Viral Berita Hoaks Uji Lab Kosmetik Berbahaya, Waspadai 5 Zat Bahaya Ini Dalam Kosmetikmu!

11 April 2018
|Ojik
1.4 KSHARES

Baru-baru ini viral di media sosial Indonesia, foto uji lab terkait zat bahaya dalam kosmetik. Foto ini kemudian menjadi bahan perbincangan hangat karena kosmetik-kosmetik yang digunakan dalam uji lab tersebut adalah kosmetik-kosmetik kenamaan yang sudah sangat familiar bagi Perempuan Indonesia. Saking panasnya berita uji lab ini, bahkan ada beberapa brand kecantikan yang langsung menyampaikan klarifikasi dari foto yang beredar tersebut. Mereka menyanggah kebenaran foto-foto yang beredar luas di masyrakat. Bahkan brand tersebut kemudian melayangkan gugatan bagi penyebar foto-foto hasil uji lab tersebut.

Foto-foto menggemparkan tersebut sebenarnya berasal dari beberapa mahasiswa yang melakukan uji coba kandungan zat berbahaya dalam kosmetik, seperti Merkuri dan Rhodamin. Sayangnya foto-foto yang sudah terlanjur menggemparkan sosial media ini, ternyata hanyalah uji coba yang hasilnya belum tervalidasi sehingga hasilnya tak dapat dipertanggung jawabkan.

Bahaya dari kosmetik sendiri sebenarnya bukanlah isu baru. Memang beberapa produk kecantikan ada yang terbukti mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, kita memang patut berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan digunakan. Nah sebagai pengetahuan, ada beberapa zat bahaya yang kerap digunakan dalam produk kosmetik. Yuk simak, apa saja zat yang harus kita hindari dari produk kosmetik!

1. Merkuri (Hg)

Merkuri ini adalah zat logam berat yang berbahaya, yang bahkan dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun. Merkuri ini biasanya ada di krim/lotion pemutih kulit. Paparan jangka pendek dari penggunaan merkuri dalam dosis tinggi dapat menyebabkan diare, muntah-muntah, dan kerusakan ginjal. Namun jika digunakan dalam jangka panjang merkuri dapat menyebabkan kanker.

2. Hidrokinon

Zat ini sebenarnya hanya boleh digunakan sebagai pengeras kuku. Namun hidrokinon sering disalah gunakan pada krim atau lotion pemutih kulit. Penggunaan Hidrokinon dalam dosis tinggi dan jangka panjang dapat menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada daerah kulit yang terkena sinar matahari langsung dan dapat menyebabkan kulit berwarna kehitaman. Penggunaan krim yang mengandung Hidrokinon juga dapat menyebabkan mutasi dan kerusakan DNA sehingga dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan kanker.

3. Timbal (Pb)

Penggunaan Timbal pada anak dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak, dan sistem syaraf. Bahkan penggunaan Pb pada anak dapat memicu gangguan dalam tingkah laku, menurunkan IQ dan pendengaran, menghambat pertumbuhan, dan menyebabkan anemia. Sementara jika pada orang dewasa, Timbal dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf, meningkatkan tekanan darah dan hipertensi, serta menurunkan fungsi ginjal. Namun walaupun begitu, penggunaan Timbal pada kosmetik dibatasi dengan kadar maksimal 20 ppm.

4. Resorsinol

Resorsinol sendiri dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mengganggu sistem imun. Banyak bahaya dari penggunaan resorsinol, terutama jika digunakan pada kulit yang luka atau teriritasi.

5. Bahan pewarna sintetis

Pewarna merah K.3 (CI 15585), merah K.10 (Rhodamin B), dan Jingga K.1 (CI 12075) sering disalah gunakan sebagai pewarna pada lipstik, atau pemulas kelopak mata dan perona pipi. Padahal penggunaan pewarna sintetis ini dapat menyebabkan zat karsigonik atau zat penyebab kanker. Bahkan penggunaan Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

Ngeri banget kan bahaya dari zat-zat tersebut. Nah makanya buat kamu nih yang banyak mengonsumsi produk kosmetik, jadilah pengguna dan pembeli yang cerdas ya. Selalu gunakan kosmetik yang terbukti aman. Jangan karena harganya lebih murah, atau menjanjikan hasil yang instan, kamu malah milih kosmetik yang nggak jelas keamanannya. Selalu perhatikan ingredients atau bahan yang tertera pada label kosmetik tersebut, dan perhatikan juga apakah produk tersebut sudah memiliki izin BPOM. Jangan lupa untuk mengecek kebenaran izin BPOM yang tercantum dalam label dengan daftar di website BPOM. Nggak mau kan, kalau niatnya jadi cantik, eh malah jadi sakit-sakitan. Selalu waspada, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
1.4 KSHARES