Unik, 7 Binatang Laut Langka Ini Terlihat Seperti Alien

12 Juni 2017
|Romlah Sundari

Laut memang selalu dipenuhi dengan berbagai misteri. Mulai dari misteri gelombangnya, suhunya, hingga spesies yang berada di dalamnya. Laut menyimpan berbagai rahasia yang hingga kini belum terkuak oleh ilmuwan. Katanya, manusia baru berhasil mengeksplor 5% kehidupan di laut. Keajaiban laut ini dapat kita lihat melalui hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Berbagai hewan laut memiliki morfologi yang unik yang telah disesuaikan dengan habitatnya di lautan. Berikut daftar binatang laut langka yang unik dan terlihat seperti alien.

1. Tardigrade

Tardigrade atau yang biasa dikenal dengan beruang air ini adalah hewan mikroskopis yang dapat hidup di berbagai tempat. Hewan kecil dengan ukuran 0,5 mm ini dapat hidup di puncak gunung hingga dasar laut. Tardigrade adalah salah satu spesies paling ‘tahan banting’ karena ia dapat hidup di berbagai kondisi ekstrem. Bahkan tardigrade dapat hidup tanpa makanan dan air selama 30 tahun.

2. Frill Shark

Sering dijuluki sebagai The living fossil, Frill Shark yang merupakan bagian dari spesies hiu ini memang memiliki bentuk yang unik. Panjang hewan ini dapat mencapai 2 meter dengan bentuk tubuh yang mirip dengan belut. Kepalanya terlihat lebih besar dan binatang ini memiliki 6 pasang rongga insang yang membuatnya mendapat nama Frill Shark. Habitatnya yang berada di kedalaman 50-200 m di bawah laut dan spesiesnya yang cenderung langka membuat hiu ini jarang ditemui oleh manusia.

3. Pink See Through Fantasia

Hewan transparan berwarna pink ini ditemukan pertama kali pada tahun 2007 silam di Laut Sulawesi, Indonesia. Pink See-Through Fantasia ini sebenarnya merupakan salah satu jenis teripang atau timun laut. Melalui tubuhnya yang transparan, kita dapat melihat seluruh organ dalam hewan yang juga dapat bercahaya ini. Hingga kini, belum banyak yang dapat kita ketahui mengenai hewan ini.

4. Australian Ghost Shark

Australian Ghostshark, seperti namanya, masih termasuk dalam spesies hiu. Ia hidup di kedalaman 0-200 m di bawah laut dan merupakan hewan karnivora. Namun tidak seperti hiu biasanya yang berburu dengan berenang, Australian Ghostshark meraba dasar laut untuk mencari mangsanya. Seperti namanya pula, Australian Ghostshark dapat ditemukan di laut selatan Australia. Meski tergolong langka, Australian Ghostshark seringkali ditangkap pada masa migrasi mereka untuk kemudian diolah menjadi panganan fish and chips.

5. Narwhal

Narwhal adalah salah satu jenis paus yang terdapat di perairan antartika. Hewan ini menjadi unik karena memiliki ‘tanduk’ seperti legenda unicorn. ‘Tanduk’ ini sebenarnya adalah gigi taring Narwhal yang tumbuh di dahinya. Bentuknya yang unik inilah yang membuat Narwhal mendapat julukan unicorn laut. Namun Narwhal kini berada dalam status terancam punah karena jumlahnya yang terus berkurang. Penyebab utama kematian Narwhal adalah karena tercekik ketika air laut membeku dan kelaparan. Selain itu, Narwhal juga menjadi hewan buruan bagi orang Inuit yang tinggal di Antartika.

6. Blobfish

Blobfish adalah jenis ikan yang dapat ditemui di laut dalam Australia. Mereka hidup di kedalaman 600 – 1200 meter di bawah permukaan air. Hewan unik ini memiliki tubuh seperti jeli dan tidak memiliki banyak otot untuk dapat berenang melawan tekanan air yang begitu besar di habitatnya. Namun tubuhnya yang memiliki massa lebih rendah daripada massa air membuat ikan ini mampu mengapung di atas dasar laut tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Namun karena tubuhnya yang seperti jeli ini, Blobfish memiliki bentuk yang berbeda saat keluar dari dalam air.

7. Roughback Batfish

Roughback Batfish adalah salah satu spesies Batfish yang ditemukan di sekitar Laut Atlantik. Tidak banyak data yang tersedia mengenai hewan ini. Binatang ini dapat hidup di kedalaman 29 – 126 m di bawah permukaan laut. Hewan ini terlihat memiliki kaki dan tangan seperti katak. Namun satu hal yang membuat ikan ini menjadi menarik adalah bibirnya yang merah seperti dipulas gincu.

Terdapat lebih banyak lagi keberagaman hewan di laut yang hingga kini belum terkuak oleh para ilmuwan dan peneliti. Berbagai spesies laut diketahui telah ada dari zaman prasejarah dan telah melewati berbagai rangkaian evolusi hingga kini. Berbagai keajaiban laut ini kini terancam oleh tingkah laku manusia yang seringkali mengeksploitasi alam. Sebagai anak muda yang tinggal di negara maritim, sudah sepantasnya kita menjaga lautan kita dari tangan-tangan usil manusia yang seringkali merusak. Yuk, kita lestarikan lautan kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES