Tanda-tanda Orang yang Sedang Berbohong Dilihat dari Bahasa Tubuhnya

23 Juli 2017
|Chandra W.

Setiap hari kita berinteraksi dengan banyak orang. Baik melalui teks, telepon, sampai bertatap muka secara langsung. Saat berkomunikasi tatap muka, kadang kita bertanya-tanya, apakah orang di depan kita ini jujur atau sebenarnya berbohong. Tapi nggak tahu juga cara menilainya bagaimana. Ternyata kita bisa melihat seseorang sedang berbohong atau tidak dari bahasa tubuhnya lho. Dari mata, tangan, hingga kaki. Seperti apa penjelasannya?

Ketika seseorang berbohong, ia akan merasa gelisah. Dan kegelisahan ini terlihat dari bahasa tubuh yang ditunjukannya. Beberapa pakar psikologis menyebutkan tanda-tanda orang yang berbohong sebagai berikut:

Mata

Psikolog mengasosiasikan pandangan ke kiri sebagai cara mengingat masa lalu terkait pertanyaan yang diberikan lawan bicara. Jadi kiri berarti masa lalu dan kanan lebih mengarah ke masa depan. Kalau orang yang kamu ajak bicara memandang ke kanan (masa depan) berarti dia sedang mengarang cerita, terutama kalau ke kanan atas. Sedangkan kalau ke kanan bawah itu ada hubungannya sama perasaan, bukan berbohong. Ingat ya, hanya lirikan ke kanan atas yang menandakan bahwa dia berbohong. Tetapi, kamu juga nggak bisa langsung menarik kesimpulan hanya atas dasar hal ini karena yang benar-benar bisa melihatnya adalah orang yang ahli dalam mikroekspresi.

Mimik muka

Kalau orang yang kamu ajak bicara sering menggigit bibir, berkedip lebih cepat dari biasanya, lubang hidung melebar, dan menarik napas dalam ketika menjawab, bisa jadi dia sedang berbohong.

Tangan dan kaki

Jika ia meremas tangannya dan kakinya sering bergerak-gerak, tandanya ia merasa nggak nyaman. Nggak nyaman ini bisa mengindikasikan bahwa apa yang dikatakannya adalah kebohongan. Tentu saja ini bukan satu-satunya parameter. Bisa saja dia gelisah karena mules, kebelet, atau buru-buru mau pergi.

Cara tersenyum

Senyum orang yang jujur itu lepas, ibaratnya seluruh wajah dan bahkan tubuhnya ikut tersenyum. Kalau dia menyeringai, itu patut dicurigai.

Cara bicara

Ritme bicara yang terlalu lambat atau terlalu cepat juga menandakan seseorang sedang menutupi sesuatu. Artinya ia sedang berkata tidak jujur.

Defensif

Cara ia menjawab seolah-olah membentengi dirinya dan merasa dipojokkan. Padahal pertanyaan yang kamu ajukan wajar-wajar saja. Itu berarti dia sedang menutupi sesuatu.

Tanda-tanda orang yang kamu ajak bicara sedang berbohong bisa satu sampai beberapa dari yang sudah disebutkan tadi. Tapi kembali lagi, nggak semuanya bisa dipastikan hanya karena tanda-tanda tersebut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES