Sering Terngiang Lagu Tertentu dalam Kepala? Ternyata Ini Lho Penyebabnya. Otak Kita Unik!

14 Maret 2018
|Lulu Lukyani
777SHARES

Mendengarkan musik bagi banyak orang menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Kita bisa mendengarkan musik dalam situasi apapun. Sedih, galau, bosan, senang, situasi apapun dan kegiatan apapun selalu pas buat ditemenin sama musik. Nah, karena seringnya dengerin musik, terkadang ada lagu-lagu yang tertinggal di kepala kita dan jadi terngiang-ngiang terus.

Pasti kalian pernah dong mengalami hal ini? Lagi diem atau lagi ngelakuin sesuatu, eh tiba-tiba terngiang sebuah lagu. Kira-kira penyebabnya apa ya? Emang iya sebabnya itu karena lagunya terlalu sering didengerin? Tenang, Yukepo sudah mencari tau penyebab dari fenomena lagu yang sering terngiang di kepala. Penasaran? Yuk, simak!

Fenomena lagu yang seolah-olah terjebak di kepala dan terus terngiang ini disebut dengan earworm. Earworm bisa berlangsung selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu lho. Oliver Sack, seorang ahli saraf, dalam bukunya Musicophilia mengungkapkan bahwa fenomena earworm menandakan sensitivitas otak kita yang luar biasa terhadap musik. Earworm juga menunjukkan adanya bagian otak yang tidak dapat kita kontrol.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Psychology of Music menyebutkan bahwa earworm dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama adalah paparan berulang. Musik yang kita sering dengarkan secara berulang-ulang seringkali menimbulkan earworm. Proses mengingat sangat dipengaruhi oleh pengulangan. Jadi sangat mungkin jika telinga kita terus-menerus mendengarkan lagu yang sama kita akan mengalami earworm. Meskipun lagu tersebut bukan lagu yang kita sukai.

Kedua, earworm juga bisa muncul karena adanya ingatan akan suatu peristiwa. Misalnya, kembali ke tempat yang menjadi lokasi kita mendengarkan sebuah lagu untuk pertama kalinya, bisa menghadirkan ingatan yang jelas akan lagu tersebut.

Ketiga, suasana hati juga bisa menimbulkan earworm lho. Misalnya, ketika hujan turun, sendirian, suasana berubah jadi sendu, lagu-lagu mellow yang pernah menemani masa-masa kita patah hati dan galau gundah gulana tiba-tiba langsung terngiang dan terjebak di dalam kepala kita.

Earworm ini tidak bisa dikontrol. Kita tidak bisa memaksa otak kita untuk berhenti memutar lagu yang terjebak di kepala karena earworm berada di bagian otak yang tidak bisa dikontrol. Kalau kamu mulai bosan dan frustasi dengan lagu yang terngiang di kepalamu, ada cara untuk menghilangkannya. Caranya, menurut orang yang pernah melakukannya dan berhasil, adalah dengan menyanyikan lagu tersebut sampai selesai. Tetapi kalau cara tersebut tidak berhasil, ya sudah biarkan saja lagu tersebut terngiang di kepalamu sampai hilang dengan sendirinya.

Jadi itulah hal-hal yang menyebabkan fenomena earworm di mana ada lagu yang terus terngiang dalam kepala. Udah gak penasaran lagi dong kenapa tiba-tiba kita selalu ingin menyanyikan lagu tertentu. Nah, kalau sekarang lagu apa nih yang lagi sering terngiang di kepalamu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
777SHARES