Semakin Ingin Melupakan, Semakin Sering Diingat? Inilah Cara Terbaik dalam Melupakan Masa Lalu

wittyandpretty.com

Sengaja melupakan memang bukan hal yang mudah bagi setiap orang. Apalagi kalau hal yang ingin dilupakan adalah hal yang paling membekas di memori, seperti pengalaman bahagia atau traumatik. Ada yang bisa tak mengingatnya dalam sekejap, tapi nggak sedikit juga yang harus menjalani waktu sekian lama hanya untuk menggugurkan ingatan terhadap pengalaman masa lalu. Kesulitan dalam melepas ingatan masa lalu memang ternyata adalah fenomena psikologis alami manusia. Hal ini bisa disebabkan oleh cara kita dalam melupakan yang bukannya memudahkan kita dalam mengurangi ingatan, tapi justru semakin lekat dalam memori. Lalu, bagaimana cara terbaik agar masa lalu tak lagi kita ingat-ingat?

tenor.com

Adalah thought suppression, sebuah fenomena psikologis yang membuat kita susah lupa. Jika kita sering berusaha sengaja melupakan. Misalnya, kamu berusaha melupakan mantan pacarmu dengan cara terus memikirkan bagaimana cara melupakannya. Sosok sang mantan pun selalu menghantui pikiranmu, karena apa yang ada di dalam pikiranmu saat itu adalah “aku harus melupakan dia… aku harus melupakan dia…” atau “jangan ingat-ingat dia… jangan ingat-ingat dia…” dan sebagainya. Semakin kamu berusaha dan ingin melupakannya maka semakin semakin lekatlah ia di ingatanmu. Pikiran memang penuh misteri dan prosesnya ajaib. Hal yang sama juga berlaku pada pengalaman traumatik, misalnya ketika kamu ingin melupakan pengalaman pahit disakiti orang lain.

www.tumblr.com

The only way to forget is just don’t try to forget. Ada beberapa cara terbaik yang dianjurkan berdasarkan penelitian (seperti pada penelitian Wegner tahun 1987 dan Specher tahun 1998). Pertama, hadirkan distraksi untuk menggantikan ingatanmu dengan hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan. Misalnya dengan melakukan hobi, mempelajari sesuatu yang baru, atau melakukan kesibukan. Kondisikan pikiranmu untuk sibuk memikirkan hal lain. Kedua, mungkin terdengar klise tapi ternyata memang terbukti memudahkan: hindari stress dan situasi yang memicu ingatan. Ketika stress, kamu akan lebih rentan mengingat hal-hal yang selama ini berusaha kamu lupakan. Sebisa mungkin hindari hal-hal atau kondisi yang memicu ingatanmu akan hal yang ingin kamu lupakan.

www.tumblr.com

Ketiga, jangan terburu-buru untuk mengubur semua hal yang ingin kamu lupakan. Lakukan dengan perlahan dan untuk sementara waktu. Ketika kamu berusaha untuk block semua kontak dan akun sosial mantan pacar untuk selamanya, justru pikiran untuk mengingatnya akan terus tumbuh. Jauhkan dirimu dari paparan hal yang nggak ingin lagi kamu ingat tersebut sementara waktu. Jika kamu merasa udah benar-benar move on, kamu bisa pastikan kalau mengingatnya nggak akan menyakitimu lagi. Keempat, kamu harus berkomitmen untuk nggak memaksakan diri agar mampu melupakan. Arahkan pikiranmu untuk bisa mengatur diri dan pikiranmu agar lebih baik lagi. Semakin sering kamu berlatih untuk rileksasi pikiran, maka akan semakin berhasil melupakannya. Kuncinya adalah jangan memaksakan bahwa kamu harus melupakannya sekarang juga.

Keempat cara di atas mungkin bisa berlaku di dirimu, tapi mungkin juga nggak. Namun dari semua cara tersebut, kamu bisa belajar bahwa memang cara terbaik dalam melupakan adalah nggak berusaha melupakan. Good luck!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Apa Sebenarnya Black Hole Itu? Ini Dia Jawabannya

Apa Sebenarnya Black Hole Itu? Ini Dia Jawabannya

Kamu Sering Lupa? 7 Makanan Ini Harus Kamu Masukkan Dalam Menu Makanmu!

Kamu Sering Lupa? 7 Makanan Ini Harus Kamu Masukkan Dalam Menu Makanmu!

Saat Ujung Pelangi Ditemukan, Akankah Ada Tong Berisi Emas atau Bidadari?

Saat Ujung Pelangi Ditemukan, Akankah Ada Tong Berisi Emas atau Bidadari?

Inilah Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Berdiri Terlalu Lama

Inilah Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Berdiri Terlalu Lama

Tomat dan Timun Termasuk Buah atau Sayur ya?

Tomat dan Timun Termasuk Buah atau Sayur ya?

Planet Baru Ditemukan, Panasnya Disebut-sebut Bagai Neraka

Planet Baru Ditemukan, Panasnya Disebut-sebut Bagai Neraka

loading