Selena Gomez Transplantasi Ginjal Karena Sakit Lupus, Penyakit Apa Sih Itu?

18 September 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Minggu lalu penyanyi terkenal Selena Gomez mengunggah foto di akun Instagramnya yang memperlihatkan dirinya terbaring di ranjang rumah sakit bersama dengan sahabatnya, Francis Raisa. Dalam caption foto tersebut, Selena menceritakan kondisi kesehatannya. Operasi transplantasi ginjal yang dilaluinya berhasil dan ia pun berterima kasih pada kebaikan hati sahabatnya yang telah mau mendonorkan ginjalnya agar ia dapat menyambung hidup. 

Ternyata, selebritis dengan jumlah follower terbanyak di Instagram ini menderita penyakit lupus yang cukup membahayakan nyawa. Penyakit ini tidak hanya mengharuskan Selena untuk menjalani operasi transplantasi ginjal, namun juga membuat Selena harus berhenti dari rangkaian tur promosi album barunya. Terdengar begitu parah, sebenarnya apa sih penyakit lupus itu? Mengapa Selena yang tampak baik-baik saja, namun lantas harus menjalani operasi transplantasi ginjal? Apakah lupus memang berbahaya bagi ginjal?

Penyakit lupus yang diderita oleh Selena merupakan penyakit yang membuat sistem imunitas tubuh justru berbalik menyerang komponen antibodi dalam tubuh meskipun komponen tersebut masih sehat dan justru membantu tubuh menjaga kesehatan. Sistem daya tahan tubuh ini justru menyerang jaringan tubuh dan organ tubuh yang masih sehat sehingga penyakit ini disebut juga dengan penyakit autoimmune. Biasanya, pada penderita penyakit lupus, organ tubuh yang diserang adalah kulit, persendian, ginjal, dan otak. Hingga saat ini, penyebab lupus belum diketahui, namun diduga Lupus disebabkan oleh kombinasi antara susunan genetik dan lingkungan sekitar.

Menurut John Hopkins Lupus Center, 50% penderita lupus mengalami permasalahan dengan ginjalnya. Terdapat pula salah satu jenis penyakit lupus yang secara spesifik menyerang ginjal dan membuat organ penting pada sistem pembuangan tubuh tersebut mengalami peradangan, yaitu lupus nephritis. Penyakit lupus ini menyerang pembuluh kapiler di ginjal yang bernama glomerulus sehingga ginjal akan mengalami kesulitan dalam melakukan tugasnya menyaring darah dalam tubuh.

Dengan kondisi seperti itu, para penderita lupus nephritis lama kelamaan akan mengalami kegagalan ginjal sehingga mereka harus menjalani prosedur transplantasi ginjal. Untungnya, pada kebanyakan kasus, setelah ginjal berhasil diganti, penyakit lupus jarang akan menggerogoti ginjal yang baru ini. Meski belum diketahui apakah penyakit lupus yang diderita Selena Gomez adalah lupus nephritis atau bukan, namun setidaknya prosedur transplantasi ginjal ini dapat memperpanjang umur Selena dan membuatnya dapat berkarya kembali. Hmm, semoga penyakit lupus Selena tidak kambuh lagi, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES