Tak Percaya Bumi Bulat, Ini 5 Hal yang Dipercaya Pendukung Teori Bumi Datar!

10 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Perdebatan mengenai bentuk Bumi yang sesungguhnya sekarang semakin santer terdengar. Kepercayaan akan Bumi datar bahkan sering digunakan sebagai kalimat ejekan. Contoh: “Sensi banget sih lu. Penganut Bumi datar ya?” Bahaya juga kan lama-lama kalau begini. Mungkin pihak yang percaya bahwa Bumi bulat akan menertawakan pihak yang percaya selain itu, tapi coba deh kita lihat teori Bumi datar. Siapa tahu ada yang masuk akal.

1. Bumi berbentuk seperti cakram atau piringan, bukan bulat

Pinggirannya dikelilingi oleh dinding es yang kita sebut kutub. Kalau kamu menonton Game of Thrones, dinding es ini ibarat The Wall. Pertanyaannya kemudian, jika memang Bumi ini berbentuk seperti cakram atau piringan, berapa tebalnya? Lalu karena punya tepi, apakah benda-benda bisa jatuh dari pinggiran itu? Tapi pernyataan ini sebenarnya berawal dari perasaan bahwa tanah yang kita pijak ini datar ketika kita berjalan.

2. Bumi bulat adalah konspirasi NASA dan pemerintah

Foto-foto dari stasiun luar angkasa yang menunjukkan bentuk Bumi bulat dianggap hanya akal-akalan NASA dan pemerintah yang tujuannya untuk mencari keuntungan bagi segolongan orang, ya NASA dan pemerintah itu. Kata mereka, pemerintah nggak mau mengeluarkan uang banyak untuk benar-benar mempelajari alam semesta. Jadi, sebagai gantinya, pemerintah mengeluarkan uang untuk studi-studian (karena biayanya lebih murah) dan salah satu kebohongannya adalah Bumi bulat.

3. Horison Bumi terlihat datar dari ketinggian berapapun

Ada beberapa foto yang menunjukkan ini. Sampai ketinggian 33 km pun, horison Bumi terlihat datar. Padahal, semestinya kalau Bumi memang benar-benar bulat, akan terlihat lengkungan. Jadi, lagi-lagi, foto-foto NASA selama ini adalah kebohongan atau hoaks menurut mereka.

4. Matahari adalah ‘lampu antar dimensi’ dan ukurannya nggak sebesar yang kita percaya selama ini

Bagi penganut Bumi datar, Matahari hanya berdiameter 51 km dan berada pada ketinggian 4.800 km di atas permukaan Bumi. Masalahnya, pergantian siang dan malam serta perubahan musim jadi agak sulit dijelaskan dari sudut pandang ini. Menurut mereka, Matahari bergerak memutar searah jarum jam. Belum ada penjelasan bagaimana misalnya pada musim panas Matahari bisa menyinari Kutub Selatan (yang mereka sebut pinggiran Bumi) selama 24 jam, kecuali jika seluruh Bumi juga disinari selama 24 jam.

5. Nggak ada yang namanya gravitasi

Teori gravitasi memang nggak masuk akal ketika disandingkan dengan Bumi datar. Karena itu, para penganut Bumi datar pun mengajukan teori bahwa gravitasi itu nggak ada. Yang ada, Bumi secara konstan bergerak ke atas dengan kecepatan tertentu didorong oleh suatu gaya magnetik dari sebuah lubang hitam misterius. Kalau kamu lompat kan bakal balik lagi ke permukaan tanah tuh, itu bukan karena Bumi punya gaya tarik. Melainkan karena Bumi selalu bergerak ke atas.

Meski teori bumi datar ini terdengar janggal, tapi ada juga lho ilmuwan yang memercayainya dan berusaha membuktikannya. Tapi masalah percaya yang begini-beginian sih terserah masing-masing individu aja ya. Beberapa orang memang merasa bahwa penjelasan atau teori bumi datar ini masuk akal. Tapi beberapa lainnya juga menganggap bahwa penjelasan ini nggak masuk akal dan merupakan bentuk kegilaan para penggemar teori konspirasi lainnya. Gimana menurutmu? Benarkah bumi itu datar? Atau bulat seperti yang selama ini kita ketahui?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES