Tidurmu Tak Nyenyak? Tengok Kembali di Mana Kamu Taruh Gadgetmu!

12 Agustus 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Lama tidur yang ideal bagi setiap orang berbeda, rata-rata tujuh hingga delapan jam perhari. Ada banyak indikator yang menandakan tidurmu baik semalam. Orang yang memiliki kualitas tidur baik biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk terlelap. Ia pun akan tidur dengan nyaman dan tenang. Tidak gelisah, tidak mengalami kesulitan bernapas, ataupun masalah lainya. Ia akan bangun tidur dalam kondidi segar dan bertenaga.

Lalu bagaimana jika kamu tidur tak nyenyak dan saat bangun pagi justru dalam kondisi lesu. Padahal kamu merasa sudah cukup lama tertidur. Sepertinya kamu harus mengecek kembali di mana kamu letakkan gadget-mu saat tidur. Karena piranti tersebut bisa berpengaruh pada kualitas tidurmu.

1. Penggunaan ponsel pengaruhi kualitas tidur

Paparan cahaya dari layar alat-alat elektronik ternyata mempengaruhi kualitas tidur pada anak-anak dan orang dewasa. Dilansir dari www.voaindonesia.com, sebuah studi di California telah mengamati 653 orang dewasa selama periode 30 hari yang merekam waktu dan lamanya orang-orang ini melihat layar, serta lama dan kualitas tidur mereka. Penggunaan layar yang lebih lama, terutama di tempat tidur ternyata terkait dengan tidur yang lebih buruk dan lebih sebentar. Jika sudah begitu, insomnia pun jadi resiko. Alasan lainnya orang cenderung lupa untuk tidur jika sudah kecanduan gadget. 

2. Ponsel bikin sakit kepala

Meletakkan ponsel di bawah bantal sudah jadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Telponan dengan pacar hingga ketiduran jadi alasan ponsel berada di samping kepala saat tidur. Padahal radiasi ponsel bisa menyebabkan kepala dan ototmu menjadi sakit. Kebanyakan ponsel memiliki radiasi sekitar 900Mhz. Radiasi berpotensi merusak otak jika terus menerus terpapar.

3. Buat kamu yang suka maraton nonton drama Korea perlu tahu ini

Kamu yang suka menyalakan laptop di tempat tidur juga perlu mengetahui bahaya radiasi. Maraton nonton drama Korea ataupun film lainnya selama beberapa malam jelas mengganggu pola tidurmu. Apalagi sampai ketiduran dan laptop dibiarkan menyala hingga pagi di sampingmu. Selain tak baik untuk laptopmu, juga sehat untuk badanmu. Bahaya radiasi mengancam. Radiasi bukan hanya berasal dari layar tetapi juga dari komponen laptop, seperti hardisk dan cip memori.

 

4. Ponsel di bawah bantal bisa meledak

Kejadian ini dialami seorang remaja berusia 15 tahun di New York, Amerika Serikat. Ternyata ia mengisi daya baterai ponselnya dan meletakkannya di bawah bantal. Ponsel itu pun meledak dan membakar bantal serta kasur. Ponsel yang dicharge di balik bantal atau matras menyebabkan baterai menjadi  sangat panas. Ponsel membutuhkan akses untuk mendapatkan aliran angin. Jika tak terpenuhi maka hal itulah yang berpotensi terjadi. 

5. Banyak alasan gadget harus selalu di sampingmu saat tidur. Padahal hal itu bisa diatasi dengan cara lain

Menyalakan alarm di ponsel agar bisa bangun pagi, bisa mengecek ponsel setiap saat, hingga ketiduran saat telponan dengan pacar. Semua itu jadi alasan klise kamu melakukan tindakan ini. Padahal penggunaan jam weker juga bisa jadi solusi. Ponsel juga bisa diletakkan di meja samping ranjangmu. Jika takut tak mengetahui ada panggilan darurat, kamu bisa mengeraskan volume nada panggilanmu. 

Gadget memang sudah menjadi kebutuhan. Menggunakannya juga bukan masalah asal tidak berlebihan. Masih mau meletakkan gadget tepat di sampingmu saat tidur setelah mengetahui bahayanya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES