Vapor versus Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

vaping360.com

Belakangan ini, toko-toko vapor terlihat menjamur di berbagai kota. Kafe-kafe juga dipenuhi kepulan asap tebal vapor dan anak-anak muda kerap terlihat asik menghisap rokok elektrik ini alih-alih rokok biasa. Tren vapor yang semakin heboh dalam dua tahun terakhir ini dipercaya oleh banyak orang merupakan tren yang baik karena rokok elektrik ini dianggap lebih menyehatkan daripada rokok.

Bahkan beberapa perokok memang memilih untuk beralih ke vapor untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Dan memang benar, rokok elektrik ini telah membantu cukup banyak perokok untuk berhenti merokok. Namun benarkah vapor lebih sehat daripada rokok? Yuk cek kebenarannya!

1. Rokok mengandung lebih banyak nikotin daripada vapor

lebatkanrambutmu.info

Nikotin adalah zat yang diproduksi tembakau saat terjadinya pemanasan. Zat inilah yang memberikan efek yang dicari oleh para perokok, seperti meningkatnya dopamine di otak dan meningkatnya adrenalin. Zat ini juga terdapat pada cairan rokok elektrik namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Sehingga efek yang akan didapatkan oleh para penghisap rokok elektrik akan lebih minim daripada mereka yang merokok tembakau.

2. Asap rokok mengandung lebih banyak racun daripada uap rokok elektrik

jatengku.com

Dampak buruk rokok sebenarnya terjadi karena pembakaran rokok menyebabkan asap rokok yang mengandung begitu banyak racun, seperti tar, karbon monoksida, ammonia, methanol, bahkan sianida. Karena itu diciptakanlah rokok elektrik yang pemanasannya menggunakan aliran listrik sehingga lebih terkontrol dan meminimalisir terjadinya pembakaran yang menyebabkan racun dalam asap. Sehingga dapat dikatakan bahwa asap vapor mengandung lebih sedikit racun daripada asap rokok.

3. Rokok dan vapor memiliki dampak yang sama terhadap pembuluh darah jantung

www.rt.com

Namun baik rokok maupun vapor memiliki dampak yang sama terhadap kesehatan jantung. Selama ini rokok menjadi berbahaya bagi jantung karena rokok dapat membuat pembuluh darah jantung menjadi kaku. Dan dalam penelitian yang dilakukan oleh British Heart Foundation, terbukti bahwa vapor memiliki efek yang sama dalam menyebabkan kekakuan pembuluh darah jantung.

4. Asap rokok elektrik dapat menyebabkan iritasi pada mata dan infeksi pernafasan

theeliquidboutique.co.uk

Meski asap rokok elektrik memiliki kadar racun yang lebih rendah daripada rokok, namun mengandung propylene glycol yang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan infeksi pernafasan. Selain itu, beberapa cairan rokok elektrik juga mengandung diacetyl yang saat berupa uap dapat menyebabkan luka-luka permanen pada paru-paru. Belum lagi perasa yang digunakan dalam cairan rokok elektrik juga terkadang mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan masalah pada pernafasan.

5. Penelitian mengenai dampak rokok elektrik dalam jangka panjang belum tersedia
vaping360.com

Hingga saat ini, belum tersedia penelitian-penelitian mengenai dampak rokok elektrik dalam jangka panjang karena tren ini sendiri baru populer dalam beberapa tahun belakangan. Padahal dampak-dampak buruk rokok pun banyak yang baru muncul dan diketahui setelah konsumsi rokok dalam jangka panjang.

Maka jika sejauh ini rokok elektrik memiliki dampak buruk yang lebih minim daripada rokok, namun dampak jangka panjangnya yang belum diketahui membuat kita tidak dapat menilai dengan pasti apakah vapor memang lebih baik bagi kesehatan dibandingkan rokok.

Memilih antara vapor dan rokok memang seperti memilih mana yang lebih baik dari dua hal yang sama-sama buruk. Pilihan yang terbaik bukanlah rokok maupun vapor, tapi menjauhkan diri dari kedua hal tersebut. Karena ternyata baik vapor maupun rokok sama-sama memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Hati-hati! Urin 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Hati-hati! Urin 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

7 Fenomena Bulan yang Perlu Kamu Tahu. Sudah Pernah Melihat Salah Satunya?

7 Fenomena Bulan yang Perlu Kamu Tahu. Sudah Pernah Melihat Salah Satunya?

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

7 Hal yang Sebabkan Manusia Terlihat Menggiurkan Bagi Nyamuk

7 Hal yang Sebabkan Manusia Terlihat Menggiurkan Bagi Nyamuk

loading