Siap-siap Banting Setir, 7 Profesi Ini Akan Digantikan oleh Robot dan Mesin

22 Juni 2017
|Olphi Disya

Bagi kamu yang lagi bingung dalam memilih karir dan jenis profesi apa yang akan kamu tekuni di masa depan, sebaiknya kamu pertimbangkan ketujuh profesi berikut ini. Pasalnya, zaman semakin maju dan penggunaan robot serta mesin menjadi hal yang udah lazim untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Untuk alasan kepraktisan, banyak perusahaan yang mempekerjakan robot atau layanan berbasis software yang membuat segalanya menjadi mudah dan murah. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang diramalkan akan diambil alih oleh robot di masa depan.

1. Sopir

Banyak perusahaan ternama, termasuk Google dan Delphi, yang telah menguji mobil tanpa sopir di jalanan selama bertahun-tahun. Harapannya sih karena kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia, mobil tanpa sopir justru akan meningkatkan efisiensi dan keamanan. Meskipun mungkin masih akan beroperasi secara massal dalam beberapa tahun ke depan, faktanya mobil tanpa sopir sudah ada yang beroperasi dan disambut baik orang banyak. Jadi, kalau pekerjaan sehari-harimu adalah seorang sopir, mungkin udah saatnya cari pekerjaan alternatif lain ya.

2. Tentara

Meskipun tentara manusia belum bisa digantikan oleh tentara robot, sepertinya kita akan segera menuju ke sana karena saat ini semakin banyak pesawat tak berawak dan mesin lainnya yang digunakan dalam misi pengintaian dan penyerangan. Salah satu contohnya adalah MAARS (Modular Advanced Armed Robotic System) yang dibuat oleh Foster-Miller yang telah menyediakan robot bersenjata di Irak. Seperti yang dilansir Wired, robot ini dilengkapi dengan monitor GPS; Hal ini dapat diprogram untuk membedakan antara zona api dan tidak ada api, untuk membuka pintu, dan bahkan untuk menyeret keluar korban perang yang tertimbun.

3. Aktor film

Baru-baru ini, Hollywood menyukai teknik CGI yang canggih dan memungkinkan aktor-aktor yang meninggal untuk ‘dihidupkan’ kembali (contoh yang paling menonjol adalah munculnya Peter Cushing sebagai Grand Moff Tarkin versi CGI dari di Rogue One: a Star Wars Story). Dalam film 2016 yang sama, Carrie Fisher juga tampil sebagai Putri Leia yang berusia 21 tahun dari film Star Wars 1977. Sebenarnya, CGI lebih sering digunakan pada film-film fantasi. Namun, bukan nggak mungkin bahwa apa yang akan kita tonton di masa depan itu sebenarnya bukan lagi aktor asli yang memainkannya, melainkan para robot.

4. Paralegal

Zaman dulu, tuntutan hukum yang besar mengharuskan paralegal untuk memilah-milah dokumen, menemukan undang-undang dasar, dan menggali melalui kode legal untuk menemukan dengan tepat apa yang dicari oleh pengacara. Tapi, sekarang semua hukum kasus diarsipkan dan tersedia dengan menekan tombol dan klik. Bahkan, untuk kasus yang sangat besar, para ilmuwan telah menciptakan software yang berfungsi menganalisis jutaan dokumen dalam waktu yang singkat dan biaya yang jauh lebih rendah daripada harus membayar para ahli untuk bekerja selama berbulan-bulan. Lebih praktis dan efisien nih!

5. Akuntan

Kalau kamu diberikan pilihan antara membayar sedikit untuk pengajuan pajakmu sendiri atau menghabiskan banyak uang untuk menggunakan jasa akuntan, mana yang akan kamu pilih? Sekarang udah banyak banget jasa dan juga software yang menawarkan jasa akuntan dengan segala macam kemudahan, seperti program TurboTax dan Freshbooks. Tapi, bukan berarti bahwa seorang akuntan yang berkualitas sudah nggak bisa diandalkan lagi. Namun, faktanya akan lebih banyak orang yang memilih untuk melakukan sendiri dengan bantuan software.

6. Jurnalis/ penulis

Menulis itu sulit. Tapi, kalau menulis laporan? Mesin dapat dirancang untuk membaca data, mencocokkan gambar atau video, serta menganalisis hampir semua jenis bahan penelitian dan membuat tulisan yang sangat mudah dibaca. Sistem text-to-speech (seperti yang ada di Google Translate) berkembang begitu cepat dan terdengar begitu nyata. Gimana kalau reporter dan penulis kreatif? Sama halnya dengan penulis laporan, pekerjaan ini juga nantinya akan digantikan oleh robot seperti yang ditawarkan oleh Narrative Science, sebuah produk generator tulisan.

7. Petani/ peternak

Petani digantikan oleh robot artifisial yang bisa melakukan segala hal, mulai dari memerah susu sapi sampai memanen hasil tani. Peternakan susu milik sebuah keluarga di Jerman adalah salah satu yang pertama memasang robot dengan voluntary system yang memungkinkan sapi berjalan ke mesin pada waktu ketika mereka ingin diperah, seperti yang dilansir modernfarmer.com . Lebih dari 1 juta petani di Amerika Serikat bisa melihat pekerjaan mereka digantikan oleh mesin cerdas yang melakukan segala hal, mulai dari menanam hingga memetik apel.

Mana nih di antara profesi tersebut yang sedang atau akan kamu tekuni nantinya? Kalau bisa, kerjakan aja sekarang sebelum pekerjaan impian kamu tersebut diambil alih oleh robot. Nah, mungkin saja kamu bisa bekerja sebagai teknisi (engineer) yang menciptakan robot-robot tersebut. Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES