Tangan Laki-laki Ini Membusuk Karena Bakteri Pemakan Daging, Ternyata Air Banjir Harvey Penyebabnya!

28 September 2017
|Romlah Sundari
1.1 KSHARES

Dibandingkan dengan hewan buas atau serangga beracun, bakteri tampaknya memang menjadi makhluk hidup pembunuh manusia yang lebih mematikan. Pasalnya, bakteri tidak terlihat dan dapat membunuh dengan cepat tanpa diduga-duga. Karena tidak terlihat itu pula, bakteri menjadi jauh lebih susah untuk dihindari daripada hewan buas dan serangga beracun hingga tahu-tahu bakteri telah menginfeksi tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan atau bahkan kematian. Lebih buruk lagi, bakteri dapat mengembangkan diri menjadi resisten terhadap obat-obatan sehingga akan menjadi lebih susah atau bahkan tidak dapat untuk disembuhkan.

Hal ini juga yang menimpa seorang pria dari Texas bernama J.R. Atkins. Awalnya, ia hanya memiliki luka kecil di tangannya akibat gigitan serangga. Luka yang tampak minor dan tidak berbahaya ini lantas dibiarkan saja oleh Atkins karena ia berpikir luka tersebut akan sembuh dengan cepat. Ia pun cuek saja melakukan aktivitasnya mengevakuasi tetangga-tetangganya dari banjir Harvey dengan menggunakan kano kecil. Tentu saja luka terbukanya terkena paparan air banjir. Meski tampak seperti luka kecil yang tidak butuh penanganan khusus, namun kenyataannya berkata lain. Luka Atkins sehari setelahnya justru membengkak besar dan terlihat kemerahan. Pembengkakan di tangan Atkins pun menyebar dengan cepat hingga ke lengannya.

Sebagai seorang petugas pemadam kebakaran yang paham mengenai kesehatan, laki-laki yang menjadi relawan badai Harvey ini segera mencari pertolongan ke rumah sakit. Beruntung Atkins dengan cepat menyadari gejala-gejala tersebut karena ternyata bakteri yang menginfeksi luka Atkins adalah bakteri Streptococcus A yang merupakan bakteri pemakan daging yang berbahaya. Bakteri ini dikenal sebagai bakteri pemakan daging karena dapat menyebabkan kondisi medis Necrotizing Fasciitis, yaitu kondisi di mana bagian yang terinfeksi akan mengalami pembusukan yang lantas menyebar secara cepat. Infeksi ini dapat menjadi sangat mematikan jika sampai menyebar hingga ke organ dalam yang vital, seperti paru-paru, jantung, dan otak.

Bakteri pemakan daging ini dapat menginfeksi tubuh melalui luka yang terbuka dan terpapar bakteri yang ada di air laut, air banjir, atau bahkan dari kontak dengan orang yang terinfeksi bakteri yang sama. Dalam kasus Atkins, ia kemungkinan terinfeksi bakteri pemakan daging ini dari air banjir Harvey yang memang jelas kotor dan dipenuhi oleh berbagai macam bakteri

Luka yang terinfeksi di tangan Atkins lantas segera ditindak oleh dokter melalui operasi untuk mengangkat jaringan yang telah membusuk. Atkins harus menjalani serangkaian operasi dan selama sepuluh hari ia harus mendekam di rumah sakit untuk menghentikan persebaran bakteri pemakan daging di tangannya karena bakteri tersebut telah membuat tangan, pergelangan tangan, dan lengan Atkins membusuk hanya dalam waktu singkat. Kondisi Atkins sangatlah beruntung karena jika bakteri tersebut dibiarkan sedikit saja lebih lama, maka kemungkinan dokter harus mengamputasi seluruh tangannya. Ia pun harus mengonsumsi antibiotik dalam dosis tinggi untuk menghindari persebaran bakteri lebih lanjut dalam tubuhnya.

Meski kasus Atkins terjadi di Texas, Amerika, namun bukan berarti kita yang di Indonesia ini bisa santai-santai saja. Karena nyatanya bakteri streptococcus A ada di mana-mana dan mungkin ada pula dalam air banjir yang kerap menggenangi Jakarta serta kota-kota di sekitarnya. Untuk itu, selalu pastikan luka terbuka kita steril dan kering sebisa mungkin. Jika luka terlihat membengkak hebat serta ditandai dengan warna kemerahan, segera periksakan luka tersebut ke dokter karena untuk menangani infeksi dari bakteri pemakan daging, antibiotik saja tidaklah cukup. Diperlukan operasi pengangkatan jaringan yang telah membusuk pula dan tanpa penanganan yang cepat, bisa saja kamu kehilangan sebagian tubuhmu atau bahkan nyawamu. Hiii, ngeri!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
1.1 KSHARES