Saat Orang Normal Bergigi 28, dalam Mulut Ashik Gavai Ada 232 Gigi!

05 November 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Gigi manusia normalnya ada 28. Ketika dewasa akan muncul lagi 4 gigi geraham sebagai tambahan sehingga gigi menjadi berjumlah 32 buah. Tapi tahu nggak kalau ada manusia dengan gigi berjumlah ratusan? Wow, sangat mengejutkan bukan. Ia adalah Ashik Gavai, seorang remaja asal India. Di dalam mulutnya tumbuh gigi sebanyak 232 buah. Kok bisa? Langsung saja kita simak kisahnya.

Awalnya, Ashik Gavai mengalami pembengkakan di rahang kanan. Ia juga mengalami rasa sakit yang luar biasa. Untuk itu, diputuskannya ke dokter di desanya. Akan tetapi, sang dokter belum bisa menemukan penyebab rasa sakitnya sehingga Ashik dirujuk untuk pergi ke dokter di kota. Akhirnya, ia pergi ke dokter yang ada di kota. Mengejutkan, setelah diperiksa, dokter menemukan banyak gigi tumbuh di mulutnya dengan berantakan. Kondisi ini dinamakan Complex Composite Odontoma.

Odontoma merupakan pertumbuhan gigi yang tak terkendali dan tidak teratur. Gigi-gigi yang tumbuh terdiri dari enamel dan dentin yang merupakan jaringan pembentuk gigi. Kondisi yang dialami Ashik Gavai sangat jarang terjadi bahkan bisa dikatakan menjadi rekor. Pada masa lalu pernah ada yang mengalami odontoma tapi hanya mencapai 37 gigi.

Dokter pun memutuskan untuk melakukan operasi terhadap Ashik Gavai. Dokter membedah gusi dan mulailah muncul gigi-gigi kecil sebesar mutiara. Operasi ini dilakukan oleh dua orang dokter dengan dibantu dua orang asisten. Dokter Dhiware, dokter yang mengoperasi, mengatakan bahwa terdapat 232 gigi yang memenuhi rongga mulut bahkan hingga langit-langit.

Operasi tersebut berjalan sekitar tujuh jam. Awalnya, dokter merasa kesulitan untuk mencabut gigi-giginya hingga digunakan pahat dan palu untuk mengambilnya. Di bagian rahang ditemukan juga yang seperti marmer. Dokter mengikirnya sedikit demi sedikit sehingga gigi tersebut bisa terangkat.

Pengangkatan gigi-gigi itu berjalan dengan lancar. Saat ini, Ashik Gavai telah memiliki gigi yang normal dengan jumlah 28 buah. Dokter pun berhasil mempertahankan struktur tulang rahangnya sehingga tidak ada kecacatan. Dokter juga mengatakan bahwa penyakit itu tidak akan kambuh lagi.

Nggak kebayang kan gimana rasanya jadi Ashik Gavai? Sakit bukan main pasti. Semoga tidak menimpa kita semua ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES