Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Kematian

20 Juni 2017
|Venanda
0SHARES

Siapa yang tidak suka kentang goreng? Camilan yang sering kita jumpai sebagai makanan pendamping burger atau ayam goreng khas restoran cepat saji ini memang memiliki rasa yang enak. Kriuk dan gurihnya cemilan satu ini membuat kita tidak dapat berhenti saat memakan ini. Namun ternyata, di balik rasa lezatnya ini, makanan ini memiliki dampak buruk yang sangat menakutkan. 

Selain masalah kegemukan, ternyata kentang goreng juga dapat meningkatkan risiko kematian. Hal ini disimpulkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan selama delapan tahun apabila mengkonsumsi makanan ini lebih dari dua kali dalam seminggu. Penelitian ini melibatkan 4.400 orang yang berusia 45 sampai 79 tahun. Dan pada akhir penelitian, sebanyak 289 orang meninggal dunia.

Sebenarnya tidak hanya mengkonsumsi kentang goreng saja yang dapat meningkatkan risiko kematian. Namun, semua macam gorengan juga memiliki ancaman yang sama. Bahan makanan sesehat apapun, jika diolah dengan cara digoreng, kandungan nutrisinya akan rusak. Selain itu minyak yang digoreng juga tidak baik bagi kesehatan jantung dan organ lainnya.

Makanan ini dianggap tidak sehat karena mengandung banyak lemak jahat yang berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Selain itu kadar garam di dalamnya juga cukup tinggi, karena biasanya makanan ini diberi banyak garam dan bumbu agar terasa lebih nikmat. Kedua hal inilah yang membuat kentang goreng bisa meningkatkan risiko kematian yang lebih tinggi.

Sebenarnya mengkonsumsi kentang adalah hal yang baik karena banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, jika diolah dengan cara digoreng, kentang bisa menjadi bahan makanan yang dapat membahayakan tubuh karena kandungan lemak jahat, kolesterol, dan kadar garamnya yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan lemak dalam darah menjadi tidak sehat dan bisa meningkatkan tekanan darah. 

Oleh karena itu jika sedang ingin lebih sehat, sebaiknya membatasi konsumsi gorengan termasuk kentang goreng untuk camilan. Kamu bisa mengganti kentang goreng dengan camilan yang lebih sehat seperti, kentang rebus, kacang rebus, buah, atau singkong rebus.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES