menit. Karena hal ini bisa menjadi ancaman buat jantung kamu.

4. Ada sakit atau nyeri pada bagian dada

Ada rasa nyeri, atau sakit pada bagian dada adalah gejala umum serangan jantung. Gejala ini ada tingkatan rendah hingga yang parah. Namun untuk awalnya, biasanya rasa nyeri hanya ringan saja, itulah mengapa banyak orang yang suka mengabaikan ini. Padahal, ini bisa menjadi gejala awal serangan jantung.

5. Mual-mual

Gejala awal serangan jantung juga bisa ditandai dengan mual-mual dan ada pembengkakan pada bagian perut. Tak hanya itu saja, gelaja ini juga disertai hilangnya nafsu makan dan apabila kamu mencoba makan, akan merasakan mual hingga muntah.

6. Suka sesak napas

Sesak napas bisa jadi ada penghambatan aliran darah di bagian jantung. Hal ini biasanya berefek pada detak jantung yang tidak normal, penebalan otot jantung, dan ada rasa nyeri. Jadi kalau kamu mengalami sesak napas semacam ini, ada baiknya kamu periksakan ke dokter.

7. Merasa tidak nyaman atau sakit pada bagian tubuh

Pada umumnya, orang yang mengalami ganguan jantung akan merasakan sakit di seluruh tubuh yang menyebabkan dia tak merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri. Seringnya rasa sakit ini ada pada bagian leher, punggung, tangan, hingga perut. Selain itu juga disertai dengan napas pendek dan terasa berat. Kalau kamu mengalami hal ini dengan frekuensi yang cukup sering, segeralah konsultasi ke dokter.

Jadi, jangan abaikan jika kamu mengalami 7 tanda-tanda di atas. Kamu perlu memeriksakan kondisi kamu ke dokter. Sebab, bisa jadi kamu memiliki gejala serangan jantung yang harus segera diatasi. Salam hidup sehat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES