Terlihat Biasa Saja, 10 Tumbuhan Ini Ternyata Beracun dan Mematikan!

12 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Coba amati kebun di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Berapa banyak sih tumbuhan yang kamu kenali dan tahu apa fungsinya? Jangan-jangan namanya pun kamu nggak tahu. Tumbuhan itu segala yang tumbuh di tanah dan bukan ditanam manusia. Kalau ditanam, namanya tanaman. Nah kalau tanaman mungkin kita lebih banyak mengenal ya, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang dimakan setiap hari.

Kalau tumbuhan, harus sedikit lebih hati-hati karena ada yang terlihat biasa saja tapi ternyata tumbuhan beracun bahkan bisa membunuh. Seperti misalnya sepuluh tumbuhan beracun di bawah ini:

1. Biji jarak

Pohon jarak biasa dimanfaatkan daun dan getahnya untuk pengobatan tradisional. Nah pohon ini juga memiliki buah berbentuk bulat berwarna hijau. Biji jarak ini kalau sampai dimakan atau termakan bisa menimbulkan sensasi terbakar pada mulut, leher dan perut yang kemudian menimbulkan dehidrasi yang bisa berujung pada kematian. Dua biji jarak saja sudah cukup membunuh satu orang. Ngeri ya.

2. Bunga oleander

Cantik tapi mematikan, barangkali sebutan yang cocok untuk bunga sekaligus tumbuhan beracun yang satu ini. Di Indonesia sering disebut Bunga Jepun dan sering ditanam untuk mempercantik hunian. Racunnya terletak di semua bagian bunga dan bisa menyebabkan muntah, diare, masalah di sistem saraf pusat dan serangan jantung. Untuk bertanam oleander pun kayaknya harus mikir seribu kali ya.

3. Singkong karet

Banyak tumbuh di pedesaan, singkong ini terlihat seperti yang lain, tapi rasanya lebih pahit dan mengandung racun sianida. Jenis singkong ini adalah Manihot glaziovii sedangkan yang biasa kita konsumsi adalah singkong manis atau Manihot utilisimaa. Salah satu cara untuk mendeteksi racun di dalamnya adalah dengan cara membiarkannya terpapar udara. Jika warnanya berubah kebiruan, artinya singkong itu mengandung sianida. Racun ini bisa berkurang kadarnya jika singkong direbus sampai matang, begitu juga dengan daunnya. Jangan dikira semua singkong aman dikonsumsi, karena bisa saja kamu menemukan yang dikategorikan sebagai tumbuhan beracun. Kamu harus tahu apa jenisnya sebelum memakannya dan pastikan masak sampai matang.

4. Daun bahagia

Namanya membahagiakan, tapi beracun. Daun bahagia atau Dieffenbachia ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Kamu juga sering melihatnya kan? Atau malah ada di rumah kamu nih? Meskipun namanya bahagia, getah pada daun dan batangnya ternyata mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada bibir dan lidah sampai kejang-kejang. Pada kasus-kasus tertentu, kejang dapat menimbulkan syok dan gangguan pernapasan hingga berujung kematian. Hewan peliharaan juga bisa jadi korban lho. Jadi jauhkan adik-adik dan hewan peliharaanmu dari daun bahagia ya.

5. Bunga kecubung

Bunga yang satu ini juga cantik, berbentuk seperti terompet yang menghadap jatuh ke bawah. Kecubung sering digunakan untuk pengobatan tradisional karena mengandung senyawa kimia yang dapat mengobati asma, reumatik, sakit pinggang, pegal linu hingga nyeri haid. Namun ternyata bijinya mengandung zat alkaloid yang dapat menimbulkan efek halusinasi dan jika termakan dapat menyebabkan mual, muntah, sesak napas, gelisah, kulit berubah kemerahan, pusing, mulut terasa kaku bahkan kematian. Ada juga orang yang sengaja memakan biji kecubung untuk bunuh diri.

6. Deadly Nightshade / Atropa Belladona

Dikenal juga sebagai Belladona, tumbuhan ini terlihat cantik dan buah berinya bahkan terasa manis. Namun demikian, tumbuhan beracun mengandung racun atropine dan scopolamine yang dapat membunuh anak kecil jika memakan dua buahnya dan orang dewasa untuk 10-20 buah berinya. Efek yang ditimbulkan saat keracunan Deadly Nightshade di antaranya sesak napas, sakit kepala, halusinasi, kehilangan keseimbangan dan kerja jantung terganggu.

7. Water Hemlock

Terlihat seperti bunga liar di rerumputan, tumbuhan ini memiliki bunga kecil berwarna putih atau hijau. Tumbuhan ini diklaim menjadi penyebab Socrates tewas. Di Amerika Utara, tumbuhan ini disebut juga daun peterseli beracun atau bubur setan. Seluruh bagiannya mengandung senyawa alkaloid coniine yang menjadi racun cicutoxin. Memakannya dapat mengakibatkan kram, muntah-muntah, gemetar, hingga gagal jantung.

8. Aconitum napellus atau Wolf’s Bane

Sejarahnya, tumbuhan ini digunakan untuk membunuh serigala. Makanya sering disebut Wolf’s Bane. Meski berbunga cantik dengan warna ungu, tumbuhan ini bisa membunuh manusia dewasa dalam waktu dua hingga enam jam saja setelah mengonsumsinya.

9. Doll’s Eye

Bentuknya mengerikan, seperti mata boneka yang ada di film-film horor. Titik hitam yang terpusat di tengahnya itu adalah konsentrasi racun terbanyak. Racun yang terdapat di dalamnya bisa mengakibatkan efek seperti penenang pada otot jantung. Yang memakannya bisa mengalami gagal jantung yang berujung pada kematian.

10. Pohon Upas

Dikenal juga sebagai pohon Ancar, tumbuhan ini ditakuti oleh orang-orang VOC dan kolonial lainnya karena digunakan sebagai alat pemberontakan di Nusantara. Orang-orang asli tanah air sudah mengetahui bahwa tumbuhan ini beracun. Ketika diujikan pada ayam dan anjing, hewan-hewan ini meninggal hanya dalam waktu dua hingga delapan menit saja oleh getahnya!

Padahal penampakan tumbuhannya biasa saja kan? Makanya kamu harus mulai belajar mengenali nama dan jenis tumbuhan setidaknya di sekitarmu. Biar nggak salah bertindak. Atau siapa tahu sedang menjelajah ke tempat baru dan terpaksa harus bertahan hidup dengan mengandalkan apa saja yang ada di sekitar, biar nggak keracunan dan mati sia-sia, pelajari dulu jenis tumbuhan beracun dan mematikan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES