Upaya Tak Kenal Jera, 5 Kegagalan Pembuktian Bumi Datar Ini Bikin Pengen Puk-Puk!

07 April 2018
|Ojik
0SHARES

Perdebatan antara bumi datar dan bumi bulat baru-baru ini memang kembali hangat untuk diperbincangkan. Perdebatan ini pun memancing banyak ‘keributan’ di media sosial. Banyak pengguna media sosial atau orang-orang yang kemudian membandingkan teori-teori tentang pemahaman mereka terkait bumi datar dan bumi bulat. Menariknya meskipun sudah dibantah dan dijelaskan secara rinci, kaum bumi datar tetap percaya bahwa bumi itu datar dan tidak bulat. Mereka beranggapan bahwa penciptaan definisi bumi bulat adalah sebuah konspirasi yang dibuat sebagian golongan untuk mencapai tujuan tertentu.

Saking percayanya dengan teori bumi datar bahkan ada beberapa orang yang hendak melakukan upaya pembuktian terhadap teori mengenai bumi datar. Sayangnya, banyak dari percobaan tersebut yang gagal atau tak bisa dilakukan. Nah, berikut beberapa kegagalan yang dilakukan oleh kaum bumi datar dalam usaha membuktikan teori mereka:

1. Mike “Mad” Hughes

Mike “Mad” Hughes adalah seseorang yang sangat percaya bahwa bumi tidak bulat melainkan datar. Bahkan dia memiliki mimpi besar untuk menunggangi roket buatannya sendiri dan melihat bahwa bumi itu tidak bulat seperti yang  telah disampaikan oleh para ilmuwan. Hughes sendiri berencana untuk terbang menggunakan roket logam  dan melintasi gurun Mojave. Namun percobaan ini harus gagal karena mendapatkan banyak masalah. Salah satunya adalah larangan dari Badan Manajemen Tanah AS yang mendengar Hughes berniat menjatuhkan roketnya di tanah umum. Bahkan Hughes yang masih nekat menerbangkan roketnya, harus menelan pil pahit setelah roket tersebut sama sekali tidak dapat beranjak meninggalkan bumi.

2. Gerhana matahari

Gerhana matahari adalah sebuah bukti bahwa rotasi bumi, dan revolusi bumi terhadap matahari benar-benar terjadi. Namun hal ini tidak berlaku bagi kaum flat earth, atau bumi datar. Mereka berpendapat bahwa gerhana matahari adalah bukti keyakinan mereka. Mereka beranggapan bahwa jalur gerhana yang dari barat ke timur adalah sebuah keanehan karena matahari bergerak melintasi langit dari timur ke barat. Mereka juga beranggapan bahwa seharusnya bayangan bulan itu lebih besar dari bulan sendiri, hal ini mereka buktikan dengan senter dan koin. Sayangnya analogi mereka terhadap senter ini tidak cocok, karena matahari memiliki cahaya yang besar dan menyebar tidak seperti senter yang terpusat kepada satu arah.

3. Foto bumi bulat adalah rekayasa CGI

Banyak penganut bumi datar yang percaya bahwa semua gambaran bumi bulat yang beredar selama ini adalah foto yang di rekayasa atau buatan komputer yang biasa disebut CGI. Walaupun pernyataan ini benar, karena semua foto tersebut memang benar di rekayasa, bahkan foto dari NASA pun juga hasil CGI. Namun kemudian penjelasan ini tidak dapat berhenti disini saja. Karena walaupun hasil foto tersebut CGI, foto-foto tersebut tetaplah berasal dari sekumpulan gambar-gambar yang diperoleh oleh satelit luar angkasa yang dimiliki NASA dan kemudian digabungkan menjadi satu. Kenapa foto ini harus disatukan? Hal ini dikarenakan bentuk bumi yang sangat besar sehingga satelit yang ada tidak cukup jauh untuk bisa mendapatkan gambar bumi secara penuh.

4. Rapper B.o.B menggalang dana untuk menerbangkan satelit

Rapper B.o.B atau yang memiliki nama lengkap Bobby Ray Simmons Jr menjadi terkenal ketika terlibat “perkelahian” di twitter dengan fisikawan bernama Neil deGrasse Tyson mengenai bentuk bumi. Lalu B.o.B menjadi semakin terkenal ketika dirinya melakukan penggalangan dana untuk meluncurkan roket sendiri dan membawa kamera ke luar angkasa untuk mencari kelengkungan bumi. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa bumi datar. Sayangnya penggalangan dana ini gagal, karena hanya mendapatkan 6.883 dollar dari targetnya 1 juta dollar.

5. Banyaknya satelit di luar angkasa

Satu lagi salah satu teori yang dikatakan para penganut teori konspirasi bumi datar, mengenai jumlah satelit yang mencapai jumlah lebih dari 1.381 buah seharusnya saling bertabrakan di luar angkasa, karena langit akan penuh sesak dengan satelit-satelit tersebut. Namun tentu saja pernyataan ini dapat dibantah, karena luas permukaan bumi sekitar 510, 072, 000 km2. Sedangkan satelit yang paling dekat dengan bumi yang berada di LEO (Low Earth Orbit) yang berada di ketinggian 160-2000 km hanya berjumlah sekitar 500 satelit. Jadi jika dihitung seharusnya ada 1 satu satelit di setiap 1.000.000 km2, yang artinya sangat susah menemukan sebuah satelit yang berdekatan satu sama lain, atau bahkan bertabrakan.

Itulah beberapa teori dan percobaan yang dilakukan oleh para penganut bumi datar untuk membenarkan argumennya. Terlepas dari benar atau tidaknya argumen tersebut, kita semua masih harus berpegang teguh kepada pendirian masing-masing dengan tidak memaksakan orang lain untuk percaya terhadap apa yang kita yakini. Namun lebih baik lagi jika kita mencari tahu lebih jauh lagi tentang apa yang kita yakini tanpa harus merugikan orang lain. Nah buat kamu nih, lebih percaya bumi datar atau bumi bulat nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
0SHARES