Salju Setebal 40 cm Menutupi Gurun Sahara, Pertanda Apakah Ini?

15 Januari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Gurun, sebuah tempat yang gersang dan dipenuhi pasir identik dengan badai pasir dan panas ekstrem. Namun bagaimana jadinya jika salju turun di gurun? Baru-baru ini warga dunia dihebohkan dengan turunnya salju di Gurun Sahara di wilayah Algeria, Afrika. Sebagian orang pun langsung mengaitkannya dengan tanda-tanda kiamat. Benarkah salju di gurun adalah pertanda kiamat, atau sebenarnya pertanda sesuatu yang lain?

Salju turun di Kota Ain Sefra yang dijuluki Gerbang Ke Gurun Sahara pada Minggu (7/1) lalu. Tak tanggung-tanggung, salju menutupi gurun hingga ketebalan lebih dari 40 cm. Salju itu menciptakan pemandangan yang menakjubkan meskipun akhirnya meleleh pada sore harinya di tempat yang pada hari biasa bersuhu sekitar 37 derajat. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya salju turun di Gurun Sahara dan diketahui manusia.

Sebelumnya hujan salju juga terjadi pada tahun 1979 dan 2016 di Gurun Sahara. Umumnya, cuaca di Ain Sefra dan Gurun Sahara memang suhunya sangat rendah saat musim dingin. Namun tidak disertai dengan salju. Kali ini salju turun karena tekanan udara tinggi di Eropa menarik udara dingin ke Afrika Utara. 

Menurut Stefan Kropelin peneliti dari University of Cologne, tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti sudah berapa kali salju turun di Gurun Sahara. Luas Gurunnya saja hampir seperti Amerika Serikat dan sangat sedikit stasiun cuaca yang ada di sana. Jadi mustahil untuk mengatakan apakah ini pertama, kedua atau ketiga kalinya salju turun di Sahara. 

Lalu apakah turun salju dapat dipastikan sebagai tanda-tanda kiamat? Mungkin menurut beberapa kepercayaan iya. Tapi jangan keburu kebelet nuduh kiamat dulu ya. Soalnya ini kan sudah pernah terjadi juga pada tahun 1979. Yang bisa dipastikan hanya ini adalah tanda-tanda Bumi sedang mengalami perubahan iklim yang salah satu ciri-cirinya cuaca ekstrem di berbagai belahan dunia. Bukan hanya di Gurun Sahara turun salju, Amerika Serikat dan Cina pun mengalami cuaca dingin terekstrem hingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES