Sebabkan Kista 5 Kg di Rahim Perempuan Malaysia, Inilah Bahaya Obat Pemutih dan Pelangsing!

www.tribunnews.com

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah kabar dari Malaysia bahwa seorang wanita memiliki kista seberat 5 kg di rahimnya. Awalnya wanita bernama Amalina Hasin ini merasa sakit saat naik motor dan melewati jalanan berlubang. Setelah diperiksakan, ada kista sebesar 28 cm yang telah bersarang di perutnya selama 2-3 tahun terakhir. Dokter segera mengoperasi kista tersebut dan mengangkat ovarium kanannya. Meski belum diketahui jelas apa penyebabnya, ditengarai obat pemutih dan pelangsing yang ia konsumsi selama dua tahun terakhir sebagai salah satu penyebabnya.

Saat ini sangat banyak beredar obat pemutih dan pelangsing di pasaran. Ada yang mencantumkan jelas kandungan dan efek samping yang ditimbulkan. Lebih banyak lagi yang beredar dengan iming-iming ‘tidak ada efek samping dan aman digunakan’. Padahal setiap obat pasti memiliki khasiat sekaligus efek samping. Berikut kandungan obat pemutih dan pelangsing serta bahayanya untuk tubuh. Yuk simak, biar nggak bernasib sama dengan Amalina!

1. Ada sibutramin, zat kimia penunda rasa lapar

www.youtube.com

Kandungan ini ditemukan pada obat pelangsing Fruta Planta dan Acai Berry. Keduanya merupakan obat pelangsing yang sangat laku di pasaran karena dipasarkan dengan mengandalkan kata ‘herbal’ sehingga orang-orang merasa aman saja mengonsumsinya. Padahal tidak semua obat herbal pasti aman dan tidak semua obat non-herbal berbahaya dikonsumsi. Obat herbal pun jika dikonsumsi secara berlebihan dan keluar dari aturan pakainya, dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi tubuh.

2. Seperti biasa, efek yang dijanjikan oleh obat pelangsing adalah turun beberapa kg (hingga 25 kg) per bulan

www.sehatpintar.com

Perempuan dan laki-laki mana yang tidak tergoda dengan perubahan drastis dalam waktu cepat tanpa banyak usaha dan tanpa efek samping pula? Jika pada umumnya seseorang diberi saran untuk makan sehat dan berolahraga untuk mendapatkan tubuh prima dengan bonus langsing, ini tanpa olahraga lho. Nah ternyata ada efek samping mengerikan yang mengintai tubuhmu.

3. Sibutramin bekerja dengan cara mengacaukan sinyal penanda rasa lapar ke otak

lifestyle.kompas.com

Ketika tubuh sedang membutuhkan banyak asupan, sibutramin menghambat tubuh mengirimkan stimulasi rasa lapar ke otak sehingga ia merasa kenyang terus. Memang metode ini cukup ampuh, tetapi juga membahayakan. Selain itu, sibutramin juga menyebabkan rasa berdebar-debar, sakit di bagian dada, sulit bernapas, mual dan sakit perut, dehidrasi, mudah lelah, keringat dingin, demam, ruam kulit, dan sering menggeretakkan gigi.

4. Selain itu ada juga kandungan Dinitrophenol (DNP) yang menyebabkan seseorang ‘terbakar dari dalam’
www.caspergossip.com

Tahun 2015 lalu, seorang mahasiswi berusia 21 tahun asal Inggris bernama Eloise Parry meninggal dunia setelah mengonsumsi pil pelangsing. Dokter yang memeriksanya melakukan uji toksisitas dan menemukan kandungan DNP yang mengakibatkan metabolisme tubuh meningkat dan tubuhnya terasa panas. Padahal belum ada penangkal atau penawar DNP. Parry pun tak tertolong setelah tubuhnya berhenti bernapas dan jantungnya berhenti berfungsi.

5. DNP memiliki struktur mirip TNT, menyebabkan metabolisme tubuh meningkat hingga ke tingkat peledak
www.iyihisset.com

Orang yang mengonsumsinya seperti benar-benar terbakar dari dalam. Apalagi dosis yang diberikan penjual bisa saja tak memenuhi standar kesehatan dalam dunia medis. DNP sebelumnya digunakan sebagai herbisida dan fungisida. Pada jumlah konsumsi tertentu, efeknya bisa meliputi mual, muntah, gelisah, kulit memerah, berkeringat, pusing, sakit kepala, respirasi cepat dan detak jantung tiddak teratur hingga kematian.

6. Beberapa kandungan lain dalam obat pelangsing di antaranya:

intipslagi.blogspot.com

Orlistat yang mengurangi kadar lemak terserap oleh tubuh namun memiliki efek samping kram perut, buang gas, sering buang air besar serta membuat tubuh sulit menyerap vitamin A, D, E, dan K dalam beberapa waktu.

Phentermine bekerja dengan cara mengurangi nafsu makan namun memiliki efek samping diare, konstipasi, muntah, insomnia, tremor, sulit bernapas, nyeri dada, jantung berdebar, tekanan darah tinggi hingga mengantuk.

Qysmia, kombinasi phentermine dan topiramate bekerja dengan cara mengurangi nafsu makan tapi menimbulkan efek samping kesemutan, pusing, insomnia, konstipasi, mulut kering, cacar lahir pada ibu hamil yang mengonsumsi dan detak jantung lebih cepat.

7. Obat pemutih juga tak kalah berbahaya

parasayu.net

Pemutih kulit dari dokter biasanya adalah obat untuk penyakit kulit dan hanya berfungsi meratakan warna kulit. Kandungannya adalah exfoliant, bekerja dengan mengurangi pigmen melanin agar kulit lebih bercahaya dan cerahnya merata. Exfoliant ini cukup aman karena banyak juga terkandung dalam produk kecantikan.

Yang tidak aman adalah hydroquinone karena dapat menimbulkan reaksi alergi dan meningkatkan risiko kanker. Jika hydroquinone digunakan dalam dosis lebih dari 2% dalam jangka waktu lebih dari tiga bulan, hasilnya justru muncul infeksi, kulit bertambah gelap dalam waktu yang lama dan yang paling mengerikan, kulit menjadi kebal terhadap pengobatan apapun.

Makanya kalau kamu ingin langsing, ya pakai cara konvensional saja yang sudah jelas aman dan bisa bertahan lama, nggak perlu obat pelangsing segala. Makan sehat, tidur cukup, kurangi cemilan dan banyak olahraga. Kalau kamu ingin putih, coba pikirkan lagi, biar apa? Cantik nggak harus putih kok. Rawat saja kulitmu dengan baik dan bangga dengan dirimu apa adanya. Niscaya, kamu akan terlihat berkali lipat lebih cantik. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ini Minuman Soda Pertama Asli Indonesia - Keepodotme

Ini Minuman Soda Pertama Asli Indonesia - Keepodotme

Bikin Terpingkal-Pingkal, 9 Penemuan Masa Lalu Ini Kocaknya Keterlaluan. Gagal Paham Deh!

Bikin Terpingkal-Pingkal, 9 Penemuan Masa Lalu Ini Kocaknya Keterlaluan. Gagal Paham Deh!

Tadinya Kayak Jagoan Ngajak Guru Berantem, Akhirnya Para Siswa Pelaku Pengeroyokan Sungkem Juga Minta Maaf - Keepodotme

Tadinya Kayak Jagoan Ngajak Guru Berantem, Akhirnya Para Siswa Pelaku Pengeroyokan Sungkem Juga Minta Maaf - Keepodotme

Nggak Hanya Perempuan yang Perlu Kontrasepsi, Kini Ada Pil KB untuk Pria, Lho!

Nggak Hanya Perempuan yang Perlu Kontrasepsi, Kini Ada Pil KB untuk Pria, Lho!

6 Brand Lokal Ini Punya Shade Lipstik Warna Merah Merekah - Keepodotme

6 Brand Lokal Ini Punya Shade Lipstik Warna Merah Merekah - Keepodotme

Mengerikan! Sebuah Kuku Tumbuh di Tengah Kuku Jari Tengah Pria Ini! Dari Mana Asalnya?

Mengerikan! Sebuah Kuku Tumbuh di Tengah Kuku Jari Tengah Pria Ini! Dari Mana Asalnya?

loading