Terungkap! Ini Fungsi Puting Payudara Pria. Bukan Cuma Sekadar Hiasan, Lho!

21 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
Sains
0SHARES

Untuk kalian para lelaki, sejauh apa sih kalian mengenal tubuh kalian sendiri? Soalnya kebanyakan, laki-laki lebih cuek daripada perempuan. Perempuan sering peduli dan mencari tau mengenai tubuhnya. Nah, kalau kalian para lelaki gimana? Kalian cari tau soal tubuh kalian gak sih? Misalnya, salah satu yang paling sering ditanyain, baik sama lelaki itu sendiri maupun juga sama perempuan, “apa sih fungsi puting pada dada laki-laki?”. Nah, iya kan, kamu termasuk yang mempertanyakan itu gak? Emang apa sih sebenernya fungsi puting laki-laki? Menyusui enggak, dianggep porno juga enggak. Terus apa, ya? Atau mungkin gak ada fungsinya? Tapi, masa iya sih gak ada fungsinya?! Tenang! YuKepo akan ngasih tau kamu fungsi sebenarnya dari puting pada tubuh laki-laki. Udah gak sabar? Yuk, langsung aja kita kepoin!

Sebelum membahas fungsi dari puting laki-laki, yang juga penting buat diketahui adalah bagaimana proses pembentukan puting pada laki-laki. Dilansir dari menshealth.com, laki-laki dan perempuan pada saat menjadi embrio mempunyai jaringan dan "cetakan" yang sama, termasuk kondisi payudara. Seiring bertambahnya usia kandungan, ada pengaruh dari gen, kromosom Y, dan hormon testosteron yang memberikan perubahan pada embrio laki-laki. Hal inilah yang membuat pertumbuhan puting pada laki-laki menjadi terhenti.

Puting pada laki-laki memang tidak punya fungsi spesifik seperti pada perempuan, tapi tidak berarti kalau puting laki-laki tidak mempunyai fungsi dan hanya untuk pemanis. Puting pada laki-laki berfungsi sebagai salah satu "aset" untuk urusan seksual. Melansir Cosmopolitan, puting laki-laki berfungsi untuk menambah gairah seksual ketika berhubungan intim. Area sekitar puting berwarna gelap yang disebut areola mempunyai saraf sensitif yang bisa menimbulkan gairah seksual.

Jadi, buat para laki-laki jangan heran ya kalau gairah seksualmu lebih cepat naik ketika ada rangsangan di bagian puting dada. Walaupun demikian, memang ada sebagian laki-laki yang merasa bagian puting dadanya tidak terlalu berperan dalam rangsangan seksual. Hal ini bukan karena putingnya tidak berfungsi, ya. Tingkat sensitivitas puting pada laki-laki berbeda-beda, guys. Puting laki-laki yang punya sensitivitas tinggi terhadap rangsangan pastinya berpengaruh pada gairah seksualnya, sebaliknya jika sensitivitasnya rendah, rangsangan pada puting tidak terlalu berpengaruh pada gairah seksual.

Dilansir dari detikHealth, dr. Andri Wanananda, MS., seksolog dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara mengatakan bahwa puting pada laki-laki adalah immature version of female breast atau buah dada yang tidak masak. Walaupun demikian, dalam beberapa kasus ditemukan pembesaran dada pada laki-laki. Hal ini disebut Gynacomastia atau pembesaran abnormal pada payudara laki-laki. Biasanya masalah tersebut banyak terlihat pada masa remaja ketika perkembangan hormon banyak berfluktuasi. Laki-laki yang mempunyai penyakit hati dan pecandu alkohol juga berkemungkinan mengalami Gynacomastia.

Layaknya payudara dan puting pada perempuan, payudara dan puting laki-laki juga bisa terkena kanker payudara, lho. Kanker dapat berkembang di jaringan payudara kecil pada laki-laki, tepatnya di belakang puting. Sebenarnya kanker payudara pada laki-laki masih belum jelas diketahui penyebabnya, tetapi ada beberapa kondisi yang rentan terkena penyakit kanker payudara, yaitu laki-laki berusia 60 tahun, memiliki keluarga yang terkena kanker payudara, dan obesitas. Gejala kanker payudara pada laki-laki juga kurang lebih sama dengan gejala pada perempuan, seperti terdapat benjolan yang terasa sakit, puting susu masuk ke dalam dan mengeluarkan cairan, muncul ruam atau kemerahan, dll.

Walaupun risiko kanker payudara pada laki-laki terbilang kecil, yakni sekitar 1:100.000, tetap saja hal ini perlu diwaspadai ya, guys. Kalau ada gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan, kalian bisa langsung memeriksakannya ke dokter untuk memastikan gangguan apa yang terjadi. Untuk mencegahnya, kalian bisa mulai dengan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan makan makanan yang sehat. Jadi, buat para laki-laki, tetap perhatikan kondisi kesehatan puting dada kalian, ya. Jangan sampai abai gara-gara ngerasa putingnya gak mempunyai fungsi, eh malah kena risiko buruknya.

Nah, itu dia fungsi puting pada payudara laki-laki. Ternyata, ada kan fungsinya. Nah, gimana? Semoga informasi tersebut bisa membantu kamu mengenali tubuh kamu, terutama para laki-laki. Karena gak cuma perempuan, laki-laki pun harus kenal tubuhnya. Selamat berkenalan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES