Terungkap! Ini Lho Arti Logo Segitiga di Botol Plastik. Nggak Boleh Asal Pakai!

03 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
59SHARES

Untuk menampung air minum biasanya digunakan botol yang terbuat dari bahan plastik. Di botol plastik biasanya terdapat logo segitiga yang juga disertai dengan angka. Logo tersebut pertama kali dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry tahun 1998 di Amerika Serikat. Logo yang disertai angka tersebut memiliki makna terkait penggunaan botol plastik tersebut. Mau tahu informasinya? Simak nih penjelasan berikut ini.

1. PETE atau PET dengan Angka 1

Botol plastik dengan logo segitiga yang di dalamnya terdapat angka 1 dan di bawahnya tertulis PETE atau PET disarankan hanya dipakai sekali. PETE atau PET merupakan singkatan dari polyethylene terephthalate. Botol plastik berlogo seperti ini berwujud transparan atau tembus pandang, seperti botol air mineral. Jika digunakan berulang atau diisi dengan air hangat, botol akan rusak. Lapisan polimer bisa meleleh dan zat karsinogenik akan keluar. Zat karsinogenik adalah zat yang memicu kanker.

2. HDPE dengan Angka 2

Botol plastik berlogo segitiga disertai angka dua dan tulisan HDPE biasanya ditemukan dalam botol susu dan galon air. HDPE merupakan singkatan dari high density polyethylene. Botol berlogo ini dibuat dari bahan yang lebih kuat, keras, buram, dan tahan terhadap suhu tinggi. Botol ini baik digunakan untuk kemasan minuman karena memiliki kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara plastik dan minuman. Namun, penggunaannya disarankan hanya sekali karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat waktu ke waktu.

3. V atau PVC dengan Angka 3

Botol yang paling sulit didaur ulang adalah botol plastik yang berlogo segitiga disertai angka 3 dan tulisan V atau PVC. Botol sejenis ini bisa ditemukan di plastik pembungkus (cling wrap), botol sampo, botol minyak, dan kabel listrik. Kita harus berhati-hati jika menemui makanan atau minuman yang dibungkus dengan plastik sejenis ini. Reaksi yang terjadi antara PVC dan makanan atau minuman bisa membahayakan organ penting dalam tubuh, seperti ginjal dan hati. PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang mudah leleh dan bisa bereaksi dengan makanan yang dikemasnya.

4. LDPE dengan Angka 4

LPDE merupakan singkatan dari low destiny polyethylene. Botol yang berlogo segitiga dengan angka 4 dan tulisan LDPE memiliki sifat mekanis yang kuat, tembus pandang, fleksibel, dan permukaan sedikit berlemak. Selain itu, botol berlogo seperti ini juga memiliki daya proteksi yang kuat terhadap uap air serta mudah didaur ulang. Kita juga tak perlu khawatir dengan kontaminasi zat kimia yang berbahaya karena plastik LDPE memiliki daya pertahanan yang baik terhadap reaksi kimia.

5. PP dengan Angka 5

Botol berlogo segitiga yang di dalamnya terdapat angka 5 dan di bawahnya tertulis PP adalah botol yang sangat baik untuk menyimpan minuman. Ciri dari botol jenis ini adalah kemasannya tidak transparan dan cukup mengkilap. Polyphropylene (PP) membuat botol menjadi ringan dan memiliki daya tembus uap yang rendah. Selain itu, ketahanan terhadap lemak juga baik dan stabil terhadap suhu yang tinggi. Nah, jika kamu mencari botol minum, terlebih untuk bayi, cari yang berlogo seperti ini. Paling aman guys.

6. PS dengan Angka 6

Bahan dasar yang digunakan untuk styrofoam dan tempat minum sekali pakai biasanya adalah polystyrene (PS). Biasanya produk berbahan dasar polystyrene akan memiliki logo segitiga yang disertai angka 6 dan tulisan PS. Botol plastik berbahan ini sebaiknya dihindari karena mengandung styrene yang berbahaya bagi tubuh. Bahan tersebut bisa mengganggu pertumbuhan sistem syaraf dan mengganggu kinerja otak serta mengganggu produksi hormon estrogen pada wanita. Selain itu, plastik jenis ini juga sulit didaur ulang.

7. Other dengan Angka 7

Selain keenam logo tersebut, masih ada satu lagi logo segitiga yang bertuliskan angka 7 dan other. Logo ini terdiri dari empat jenis, yaitu SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate), dan Nylon. Botol minuman olahraga, suku cadang mobil, peralatan rumah tangga, dan peralatan elektronik biasanya tertera logo seperti ini. SAN dan ABS memiliki ketahanan yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu serta memiliki kekerasan yang lebih baik. SAN biasanya dipakai untuk mangkok mixer, peralatan makan, dan sikat gigi. ABS biasanya dipakai untuk pipa. PC seringnya ditemukan di botol susu bayi dan alat minum anak. Padahal, PC lebih tidak aman dari SAN dan ABS karena bisa mempengaruhi sistem reproduksi.

Nah sekarang sudah tahu kan makna dan beda dari setiap logo yang ada di bagian bawah botol plastik. Jadi, kalau mau beli botol minum perhatikan ya logonya biar minuman kamu tetap aman dikonsumsi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
59SHARES