Sekarang Kamu Bisa Bayar Belanja Pakai Pembuluh Darah, Lho!

02 Oktober 2017
|Pandu Rijal Pasa

Sadar nggak sih kalau kalau zaman terus maju dan semakin ke sini orang-orang semakin mengurangi transaksi secara tunai? Transaksi non-tunai atau cash-less saat ini lebih disukai oleh kebanyakan orang karena kita bisa melakukan transaksi di mana pun dan tanpa perlu repot membawa uang ke mana-mana. Selain itu, teknologi serta infrastruktur yang mendukung pembayaran non-tunai pun semakin marak dikembangkan. Baru-baru ini, ternyata sudah dikembangkan teknologi yang mampu menerima pembayaran melalui pembuluh darah, lho. Kebayang nggak sih?

 

Ya, sistem pembayaran yang menggunakan pembuluh darah memang benar-benar sudah ada. Cara kerjanya mirip dengan sensor sidik jari yang mungkin biasa kamu gunakan untuk presensi kerja ataupun membuka smartphone. Jika sensor sidik jari ini membaca pola unik yang ada di sidik jari, maka sensor pembuluh darah juga bekerja dengan cara yang sama, yaitu dengan membaca pola pembuluh darah yang ada di tubuh setiap orang. Pola pembuluh darah yang dimiliki setiap orang itu unik sehingga benar-benar tidak ada cara untuk menipunya.

Perusahaan Fingopay merealisasikan sistem pembayaran yang menggunakan pembuluh darah ini dan mengujicobanya di toko grosir yang ada di Inggris. Meskipun cara kerjanya mirip dengan sensor sidik jari, namun terdapat perbedaan di mana selain membaca pola pembuluh darah, sensor ini juga akan memastikan apakah ada darah yang mengalir di pembuluh darah tersebut atau tidak. Dengan demikian, hal ini akan meminimalisir pemalsuan sidik jari ataupun kasus kejahatan yang terkait dengannya karena Fingopay hanya membaca pola pembuluh darah dengan darah yang terpompa di dalamnya. Unik, kan?

 

 

Proses yang diterapkan oleh Fingopay tetap mensyaratkan calon pengguna untuk membawa kartu pembayaran pada kunjungan pertama. Pada kunjungan ini, calon pengguna bisa membuat profil identitas di sistem Fingopay di mana data pribadi serta pola pembuluh darah akan dicatat oleh sistem. Jika sudah terdaftar dengan sukses, pada kunjungan berikutnya, pengguna bisa mulai belanja dengan menggunakan pembuluh darah di mana pengguna cukup menaruh jari di sensor yang ada di kasir, tunggu sebentar sampai jarinya terverifikasi dan selesai. Jauh lebih cepat daripada melakukan pembayaran tunai.

Selain karena tingkat keamanannya yang tinggi, kecepatan transaksi juga menjadi daya tarik tersendiri untuk menggunakan transaksi non-tunai dengan pembuluh darah. Tapi, memang hal ini masih di uji coba serta diterapkan di luar negeri. Jika memang semuanya berjalan lancar, dengan tingkat konsumsi manusianya yang tinggi, mungkin Indonesia tinggal menunggu waktu saja untuk kedatangan teknologi menarik yang satu ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
SHARES