Suka Beli Baju Baru? Waspada, Zat-zat Berbahaya di Dalamnya Ini Mengintai Nyawamu!

www.finanzaspersonales.co

Tuntutan untuk tampil menarik setiap hari memaksa banyak orang untuk memiliki dan membeli bermacam-macam pakaian. Gengsi jika tak beli minimal satu dua baju baru per bulan atau per minggu malah. Apalagi saat ini banyak tersedia baju murah. Rok mulai dari dua puluh ribuan, kemeja mulai dari lima puluh ribuan, toko yang menjual all items Rp 35.000. Siapa yang tak tergoda? Tapi pernahkah kamu berpikir, dari bahan apa pakaian yang bisa dijual semurah itu dibuat? Dihimpun dari berbagai sumber, inilah zat-zat berbahaya yang terkandung dalam serat baju barumu.

1. Dimetilformamida dalam serat pakaian akrilik dikaitkan dengan kerusakan hati

www.weddingbee.com

Bukan cat akrilik, ya. Ada pakaian yang terbuat dari serat akrilik. Teksturnya seperti wol tetapi lebih tipis sehingga sering dijadikan pakaian rajut. Bahan ini sangat sensitif terhadap panas dan mudah melar. Serat akrilik terbuat dari dimetilformamida yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati pemakainya. Bahkan produsen atau buruh yang menjahit baju baru berserat akrilik saja harus memakai pelindung hanya untuk menyentuh bahannya.

2. Pewarna azo, menghasilkan warna cantik tapi menjadi penyebab kanker kandung kemih

www.phillymag.com

Warna cantik dan cerah seperti merah, kuning dan jingga serta warna pastel memang membuat pakaian lebih menarik. Pewarna tekstil berjasa besar dalam pembuatannya. Namun salah satu jenis pewarna pakaian sintetis yaitu pewarna azo yang sering digunakan, melepaskan senyawa amina (turunan ammonia) yang berpotensi menyebabkan kanker kandung kemih pada pekerja pabrik di Jerman yang sehari-hari bergelut dengan pewarna azo. Jadi mulai sekarang coba cari pakaian dengan pewarna alami ya. Misalnya pewarna dari daun suji, kulit manggis dan akar mengkudu.

3. Phthalates, menyebabkan gangguan pada kelenjar endokrin

www.glamour.com

Zat ini banyak ditemukan pada jas hujan plastik, bahan kulit sintetis dan bahan-bahan pakaian anti air lainnya. Penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat jantan menunjukkan bahwa phthalates mengganggu sistem reproduksinya. Meski demikian, dampak langsungnya bagi manusia belum ditemukan, termasuk apakah zat ini bersifat karsinogenik atau tidak.

4. Nanosilver, melawan bakteri penyebab bau tak sedap tapi bisa membunuh sel otak secara perlahan
in.bookmyshow.com

Barangkali kamu pernah mendengar bahwa partikel silver dapat membunuh kuman. Nanosilver sendiri digunakan dalam baju baru untuk melawan mikroba termasuk bakteri penyebab bau. Terlihat berguna dan menyelamatkan kita dari bau tak sedap, penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa partikel ini dapat meresap ke otak dan membunuh sel-sel di dalamnya dari waktu ke waktu.

5. Alkylphenol penyebab gangguan perkembangan seksual
thesnobjournal.wordpress.com

Senyawa ini memiliki kemiripan struktur dengan hormon estrogen alami sehingga dapat mengganggu perkembangan seksual pada beberapa organisme. Alkylphenol banyak digunakan dalam industri tekstil untuk pencucian dan pewarnaan baju baru. Selain berbahaya bagi manusia, limbahnya juga mengancam kehidupan organisme air.

popkey.co

Akumulasi zat-zat tersebut di atas yang terjadi melalui kontak kulit dengan pakaian dapat menyebabkan iritasi, alergi dan pada kasus yang lebih ekstrem: kanker. Lalu bagaimana sebaiknya memilih pakaian? Pilih yang terbuat dari serat alami seperti katun organik, rami, sutra, wol dan linen. Selain itu, pilih yang menggunakan pewarna alami. Mungkin masih tetap mengandung bahan kimia, tapi konsentrasinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan pakaian dari bahan-bahan sintetis dan pewarna buatan. Dan jangan lupa, cuci baju baru sebelum dipakai pertama kali, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
14 Tahun Pernikahan Winky Wiryawan dan Kenes Andari Justru Semakin Romantis - Keepodotme

14 Tahun Pernikahan Winky Wiryawan dan Kenes Andari Justru Semakin Romantis - Keepodotme

Stres Bikin Kita Gampang Sakit? Ternyata Anggapan Ini Ada Benarnya Lho, Ini Buktinya!

Stres Bikin Kita Gampang Sakit? Ternyata Anggapan Ini Ada Benarnya Lho, Ini Buktinya!

Stan Lee, Bapak Superhero Marvel, Meninggal Dunia - Keepodotme

Stan Lee, Bapak Superhero Marvel, Meninggal Dunia - Keepodotme

Berhubungan Dengan Nyawa, 5 Rahasia Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui, Biar Hati Ayem!

Berhubungan Dengan Nyawa, 5 Rahasia Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui, Biar Hati Ayem!

Begini Kebiasaan Makan Tiap Zodiak, Aneh! - Keepodotme

Begini Kebiasaan Makan Tiap Zodiak, Aneh! - Keepodotme

Heboh Cacing yang Ada di Sarden, Ini Lho 5 Fakta Sang Cacing Parasit!

Heboh Cacing yang Ada di Sarden, Ini Lho 5 Fakta Sang Cacing Parasit!

loading