Saat Sedang Buang Air Besar, Ide Kreatif Justru Sering Muncul. Hayo Kenapa Ya?

08 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata

Kita sering kali kesusahan untuk mendapatkan ide menarik dan kreatif, entah untuk tugas sekolah, kuliah, ataupun pekerjaan. Berjam-jam sudah berpikir, namun ide juga tak kunjung datang, yang ada kepala malah menjadi pusing. Padahal kita sudah membaca banyak referensi, dari berbagai buku, berdiskusi dengan teman, hingga mencari di internet. Namun, saat kita sedang buang air besar, ide cemerlang seringkali muncul. Kok bisa? Kenapa ya?

Hal ini disebabkan saat buang air besar dan kotoran keluar dari tubuh, kita akan merasakan relaksasi. Pada keadaan tersebut, otak akan menerima gelombang alpha. Gelombang alpha menjadikan otak rileks yang membawa kita ke alam bawah sadar. Kita akan mampu berkhayal dan tenggelam dalam pikiran. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang menjadikan tenang, nyaman, dan bahagia.

Saat kita dalam keadaan tenang, nyaman, dan bahagia, otak akan dengan mudah memunculkan kembali memori yang pernah masuk. Dengan begitu, kita jadi mendapatkan ide-ide kreatif. Namun, ide yang muncul tergantung dengan memori yang pernah kita simpan. Semakin banyak yang tersimpan maka ide yang muncul juga akan semakin banyak begitu pula sebaliknya.

Selain memunculkan ide-ide kreatif, gelombang alpha yang ditimbulkan saat kita buang air besar juga membuat imunitas tubuh meningkat, pembuluh darah terbuka lebih lebar, jantung berdetak dengan stabil, dan kapasitas indera menjadi meningkat.

Selain karena gelombang alpha, kondisi kamar mandi yang tenang juga membuat kita lebih tenang dalam berpikir. Di kamar mandi juga tidak ada yang akan menarik perhatian kita sehingga kita akan lebih fokus dengan pikiran sendiri. Selain itu, kesendirian di kamar mandi juga membuat kita lebih bebas untuk berekspresi dan berpikir.

Tuh, jadi kalau sedang buntu dalam meraih ide, kalian bisa pergi ke kamar mandi. Sambil buang air besar, kita bisa berpikir dan menarik kembali memori yang pernah kita simpan. Yang perlu dicatat nih, kita harus banyak menyimpan berbagai hal menarik agar saat dibutuhkan bisa dimunculkan kembali. Seperti yang telah disebut di atas, kita bisa membaca banyak buku, berdiskusi dengan teman, menonton film, atau sekadar membaca artikel di internet.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES