Sedih, Anak Perempuan Ini Jantungnya Melesak Keluar Setiap Tertawa. Penyakit Langka Ini Penyebabnya!

inspirationtap.com

Tertawa merupakan salah satu aktivitas yang membahagiakan dalam hidup. Terkadang, kesedihan dapat mendadak sirna saat orang di sekitar kita berhasil membuat kita tertawa. Bahkan, melihat orang lain tertawa saja dapat menularkan kebahagiaan dan tawa juga kepada kita. Namun, apa jadinya jika aktivitas yang mendasar dan membahagiakan dalam kehidupan manusia ini justru menyakiti dan mengancam nyawa kita?

youtu.be

Hal ini yang terjadi pada Virsaviya Borun, seorang gadis kecil berumur tujuh tahun yang memiliki kelainan pada jantungnya. Bukan karena jantungnya tidak dapat berdetak dan berfungsi secara sempurna, melainkan karena jantungnya terletak di tempat yang tidak semestinya, yaitu di antara kedua tulang rusuknya. Dengan kondisi seperti ini, maka setiap kali Virsaviya tertawa, jantungnya akan melesak keluar dari celah di antara kedua tulang rusuknya tersebut. Kita dapat melihat bahwa jantung Virsaviya mengembang dan mengempis di luar rangka tubuhnya dan hanya dibatasi oleh lapisan tipis kulitnya. Bentuk jantung Virsaviya tercetak jelas di balik kulitnya yang tipis dan setiap mengembang karena tertawa atau batuk, jantung Virsaviya akan tampak timbul dan "keluar" dari tubuhnya.

www.dailymail.co.uk

Kondisi Virsaviya ini dalam dunia medis dinamakan dengan Pentalogy of Cantrell, yakni kondisi di mana bayi mengalami kelainan sejak lahir pada area jantung, tulang rusuk, diafragma, sternum, dan dinding perut. Kelainan ini dapat berupa macam-macam seperti lubang di jantung atau kelainan letak jantung yang semestinya berada di rongga kiri dada menjadi di rongga kanan dada. Namun, bentuk kelainan yang paling parah dan mematikan adalah Ectopia Cordis, seperti yang dialami oleh Virsaviya, yaitu jantung yang berdetak di luar rongga dadanya. Hal ini jadi mematikan karena jantungnya tidak memiliki perlindungan apa pun selain lapisan kulitnya yang tipis sehingga hal sederhana seperti jatuh terjerembab atau berlari saja dapat membuat penderitanya kehilangan nyawa.

www.ntv.com.tr

Kelainan ini diduga terbentuk karena perkembangan embrio janin yang tidak normal saat masih berada di dalam kandungan dan mayoritas bayi yang terlahir dengan kondisi ini tidak akan bertahan lama. Virsaviya dan kemampuannya untuk bertahan hidup hingga di usianya yang kini tujuh tahun merupakan hal yang luar biasa bagi seorang penderita Ectopia Cordis. Untungnya, meski mematikan, kondisi Pentalogy od Cantrell ini sangat langka dan hanya terjadi pada lima dari satu juta orang.

metro.co.uk

Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh dokter untuk menangani kasus Virsaviya ini. Operasi tidak dapat dilakukan karena Virsaviya memiliki tekanan darah yang terlalu tinggi sehingga operasi justru akan membahayakan nyawa Virsaviya sendiri. Kini, Virsaviya harus belajar untuk hidup dengan jantung yang berdetak di luar rongga dadanya. Meski begitu, ia layaknya anak tujuh tahun pada umumnya, masih bermain dan menari dengan ceria walaupun bagi Virsaviya, aktivitas tersebut dapat membahayakan nyawanya. Bahkan, Virsaviya dan ibunya juga harus pindah ke Florida pada tahun 2015 silam demi membuat jantung Virsaviya tetap hangat agar anak perempuan cantik tersebut tidak semakin menderita karena jantung yang kedinginan.

faithit.com

Ibu Virsaviya melakukan segala upaya untuk mempertahankan nyawa putrinya meskipun dokter selalu mengatakan bahwa hidup Virsaviya tidak akan bertahan lama hingga mereka berupaya mencari pertolongan dokter di Amerika Serikat meskipun mereka berasal dari Rusia. Ibu Virsaviya juga berusaha menggalang dana untuk pengobatan anaknya melalui situs youcaring.com dan berhasil mendapatkan dana untuk biaya pengobatan Virsaviya. Perjuangan Virsaviya dan ibunya pun didokumentasikan oleh sang ibu melalui berbagai akun media sosial, termasuk Instagram dan YouTube.

Sedih, ya. Kita yang terlahir normal dan dapat beraktivitas dengan normal semestinya wajib bersyukur dan memanfaatkan kondisi tubuh kita yang sempurna ini dengan sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh kita sendiri dan tidak merusaknya dengan pola hidup yang tidak sehat karena tubuh yang kita miliki ini adalah karunia yang patut dijaga.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pria Ini Nggak Bisa "Tegang" Setelah Dicakar Kucing. Duh, Kok Sedih?

Pria Ini Nggak Bisa "Tegang" Setelah Dicakar Kucing. Duh, Kok Sedih?

Ada Tokek Hidup di Dalam Telinga Manusia, Kok Bisa Ya?

Ada Tokek Hidup di Dalam Telinga Manusia, Kok Bisa Ya?

Ada Jerapah Putih Polos Tertangkap Kamera. Bukan Karena Albino, Hal Inilah Penyebabnya!

Ada Jerapah Putih Polos Tertangkap Kamera. Bukan Karena Albino, Hal Inilah Penyebabnya!

Bukannya Jadi Spiderwoman, Perempuan Ini Malah Hampir Mati Akibat Gigitan Laba-laba!

Bukannya Jadi Spiderwoman, Perempuan Ini Malah Hampir Mati Akibat Gigitan Laba-laba!

Selena Gomez Transplantasi Ginjal Karena Sakit Lupus, Penyakit Apa Sih Itu?

Selena Gomez Transplantasi Ginjal Karena Sakit Lupus, Penyakit Apa Sih Itu?

Dari Minum Kencing Sampai Pakai Diapers, Inilah Sisi Nggak Kerennya Jadi Astronot!

Dari Minum Kencing Sampai Pakai Diapers, Inilah Sisi Nggak Kerennya Jadi Astronot!

loading