Selalu Merasa Kelelahan? Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya!

17 Juli 2017
|Romlah Sundari
Sains
0SHARES

Merasa lelah merupakan sesuatu yang sangat wajar, kelelahan merupakan pertanda bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat. Dan hal ini sungguh wajar mengingat kita bukanlah superman atau wonder woman yang punya sumber energi tak terbatas. Ultraman saja dadanya berkedip-kedip dan butuh di-charge setelah kelelahan menghadapi monster penghancur, apalagi kita yang manusia biasa.

Istirahat dapat kita lakukan dengan tidur atau sekadar menghentikan aktivitas. Akan tetapi jika rasa lelah datang secara berkepanjangan bahkan setelah kamu mendapatkan istirahat yang cukup, itu berarti bahwa kelelahanmu merupakan pertanda dari hal-hal lain seperti menu makanmu yang tidak sehat atau dehidrasi. Kamu selalu merasa lelah? Cek 7 penyebab kelelahan ini, ya!

1. Menu makan yang tidak mencukupi kebutuhan energi harian

Makanan adalah bahan bakar yang akan dikonversi menjadi energi yang kita butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, makanan memegang peranan penting dalam hidup kita. Dan menu makan, menjadi sesuatu yang harus diperhatikan.

Karbohidrat, lemak, dan protein adalah tiga hal yang harus ada dalam menu makan kita agar kita memiliki energi untuk menjalani hari. Jika kamu merasa lelah terus-terusan, coba cek kembali apakah menu makanmu sudah memiliki ketiga zat penghasil energi tersebut dalam jumlah yang cukup.

2. Terlalu pesimis dalam memandang segalanya

Ya, bukan hanya kondisi biologis, kelelahan juga dapat muncul karena kita terlalu memandang pesimis segala sesuatu. Pandangan yang pesimis akan menurunkan semangat kita dalam melakukan apapun, dan tanpa semangat, kita akan cepat merasa bosan serta lelah. Jika kamu merasa pesimis yang berlebihan, bisa jadi itu penyebab di balik rasa lelahmu. Cobalah berlatih untuk menemukan sesuatu yang positif dalam berbagai hal. Perlahan, kamu akan dapat mengubah cara pandangmu menjadi lebih optimis.

3. Kurang berolahraga

Jika kamu mengira berolahraga justru akan membuatmu lelah, kamu tidak sepenuhnya benar. Olahraga yang teratur, alih-alih membuatmu lelah, justru akan membuatmu lebih berenergi dan termotivasi. Memang benar bahwa olahraga membutuhkan banyak energi dan kehabisan energi akan terasa melelahkan. Namun berolahraga secara teratur justru akan memberimu energi lebih karena tubuh melepaskan adrenaline dan dopamine.

4. Konsumsi gula yang terlalu banyak

Rasa lelahmu juga mungkin saja timbul karena kamu mengalami apa yang disebut dengan sugar crash. Yaitu saat kamu mengkonsumsi terlalu banyak gula hingga level dopamine dan energimu meningkat drastis, namun karena gula merupakan bentuk energi yang sangat cepat terbakar habis, maka energimu juga mengalami penurunan secara drastis dan membuatmu merasa lelah. Untuk mengatasi hal ini, batasi konsumsi gula harianmu. Dengan begitu, energimu akan jadi lebih stabil.

5. Dehidrasi

Bukan hanya kekurangan tidur dan sumber energi yang dapat membuatmu merasa lelah. Ternyata, kekurangan cairan dalam tubuh juga akan membuatmu merasa lelah, lho! Tubuh yang kekurangan cairan akan cepat merasa lelah dan mengalami penurunan konsentrasi. Karena itu, pastikan bahwa kebutuhan cairanmu terpenuhi dengan meminum air dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

6. Kualitas tidur yang kurang baik

Manusia membutuhkan tidur dari tujuh hingga sembilan jam, namun bukan hanya kuantitas tidur yang perlu diperhatikan, kualitas tidur pun juga perlu diperhatikan. Karena meski sudah tidur panjang, jika kualitas tidur buruk, maka tubuh tetap akan merasa lelah. Karena jika kita tidak tidur dengan nyenyak dan masuk ke dalam fase tidur REM, maka proses perbaikan otot dan otak akan terhambat dan tubuh tetap merasa lelah. 

7. Kekurangan zat besi

Kelelahan adalah salah satu pertanda utama bahwa tubuh kekurangan zat besi. Mineral yang dapat ditemukan dalam bayam dan daging merah ini adalah agen yang membantu menyalurkan oksigen dalam sel darah merah. Karena itu, jika kadar mineral ini menipis dan oksigen tidak tersalurkan dengan lancar dalam tubuh, maka kita akan merasa kelelahan dan menderita anemia. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Setelah mengetahui ketujuh alasan sering kelelahan di atas, coba kini perhatikan lagi tubuhmu dan pola hidupmu. Siapa tahu, salah satu dari alasan di atas adalah penyebab kenapa kamu merasa lelah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES