Selain Penting dalam Proses Reproduksi, Inilah 7 Manfaat Sperma Lainnya!

16 Agustus 2017
|Romlah Sundari
158SHARES

Pernah dengar mitos bahwa sperma bagus untuk menghaluskan kulit wajah? Atau sangat bergizi dan menyehatkan tubuh? Cairan hasil ejakulasi pria yang satu ini memang sering mendapat reputasi yang baik mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dan oleh karena itu, muncullah argumen-argumen yang mengatakan bahwa sperma itu sehat maka sebaiknya jauhkan tisu dan mulailah mengonsumsi sperma. Bahkan seorang youtuber terkenal bernama Tracy Kiss, menyatakan bahwa facial menggunakan sperma telah berhasil membuat kulitnya menjadi bersih dan bercahaya. Namun, benarkah?

Benar adanya bahwa sperma mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, mulai dari zinc, kalsium, protein, chloric acid, hingga vitamin B12 dan magnesium. Dengan adanya zat-zat bernutrisi tersebut, maka sperma, jika dikonsumsi, memang dapat memberi manfaat bagi tubuh. Lalu apa sajakah manfaat yang bisa didapat dari sperma? Berikut Yukepo berhasil temukan manfaat selain dalam proses pembuahan.

1. Antidepresan

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 293 perempuan berhasil menemukan bahwa perempuan yang aktif secara seksual tanpa menggunakan kondom memiliki tingkat kerentanan terhadap depresi yang rendah. Hal ini kemungkinan disebabkan karena benda cair ini mengandung hormon seperti endorphin, serotonin, oxytocin, progesterone, dan prolactin yang memang dapat mencegah terjadinya depresi.

2. Mencegah preeclampsia

Preeclampsia adalah kondisi medis dimana pada sekitar minggu ke 20 kehamilan, tekanan darah sang ibu meningkat drastis sehingga dapat berakibat fatal bagi keselamatan nyawa baik ibu maupun bayinya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Leiden, Belanda, menemukan bahwa konsumsi sperma dapat mencegah terjadinya preeclampsia pada ibu hamil. Namun sperma yang dikonsumsi dari ayah bayi tersebut, ya.

3. Menguatkan gigi

Sperma mengandung banyak nutrisi di dalamnya, termasuk zat yang dapat mencegah pengeroposan gigi yaitu zinc dan kalsium. Sehingga bisa menguatkan gigi dan mencegah pengeroposan. 

4. Membantu tidur agar lebih nyenyak

Meski berhubungan seks memang layaknya berolahrag dan membantu kita untuk tidur lebih nyenyak, namun ternyata sperma juga memiliki fungsi yang sama bagi tubuh dan dapat menghindarkan kita dari insomnia. Hal ini disebabkan karena kandungan melatonin yang merupakan hormon yang membantu kita untuk mengantuk dan tidur.

5. Mencegah penuaan

Meski kabar bahwa sperma dapat menghaluskan kulit merupakan mitos belaka, namun cairan ini memang mengandung agen-agen anti penuaan. Lagi-lagi, karena kandungan zinc yang memang baik untuk menunda penuaan. Zinc membantu dalam proses pembuatan protein dalam tubuh.

6. Mencegah kanker payudara dan kanker rahim

Meski terdengar sangat aneh, namun sperma benar-benar dapat mencegah kanker payudara. Sebuah penelitian yang dilakukan sepanjang 10 tahun telah membuktikannya. Dalam penelitian ini, sejumlah perempuan yang memiliki risiko genetik tinggi untuk terkena kanker rahim dan kanker payudara, diberikan 5-6 mililiter sperma setiap minggunya selama 10 tahun. Dan terbukti bahwa hanya tiga persen dari total perempuan tersebut yang terkena kanker di kemudian hari. Menurut penelitian tersebut, sperma dapat menurunkan risiko kanker hingga 58 persen.

7. Mengandung agen anti peradangan

Sperma mengandung berbagai agen anti peradangan yang dapat membantu tubuh meredakan luka, bengkak, atau peradangan lainnya. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan apakah agen anti-peradangan ini memiliki pengaruh yang signifikan bagi tubuh.

Hmmm, meskipun terdengar aneh dan menjijikan, namun ternyata sperma memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tapi bukan berarti bahwa kita harus menelannya. Jika memang merasa jijik, sebaiknya kita tidak perlu mengonsumsi sperma hanya demi mendapatkan manfaat di atas. Toh, manfaat tersebut masih bisa kita dpaatkan melalui berbagai cara lain seperti mengonsumsi suplemen dan multivitamin.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
158SHARES