Siap-siap, di Tahun 2018 Akan Ada Tiga Gerhana Matahari. Yuk, Cek Tanggalnya!

07 Januari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Fenomena alam berupa gerhana memang selalu memancing perhatian setiap orang. Apalagi gerhana matahari. Saking fenomenalnya, banyak mitos yang orang-orang zaman dahulu percaya dan bahkan diteruskan sampai keturunan selanjutnya, seperti Buta (raksasa) yang sedang menelan matahari, makanya kita nggak boleh memandang langsung, padahal ada penjelasan ilmiahnya. Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari tertutup sebagian atau seluruhnya.

Jika pada awal Januari diprediksikan terjadi Super Red Blue Moon dan bisa disaksikan di Indonesia, kamu yang menggemari peristiwa astronomi lainnya patut berbahagia tahun 2018 ini. Sebab, akan ada tiga gerhana matahari yang terjadi tahun ini. Pertama, pada 15 Februari 2018 tepat sehari setelah Valentine's Day akan ada gerhana sebagian. Matahari bisa hanya terlihat sinarnya separuh atau tidak penuh. Sayangnya, gerhana matahari parsial ini hanya dapat dilihat dari Argentina, Cile, dan Antartika.

Pertengahan 2018, tepatnya pada tanggal 13 Juli, juga akan terjadi lagi gerhana matahari sebagian. Sayangnya lagi, gerhana parsial ini tidak bisa dilihat dari Indonesia. Jika kamu sedang berada di Australia pada bulan-bulan tersebut, kamu bisa menyaksikannya. Selain di Australia, gerhana ini juga dapat disaksikan di Antartika. 

Terakhir pada Agustus 2018, kembali gerhana parsial mewarnai langit Bumi tepatnya di Kanada, Eropa Utara serta Asia Utara dan Asia Timur. Jika kamu benar-benar ingin melihatnya secara langsung, kamu dapat mengunjungi Rusia bagian utara di mana matahari akan terutup hingga 68%. 

Meskipun tidak dapat disaksikan secara langsung dari Indonesia, jangan sedih ya. Siapa tahu pas gerhana matahari, pas kamu sedang mendapatkan tugas atau dinas atau beasiswa ke luar negeri tepat di wilayah di mana gerhana bisa dilihat dengan mata telanjang. Tapi, jangan dilihat pakai mata telanjang juga sih. Kalau memang ternyata belum bisa, tidak apa-apa juga. Kita bisa tetap melihatnya dari televisi atau video yang sudah pasti akan tersebar di internet. Wah, jadi nggak sabar ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES