Ribuan Pil KB Palsu Ditemukan di Apotek, Kenali Pertanda Obat Palsu. Jangan Tertipu!

19 Maret 2018
|Romlah Sundari
0SHARES

Bagi perempuan yang sudah menikah dan tidak ingin punya anak atau menambah anak, KB menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan. Salah satu metode KB yang cukup diminati oleh perempuan Indonesia adalah pil KB. Karena itu, Pil KB banyak ditemukan beredar di apotek-apotek di Indonesia. Akan tetapi tahukah kamu kalau baru-baru ini polisi di Sumatra Utara menemukan bahwa ribuan pil KB palsu telah beredar di apotek? 

Ya, dilansir dari detik.com, polisi telah meringkus seorang sales yang sedang menjual obat-obatan palsu, ke sebuah apotek di Medan. Obat palsu yang dijual oleh tersangka berinisial JMS ini termasuk pil KB Mycroginon sebanyak 2.100 tablet. Berdasarkan pengakuannya, obat-obatan palsu ini dia edarkan ke berbagai apotek di daerah Deli Serdang.

Obat palsu ini bukan hanya merugikan para pembelinya, namun juga dapat membahayakan. Pasalnya, kandungan dalam obat palsu bisa saja membuat penyakit yang diderita oleh mereka yang mengonsumsinya menjadi tambah parah atau bahkan mematikan. Lalu, bagaimana caranya kita mengenali dan menghindari obat-obatan palsu?

Secara fisik, kita memang akan sulit membedakan mana obat yang asli dan yang palsu. Dibutuhkan uji laboratorium untuk membuktikan keaslian suatu obat. Akan tetapi jangan khawatir, kita bisa kok menghindarinya dengan membeli obat di apotek-apotek resmi yang terpercaya. Selain itu, kita juga harus memperhatikan semua ciri fisik dari obat tersebut. Jika terdapat perbedaan warna, bau, ataupun rasa, maka lebih baik hentikan konsumsi. Kita juga patut waspada jika harga obat yang diberikan berada jauh di bawah harga pasaran. Karena kemungkinan besar obat tersebut palsu.

Nah ladies, jadi jangan sampai keliru dan ‘kebobolan’ ya. Perhatikan pil KB yang kamu konsumsi, jangan sampai terminum pil KB palsu. Tetapkan satu apotek resmi langganan untuk menghindari pil KB palsu. Jangan asal murah lalu langsung beli, kalau harganya nggak masuk akal, lebih baik kita hindari. Hemat sih boleh, tapi jangan sampai membahayakan diri, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES