Sudah Cukup Tidur, Tapi Masih Saja Mengantuk? Apa Ya Penyebabnya?

25 Oktober 2017
|Median
0SHARES

Mengantuk adalah suatu perasaan yang menyenangkan, tapi bisa juga mengesalkan. Ketika rasa kantuk muncul karena sebelumnya kurang tidur atau setelah seharian sibuk dengan berbagai aktivitas, tentu saja mengantuk adalah momen menyenangkan untuk mengantar tidur. Tapi, bagaimana jika kita selalu tidur cukup atau gak terlalu sibuk, namun tetap saja mengantuk? Ngeselin banget pastinya, apalagi mengantuk yang nggak pernah absen di saat sedang belajar atau bekerja. Wah, ngganggu aktivitas banget deh pokoknya.

Ngomong-ngomong, kamu sendiri masuk nggak nih ke jajaran orang yang hobi mengantuk, padahal tidur juga nggak pernah kurang dari 7—9 jam per hari? Kalau iya, berarti kamu mengidap hipersomnia, yakni penyakit yang membuat penderitanya selalu mengantuk. Terus apa ya penyebabnya? Jawabannya adalah kurangnya kualitas dari tidur yang kamu dapatkan. Walaupun durasi tidur sudah cukup, tetapi kalau tidak diimbangi dengan kualitas tidur yang baik, kita akan selalu mudah terserang kantuk. Mengutip dari Kompas.com, kondisi hipersomnia bisa disebabkan oleh berbagai penyakit tidur, seperti narkolepsi (yang ditandai dengan kantuk hebat di siang hari, serangan tidur atau fenomena “ketindihan”, kaki yang bergerak-gerak sendiri secara periodik ketika tidur, atau henti napas saat tidur (ditandai dengan dengkuran). Hal-hal tersebut membuat otak sering terbangun sehingga kualitas tidur akan menjadi kurang yang berujung pada seringnya kamu merasakan kantuk.

Selain disebabkan oleh berbagai penyakit tidur, selalu mengantuk juga disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti tidur hingga siang di saat liburan, pernah mengisap ganja, menyanding ponsel/smartphone saat tidur, kurang olahraga, kurang minum air, dan tidur dengan hewan peliharaan. Walaupun agak aneh, kurang sehatnya perasaan juga bisa menyebabkan mudah mengantuk, lho. Stres, cemas, galau, terlalu sedih, dan terlalu baper nggak cuma melelahkan perasaan, tetapi juga melelahkan pikiran dan mata. Wah, kalau gitu sepertinya kelamaan baper nggak bisa-bisa move on juga bisa menyebabkan jadi gampang mengantuk, nih.

Kenalan sama penyebabnya sih udah nih. Nah, sekarang tinggal ubah pola hidup, deh. Catet ya, kamu harus selalu menjaga kesehatan tidur, kesehatan fisik, dan kesehatan perasaan untuk produktivitas yang lebih baik.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES