Teknologi Melesat Secepat Kilat, 5 Pekerjaan Manusia Ini Kini Digantikan Oleh Robot. Bikin Was-Was!

01 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata

Dari hari ke hari, teknologi selalu mengalami kemajuan. Salah satu kemajuan di bidang teknologi yang mencuri perhatian dunia adalah robot atau artificial intelligence (AI). Dengan disisipkannya program tertentu, AI ini bisa melakukan kegiatan yang diinginkan oleh penciptanya. Tak jarang, AI dibuat untuk menggantikan manusia. Berikut ini adalah 5 pekerjaan yang telah diambil alih oleh robot.

1. Penulis Novel

Menulis novel bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan imajinasi agar tercipta cerita yang bisa mengikat hati pembacanya. Namun, siapa sangka, sebuah novel ternyata bisa ditulis oleh robot. Bahkan, karya para mesin itu hampir mendapatkan penghargaan. Novel pertama yang ditulis oleh AI berjudul True Love. Novel tersebut menjadi salah satu novel terlaris di negara asalnya, Rusia. Novel karya AI yang paling menyita perhatian dunia adalah The Day a Computer Writes a Novel. Novel itu berhasil masuk dalam kontes sastra.

2. Bayi

Sebenarnya bayi bukanlah sebuah profesi. Kehadiran bayi sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Bagi yang belum dianugerahi, mungkin bisa mengasuh The Kirobo Mini terlebih dahulu. The Kirobo Mini merupakan robot bayi hasil kreasi departemen nonotomotif Toyota. Robot berukuran mini ini didesain layaknya bayi. Robot ini dirancang khusus untuk memicu naluri keibuan. Kamera mini juga dipasang di bayi robotik ini untuk mengenali wajah seseorang yang sedang berkomunikasi dengannya sehingga si robot bisa merespon dengan baik.

3. Suporter Klub Baseball

Hanwha Eagles, tim baseball asal Korea, mulai ditinggalkan oleh suporternya karena mengalami kekalahan beruntun. Setiap pertandingan digelar, tim ini kesulitan untuk mendapatkan dukungan dari bangku penonton. Masalah tersebut akhirnya bisa teratasi dengan terciptanya supporter robot. Mesin-mesin tersebut diprogram untuk berteriak, menyanyikan chants, melalukan aksi gelombang, dan semua aksi yang biasa dilakukan oleh para supporter. Jika ada fans yang enggan datang langsung menonton pertandingan, ia dapat login dan menonton lewat robot ini melalui sambungan internet.

4. Koki

Robot direncanakan juga akan mengambil alih pekerjaan koki. Sebuah perusahaan bernama Moley berencana menciptakan sebuah robot yang bisa mengakses resep koki di seluruh dunia. Tak hanya itu, robot itu juga akan diprogram bisa memasak resep masakan apapun dan juga bisa membersihkan alat masak. Wah, kriteria istri idaman nih.

5. Kritikus Makanan

Yingluck Shinawatra, Mantan Perdana Menteri Thailand, merasa bosan dengan tiruan makanan Thailand yang tersebar di seluruh dunia. Untuk itu, dia memanggil seluruh kabinetnya agar memikirkan sebuah inovasi. Dalam rapat tersebut dihasilkan solusi yang unik, yaitu penciptaan robot kritikus makanan. Mesin tersebut dijuluki e-Delicious. E-Delicious dirancang memiliki 6 sensor cita rasa khas Thailand, manis, asam, pahit, asin, gurih, dan pedas. E-Delicious juga bisa menilai tampilan masakan. Sayangnya, biaya yang dikeluarkan sangatlah besar, melebihi sepertiga anggaran Badan Inovasi Nasional.

Wah, kita sebagai manusia perlu waspada nih, ternyata robot mulai mengambil alih beberapa pekerjaan. Pantas saja ya kalau sekarang banyak pengangguran. Apa-apa mesin yang mengerjakan. Padahal kita yang manusia saja kerap mengeluhkan pekerjaan yang membuat kita merasa layaknya robot. Hmm, jadi, otomatisasi dengan teknologi ini hal baik atau buruk nih?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES