Tubuhnya Kebal dari Rasa Sakit, Ternyata Ini Rahasia Keluarga Marsili. Bukan Penganut Debus!

tech2.org

Kebayang gak sih gimana hidup tanpa rasa sakit? Salah satu keluarga di Italia, keluarga Marsili, memiliki keunikan tersendiri yaitu nggak bisa merasa sakit fisik. Jadi saat anggota keluarga Marsili sama sekali gak ngerasa sakit waktu mengalami patah tulang dan luka bakar.

Hebat banget ya? Padahal Spiderman aja masih ngerasain sakit kalo ditonjok musuhnya. Kira-kira ada apa ya dengan tubuh keluarga Marsili? Kalian gak perlu menduga mereka penganut aliran debus ya, soalnya para ilmuwan sudah menemukan rahasia di balik kekebalan tubuh keluarga Marsili. Mau tau rahasianya? Yuk, kepo!

tonic.vice.com

Anggota keluarga Marsili ini tidak pernah merasakan sakit ketika mengalami luka bakar atau patah tulang. Bahkan mereka bisa tidak menyadari adanya luka di tubuh mereka saking sama sekali tidak adanya rasa sakit. Dalam studi yang dipublikasikan jurnal Brain, enam anggota Marsili memiliki kondisi genetis yang langka yang menyebabkan mereka tidak mengalami rasa sakit.

www.everydayhealth.com

Tim peneliti memastikan bahwa anggota keluarga Marsili mempunyai saraf yang memungkinkan adanya rasa sakit di tubuh mereka sehingga yang mereka alami adalah murni kondisi genetis. Sensitivitas rendah terhadap rasa sakit yang dialami keluarga asal Italia ini sudah diteliti oleh para peneliti menggunakan DNA. Tujuannya adalah menemukan dasar genetis dari kondisi tersebut.

uk.businessinsider.com

Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui tes DNA dari sampel darah. Para peneliti menemukan bahwa keluarga Marsili mempunyai mutasi gen bernama ZFHX2. Menurut dr.Cox, kondisi langka ini mungkin hanya terjadi pada satu keluarga. Meskipun langka, mutasi gen ini punya implikasi yang sangat luas.

www.youtube.com

Profesor Anna Maria Aloisi dari University of Siena, sebagai salah satu bagian dari tim peneliti, mengatakan bahwa mengidentifikasi mutasi gen dan pengaruhnya pada ketiadaan rasa sakit di keluarga Marsili ini membuka rute baru untuk pembuatan obat pereda nyeri.

tech2.org

Harapan yang sama pun dilontarkan oleh dr.Cox. Tim peneliti dan dr.Cox berharap penelitian dan temuannya ini bisa membantu pengobatan bagi orang-orang yang mempunyai penyakit kronis

Wah, unik dan keren banget ya keluarga Marsili ini. Mereka satu-satunya keluarga di dunia yang mendapatkan anugerah luar biasa dengan gak bisa merasakan sakit. Kita gak perlu merasa iri, guys. Sensitivitas rendah terhadap rasa sakit ini bisa berdampak fatal lho. Coba deh kalau tiba-tiba kita dapat serangan jantung tapi nggak bisa ngerasain nyeri di dada sehingga nggak tahu kalau kita sedang mendapat serangan jantung. Pertolongan lalu datang terlambat dan kita bisa kehilangan nyawa duluan. Karena itu, setiap rasa sakit memang layaknya kita syukuri karena merupakan mekanisme tubuh memberi sinyal kepada kita.

Inilah Penyebab Hujan Es Turun Di Magelang. Jangan Keburu Mikir Aneh-aneh!

Besok Malam! Fenomena Langka Gerhana Bulan Merah Darah Akan Hiasi Langit Indonesia. Keren!

Sering Tiba-Tiba Lupa Mau Ngapain? Nggak Usah Khawatir Pikun, Ini Lho Penyebabnya!

Pancake Es Sampai Cahaya UFO, Fenomena Alam Ini Pernah Terjadi Saat Musim Dingin!

Ilmuwan Dunia Ungkap Gen Unik yang Dimiliki Pria Homoseksual, Beneran Nggak ya?

Bisa Jadi Senjata Mematikan Saat Perang, Inilah 9 Fakta Menarik Tentang Kapal Selam!